Mengenal Lebih Jauh Tentang Leader Dan Tippet Pada Rangkaian Fly Fishing

Penggunaan Leader dan Tippet pada rangkaian fly fishing selalu dibuat dalam satu alur. 

Jika menggunakan leader maka lebih baik gunakan juga tippet. Tentang leader telah dibahas pada ulasan yang terdahulu, silahkan dibaca pada ulasan ini tentang leader. 

Tippet sendiri adalah senar yang memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan leader. 

Tippet memiliki karakter yang komplit diantaranya, sangat fleksibel dan sangat transparan dalam air. Tippet ini memiliki variasi kekuatan dan karakteristik yang telah dibaut oleh pabrikan-pabrikan tertentu.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Leader Dan Tippet Pada Rangkaian Fly Fishing

Berikut ini merupakan 2 jenis tippet khusus yang dibuat pabrikan.

1. Bite Tippet, jenis yang ini ditujukan untuk ikan yang memiliki daya fight yang sangat kuat dan ikan yang memiliki gigi yang tajam. Panjangnya biasa berkisar antara 4-12 inch. Bahannya ada yang dari nylon, fluoro dan kawat multi strand.

2. Class Tippet, jenis ini biasanya digunakan pada rekor turnamen mancing dunia untuk menghasilkan rekor dunia yang dibuat oleh IGFA (International Game Fishing Association). Ukurannya bisa dari kelas 12-20 Lbs.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Leader Dan Tippet Pada Rangkaian Fly Fishing

Tippet sering ditandai dengan tulisan kode x pada kemasannya. 

Kode X tersebut merupakan ukuran dari bahan tippet. Rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah 11 nomor tippet dikurangi dengan ukuran kode X. Rumus ini dalam fly fishing dikenal dengan Rule of 11. 

Contohnya, 3X jika ingin mengetahui berapa mm 3X itu rumusnya adalah 11- 003=0.008 inch atau 0.20mm. Mengukur breaking strenght rumusnya adalah dengan Rule of 9. 

Contohnya 3X maka 9- Jumlah Kode X, 9-3= 6 dengan kata lain X3 = 6Lbs. Untuk mengukur ukuran tippet sesuai dengan mata kail yang digunakan, maka menggunakan rule of 4. 

Contohnya nomor kail 12, rumusnya adalah 12 : 4 = 3, maka nomor tippet yang digunakan adalah X3. Yang perlu diingat adalah semakin besar ukuran kode X maka semakin kecil pula kapasitas Lbsnya.

Berikut ini merupakan contoh dari tabel kode X pada tippet. Dimulai dari ukuran tippet, kode X, kapasitas Lbs dan ukuran mata kail.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Leader Dan Tippet Pada Rangkaian Fly Fishing

Penggunaan tippet lebih baik bersamaan dengan leader. 

Meski penggunaan leader pada rangkaian teknik mancing lain tidak mewajibkan penggunaan leader. 

Namun berbeda dengan rangkaian fly fishing dimana leader memang diwajibkan penggunaannya. Maka penggunaan tippet pun seakan tidak boleh dilupakan juga. 

Sekian  ulasan mengenai Leader Dan Tippet Pada Rangkaian Fly Fishing, semoga bermanfaat. Nantikan ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Tentang Leader Dan Tippet Pada Rangkaian Fly Fishing"