Sunday, 29 March 2015

Mengenal Lebih Jauh Jenis, Kekurangan, Kelebihan Dan Kegunaan Senar/Kenur

Poetra Fisherman

Advertisement

Setelah membahas beberapa peralatan pancing maka kali ini kita juga perlu membahas secara lebih dalam mengenai senar/kenur, baik itu jenisnya maupun kegunaannya.Banyak anglers yang masih bingung tentang jenis,kekuatan hingga bahan pembuatan dari senar/kenur itu sendiri. Bahkan karena terlalu banyak yang menafsirkan sesuai dengan tafsiran masing-masing sehingga muncul perdebatan tentang siapa yang salah dan siapa yang benar.

Bila kita melihat ditoko pancing baik online maupun toko pancing pada umumnya sangat banyak,sehingga sulit bagi kita untuk menentukan yang mana akan menjadi pilihan.Terkadang memilih senar yang besar dan kuat juga tidak serta-merta akan menyelesaikan masalah.Bisa saja tidak cocok dengan reel dan joran yang kita pakai.Masing-masing merek dan jenis senar tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.Semua tergantung dari kepintaran kita mengetahui jenis,kelebihan hingga kekurangannya.Maka dari itu supaya tidak bingung langsung saja kita bahas.Berikut beberapa jenis,kelebihan dan kekurangan masing-masing senar/kenur.


1.MONOFILAMENT



Sesuai dengan namanya saja tentu kita sudah tahu arti dari monofilament ini.Mono berarti tunggal, sedangkan filament berarti serabut .Dengan kata lain senar monofilament adalah senar yang memiliki serabut tunggal yang hanya terdiri dari satu serat tunggal saja.Dalam sejarahnya senar ini mulai sedikit dikenalkan pada tahun 1938, dimana pada waktu itu sebuah perusahaan yang bernama DuPont mengumumkan sebuah penemuan tentang bahan nylon berupa superpolymer sintetik baru yang dapat dibuat menjadi serat tekstil kuat dan lebih elastis .

Baru kemudian pada tahun berikutnya DuPont mulai memproduksi senar monofilament nylon ini secara komersil. Pada musim pertamanya dikenalkan secara komersil senar ini bisa dikatakan sangatlah berbeda dibandingkan dengan senar mono saat ini.Namun setelah 20 tahun terus dikembangkan tepat ada tahun 1958, perusahaan DuPont memperkenalkan senar baru yaitu Stren, Senar ini memiliki diameter yang lebih tipis namun kualitasnya lebih baik dibanding pendahulunya. Kemudian Senar ini menjadi pilihan baru bagi para nelayan dan para pemancing saat itu karena kualitas jauh lebih baik dari yang pertama di pasarkan sehingga masih bertahan dipasaran hingga saat ini.Adapun bahan dasar dari nylon ini adalah biji nylon (nylon chips). Senar ini dibagi lagi menjadi 3 jenis diantaranya adalah :


1.Senar Nylon Homo-Polymer, ini adalah generasi pertama dari senar nylon yang terbuat dari bahan nylon 6. Hingga saat ini senar ini masih eksis dipasaran karena harganya yang terbilang cukup ekonomis.Sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan.

2. Senar Nylon Co-Polymer, ini adalah senar yang dibuat khusus untuk mengatasi kekurangan yang ada pada senar sebelumnya yaitu homopolymer. Dengan adanya elongasi (perpanjangan senar pada saat ditarik) yang lebih kecil, memiliki kelenturan dan kekuatan lebih tinggi dibandingkan senar nylon homo-polymer. Senar ini terbuat dari dua jenis bahan dasar yaitu nylon 6 dan nylon 66. Sampai saat ini telah dikembangkan menjadi 3 karakter yaitu :

  • Extra Strength,  dibuat dengan bahan khusus yang mempunyai kekuatan 15% diatas rata-rata. Efek dari sentakan joran akan diteruskan oleh senar secara cepat dan akurat, senar ini sangat efisien bila digunakan dalam kondisi mancing yang menuntut kecepatan untuk mendapatkan ikan.Misalnya saat mancing dengan model galatama dan turnamen-turnamen mancing lainnya.
  • Better Abrasion Resistance, pada bagian senar ini ditambahkan dengan zat adiktif/lapisan bahan keramik atau fluoro carbon, sehingga lebih tahan gesekan hingga 2 atau 3 kali lipat atau bahkan lebih daripada senar tanpa lapisan tambahan. Karena tidak mudah terkikis oleh penuntun senar pada joran. Senar ini sangat efisien digunakan dalam kondisi mancing yang membutuhkan ketenangan tinggi dan lama.Misalnya mancing dari tebing karang,mancing di tembat yang berkarang dasarnya hingga mancing surf casting (pasiran).
  • Softer, senar ini telah ditambahkan zat adiktif tertentu sehingga membuat senar tetap lentur walaupun telah lama dipakai. Senar yang lentur permanen tentu akan melontar lebih jauh dan akurat dibandingkan senar biasa.

Adapun kekurangan dan kelebihan 2 jenis senar mono diatas yaitu :

Kelebihannya :
  • Sangat mudah dalam merangkai simpulnya.
  • Warna yang bervariasi.
  • Ketersediaannya yang banyak memudahkan kita menemukannya.
  • Harga lebih ekonomis sehingga dapat digunakan semua kalangan.

Kekurangannya :

  • Senar mono akan mulur jika ditarik, Sehingga terkadang kita tidak sadar bahwa ikan sedang memakan umpan.
  • Sangat rentan terhadap gesekan batu/karang.Namun untuk kasus ini mungkin lebih baik memilih karakter mono yang ''better abrasion resistance''.
  • Sangat mudah keriting dan kusut sehingga terkadang senar akan keluar dengan sendirinya dari spool.
  • Senar mono rentap menyerap air, menurut penelitian laboratorium, senar ini dapat kehilangan kekuatannya sampai 15% dari kekuatan awal.
Namun seiring berkembangnya zaman tentu masing-masing produk akan terus berusaha mengembangkan senar mono ini menjadi lebih baik dari segala sisi.Senar ini sangat direkomendasikan bagi pemula.Karena senar ini memang cocok untuk semua kalangan dan sangat mudah ditemui.

3. Senar Fluoro Carbon, pada dasarnya senar ini dibuat untuk mengatasi kelemahan senar dari bahan nylon. Senar ini terbuat dari bahan polyvinyledene fluoride (PVDF).





Kelebihannya :
  • Memiliki Indeks bias (Reflexion Index) sebesar 1.43 dan hampir mendekati indeks bias air yaitu 1.34, sehingga tidak akan terlihat dalam air dibandingkan dengan senar nylon yang hanya memiliki indek bias sebesar 1.53
  • Tidak mudah menyerap air, sehingga dalam kondisi basah atau kering sifatnya tidak banyak berubah atau lebih solid
  • Memiliki Berat jenis (Bouncy) sebesar 1.78/lt sehingga akan lebih cepat tenggelam dibandingkan senar nylon yang hanya memiliki berat jenis sebesar 1.14kg/lt
  • Lebih tahan terhadap radiasi ultra violet
  • Sensitiv terhadap sambaran ikan
Kekurangannya :
  • Diameter lebih kecil disbanding senar nylon, sehingga dengan ukuran diameter yang sama, senar nylon akan lebih kuat dibanding dengan fluoro carbon.
  • Tidak terlalu lentur dibandingkan dengan Nylon..
  • Kekuatan ikatan lbih kecil yaitu hanya 60%, dibandingkan dengan senar nylon yang berkisar 70% sampai 80%.
  • Harga yang lebih tinggi dibandingkan senar Nylon.
Senar ini di buat untuk meningkatkan presentasi umpan buatan agar terlihat alami bergerak sendiri, karena sifatnya yang tidak terlihat dalam air.Senar ini sering dijadikan leader (penghubung) senar utama ke umpan dan rangkaian pancing.Mka tak jarang jika kita melihat pemancing yang memakai teknis casting,popping,jigging dll sering menggunakan senar ini.

2. MULTIFILAMENT

contoh senar multifilament

Berbeda dengan Senar monofilament, Senar multifilament justru senar yang memiliki serabut banyak. Jika disentuh akan terasa kasar dan permukaannya tidak sehalus senar dari bahan nylon.Senar ini  terbuat dari serat polyethylene yang sangat tipis kemudian disusun menjadi satu senar yang sangat kuat. Bahkan kekuatannya melebihi kekuatan baja dengan fleksibilitas yang lebih baik. Biasanya Senar ini sering dipakai oleh pemancing professional maupun lomba.Dengan kualitas yang demikian tentunya harga senar jenis ini jauh lebih mahal dibanding senar monofilament.Terdapat beberapa jenis senar yang tergolong dalam multifilament yaitu:

1. Senar Braided/PE

contoh senar pe

Senar ini memiliki banyak serabut dan menyerupai kepangan rambut. Terbuat dari bahan turunan plyethylene (PE) yang disebut Dyneema.Senar braided dibuat dengan cara menganyam sekian puluh helai bahan menjadi 1 jalinan, dan jalinan-jalinan dirajut lagi untuk membentuk senar braid seutuhnya.Senar braided telah ada sebelum keluarnya Nylon.Pada saat itu senar braided yang terkenal adalah baided buatan Dacron. Setelah dirilis senar ini menjadi sangat populer pada saat itu.Tapi sayangnya karakteristik braid Dacron saat itu sangat buruk mulai dari  tidak tahan gesek, kekuatan simpulnya lemah hingga diameternya  yang sangat besar.Namun pada awal 90an, Spectra, Kevlar dan Dyneema mulai melakukan ekspansi terhadap pasar senar dunia, dan berhasil menciptakan senar braided seperti yang kita kenal sekarang yang sering juga disebut dengan PE (PolyEthylene).

Senar ini unggul karena elongasinya (perpanjangan senar pada saat ditarik) rendah sekali, kekuatan senar lebih baik dan memorinya yang lebih rendah sehingga senar tidak akan kusut dan keluar dari spool. Sifat senar ini sangat meyerap air, tidak transparan, berat jenisnya kurang dari 1 dan tentu akan menjadikan senar ini tidak bisa tenggelam dan akan terurai sendirinya jika kusut.Senar braid juga dibedakan dari jumlah rajutannya,pelapisan hingga pewarnaannya.Ada yang di rajut dengan 4 rajutan dan setiap rajutan terdiri dari beberapa puluh helai bahan fiber yang amat halus. Ada juga yang sampai 8 bahkan 16 rajutan.Semakin banyak rajutan secara otomatis akan semakin mahal harganya.Maka perlu disesuaikan dengan kondisi saat memancing.Selain itu senar braided ini juga ada yang diberi pelapis agar lebih tahan gesekan dan ada juga yang tidak.Untuk pewarnaan, ada senar braid yang hanya memiliki 1 warna saja dan ada juga yang memiliki 5-6 macam warna.

Saat ini seringkali orang-orang salah menafsirkan tentang kekuatan dan ukuran pada braid atau PE ini.Sehingga tidak jarang menimbulkan perdebatan karena orang-orang berasumsi bahwa ukuran PE akan menandakan kekutannya.Misalnya PE 8= 80 LBS,PE =60 LBS .Sebenarnya ukuran PE menunjukkan ukuran diameter, sedangkan ukuran lbs menunjukkan maksimal kekuatan (Breaking strain), sehingga PE yang memiliki diameter kecil malah memiliki kemampuan besar (contohnya merek Varivas, YGK Ultra).Bahkan PE 5 berdiameter 0,37 mm  memiliki kekuatan maksimal 78lbs. Contohnya merek Berkley PE6 berdiameter 0,40 mm mampu sampai 116lbs/52,5 kg.

Berikut ini adalah ukuran PE dalam diameter supaya tidak ada lagi perdebatan

No. PE         Diameter (mm)
0.6                0.128
0.8                0.148
1.0                0.165
1.2                0.185
1.5                0.205
1.7                0.218
2.0                0.235
2.5                0.260
3.0                0.285
3.5                0.310
4.0                0.330
5.0                0.370
6.0                0.405
7.0                0.435
8.0                0.470
10.0              0.520
12.0              0.570
14.0              0.620
16.0              0.660

Adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut :

Kelebihannya :
  • Tidak mulur sama sekali. Sehingga dapat mendeteksi getaran halus di senar,dan akan meningkatkan presentase hook up.
  • Kekuatan ikatan simpulnya yang kuat.
  • Memori yang lebih kecil sehingga tidak akan keluar dari spool.

Kekurangannya :
  • Mudah menyerap air.
  • Harganya lebih mahal daripada monoline.

Pada umumnya pemancing yang menggunakan senar braid ini biasa untuk memancing di laut. Dikarenakan spot yang begitu luas sehingga membutuhkan senar yang lebih panjang. Dalam hal ini tentu senar braid ini sangatlah berguna karena dengan diameter kecil akan memuat banyak senar. Selain itu melihat ukuran ikan yang bervariasi dengan bobot besar. Dengan menggunakan senar ini tentu tidak akan jadi masalah karena kekutan tarikannya lebih besar dari bobot ikan itu sendiri. Namun perlu diperhatikan jika menggunakan senar ini maka lebih baik menggunakan ring guide (kolongan joran) yang terbuat dari bahan yang berkualitas misalnya ring dari merek FUJI. Jika ring terbuat dari bahan yang tidak berkualitas maka resikonya senar akan mudah rusak dan tergores oleh ring. Selain itu senar braided juga sangat direkomendasikan dalam menerapkan teknik casting.

2. Senar Fusio

contoh senar fusio

Senar ini hampir mirip dengan mono karena memiliki banyak serabut sejajar yang dijadikan satu dengan lapisan pelindung agar tidak terurai, Namun tetap dibuat dari beberapa serat dan diproses lebih lanjut dengan metode yang disebut dengan Fusion, yaitu lapisan-lapisan microfilament dilebur sedemikian rupa. Perbedaannya dengan senar braided hanya pada bentuk alurnya, braided berbentuk seperti kepangan sedangkan fusio kumpulan senar sejajar yang dijadikan satu.Senar ini berdiameter yang kecil dan sensitifitas yang mirip dengan braid karena tingkat mulurnya yang minimal.Senar itu disempurnakan sedemikian untuk meminimalisir kekurangan.

Demikianlah beberapa jenis,kelebihan,kekurangan hingga kegunaan dari senar pada umumnya yang sering digunakan anglers (pemancing) baik itu dalam dan luar negri.Sekian dari kami, mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan berbagi pengalaman dan review tackle melalui email yang telah kami sediakan diatas. mancingarena.com



0 comments:

Post a Comment