Monday, 25 May 2015

Cara Mudah Membuat Rangkaian Pancing T Beserta Alternatifnya

Poetra Castinger

Advertisement

Rangkaian pancing terkadang penggunaannya berbeda-beda antara satu rangkaian dengan rangkaian lainnya. Rangkaian pancing tergantung dari target ikan yang ingin didapatkan. Misalnya pada rangkaian mancing ikan baronang dimana mata kail dibuat glosoran yang terdiri dari banyak mata kail dengan posisi timah paling bawah. Berikut ini merupakan rangkaian pancing glosoran yang sering disebut dengan rangkaian pancing T. Dinamakan demikian karena memang simpul rangkaian ini akan membentuk simpul-simpul yang terlihat bagaikan huruf T kapital. Berikut ini merupakan cara gampang bagaimana membuat rangkaian pancing T ini dengan mudah.


A. Rangkaian Pancing T

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

ü  Senar Leader atau bisa juga menggunakan kawat neklin yang paling lembut sekitar 50-70 cm.
ü  Swivel, semua jenis swivel dapat digunakan tergantung selera, kecuali threeway dan crossline swivel.

Langkah-langkahnya :

Cara Mudah Membuat Rangkaian Pancing T Beserta Alternatifnya

1. Masukkan Ujung senar leader atau kawat neklin yang sudah disiapkan tadi sebanyak 2 kali. Panjangkan satu sisi lebihnya sementara yang satunya lagi ujungnya dibuat pendek kurang lebih sekitar 15 cm.

2. Lalu sisi yang panjang dililitkan pada bagian pendek tadi sebanyak 10 kali. Kemudian ujung yang lebih dimasukkan kedalam bolongan yang terbentuk hasil dari langkah pertama.

3. Kemudian pegang swivel dan tahan bagian dari ujung sisi yang pendek sambil menarik sisi panjang sampai rapi dan kencang ikatannya.

4. Lalu buatlah simpul baru yang renggang dan memiliki bolongan atau ruang ditengahnya sambil dililitkan sisi kiri-kanannya sebanyak kurang lebih 20 kali lilitan.

5. Kemudian renggangkan sedikit bagian tengah lilitan tadi agar terbentuk celah atau bolongan kecil. Kemudian bagian swivel di masukkan ke bagian celah atau bolongan kecil ditengah tadi.

6. Lalu tarik perlahan-lahan kedua sisi ujung kanan-kiri tersebut  sampai rapat, rapi dan kuat. Sehingga akan membentuk huruf T dibalikkan yang terdapat 2 cabang rangkaian.

7. Langkah selanjutnya buatlah simpul baru untuk membuat 2 cabang dibawahnya. Lilitkan bagian ujungnya sebanyak 4-5 kali lilitan rapi dan kuat. Buat simpul baru dari ujung sisi yang panjang saja.

8. Kemudian potong bagian tengah bolongan yang terbentuk dari simpul tadi potong dengan ukuran rata bagian sisi kanan-kiri.

9. Setelah dipotong tadi maka akan terbentuk 2 cabang baru.

10. Kemudian buatlah simpul pada 2 cabang baru tersebut, seperti pada langkah nomor 4 diatas dengan 20 kali lilitan.

11. Seperti pada langkah nomor 5, buatlah renggangan sehingga membentuk celah atau bolongan kecil ditengahnya. Kemudian masukkan swivel sampai simpul-simpul dibawahnya kedalam bolongan tersebut.

12. Tarik perlahan-lahan kedua ujung sisi kiri-kanan tersebut sampai rapi, rapat dan kuat ikatannya. Sehingga sejauh ini akan membentuk 3 cabang rangkaian pancing.

Jika ingin membuat beberapa rangkaian lagi 5 atau lebih cabang rangkaian , maka dapat mempersiapkan senar leader atau kawat neklin yang lebih panjang lagi. Kemudian nantinya akan menghasilkan lebih banyak cabang rangkaian yang merupakan hasil ujung yang lebih panjang. Untuk membuatnya bisa diulangi lagi langkah nomor 4 dan 5.

B. Alternatif Lainnya Pengganti Rangkaian T

Cara Mudah Membuat Rangkaian Pancing T Beserta Alternatifnya

Jika merasa kesulitan untuk membuat rangkaian T diatas maka ada cara alternatif lainnya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan swivel. Namun swivel yang dapat digunakan untuk membuat rangkaian seperti rangkaian T hanya three way swivel dan crossline swivel. Untuk pelengkapnya dapat digunakan senar leader maupun kawat neklin. Knot atau simpul yang digunakan pun cukup simple yaitu Clinch Knot. Jika ingin membuat lebih dari 3 cabang pun cukup gampang sediakan 3 crossline atau three way swvel tergantung dari berapa cabang rangkaian yang diinginkan juga tentunya.

Rangkaian T bukanlah merupakan satu-satunya rangkaian pancing yang ada dan sering digunakan. Semakin banyak jenis ikan yang memiliki karakter yang berbeda tentu juga semakin banyak orang yang membuat rangkaian pancing.

Demikianlah ulasan tentang cara mudah membuat rangkaian pancing T beserta alternatifnya. Semoga bermanfaat, nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

1 comments:

  1. terima kasih atas tips nya dan sangat berguna buat saya

    ReplyDelete