Monday, 24 October 2016

Seberapa Pentingkah Penggunaan Leader Saat Memancing Dengan Teknik Casting ?

Poetra Fisherman

Advertisement

Mancingarena.com - Pada pembahasan sebelumnya, bahwa leader merupakan salah satu rangkaian yang sering diaplikasikan saat seseorang memancing dengan menggunakan teknik casting. Namun pada kenyataannya sebagian pemancing yang menerapkan teknik casting juga tak mengetahui seberapa pentingkah penggunaan leader pada rangkaian setup casting. Sebenarnya pertanyaan ini bukanlah sesuatu yang perlu didebatkan, namun jika ditanya apakah wajib atau tidak penggunaan leader pada setup casting ? Jawaban antara YA atau TIDAK sebenarnya dapat menimbulkan perdebatan di kalangan pemancing tentunya. Jika anda ingin mengaplikasikan leader itu hak anda begitu juga jika tidak mengaplikasikannya. Namun tentu saja jika anda memilih jawaban tidak untuk mengaplikasikannya tentu menimbulkan petanyaan baru, seberapa efektifkah rangkaian pancing untuk teknik casting tanpa leader ?. Maka kali ini kita akan coba membahas sejauh manakah kegunaan daripada leader itu sendiri. Jika anda memang termasuk dari castinger yang sering mengabaikan penggunaan leader pada rangkaian casting anda, maka perlu disimak beberapa hal penting pada pembahasan ini. 

Seberapa Pentingkah Penggunaan Leader Saat Memancing Dengan Teknik Casting ?


Pertanyaan seperti di atas tersebutlah yang sebenarnya lebih tepat untuk ditanyakan. Maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah sangat efektif. Seperti pada beberapa penjelasan sebelumnya, bahwa leader dibuat sedemikian rupa terutama yang sudah termasuk kandungan Fluorocarbon 100% untuk menyamarkan sambungan senar utama bisa itu braided (PE) atau monoline dengan lure yang kita gunakan.

Berbicara mengenai leader tak hanya membicarakan tentang bagaimana leader dapat menyamarkan sambungan lure dengan senar utama yang kita gunakan, namun juga tentang sentakan dan gelombang kejut yang dihasilkan pada saat seorang pemancing casting melakukan hentakan, terutama pada hentakan kasar dan keras. 

Sebagai sebuah pengalaman, kita pernah mencoba menerapkan teknik casting namun tanpa penggunaan leader pada rangkaian tersebut. Pada saat itu menggunakan piranti tergolong dalam kelas Light dengan menggunakan spinning reel. Sungguh sangat mengejutkan bahwa pe braided x 8 dapat putus seketika saat sebuah insiden eror terjadi dimana pada saat itu bail arm yang tanpa diduga menutup dengan sendirinya karena belum dibuka hingga 100%. Alhasil knot yang menyambungkan antara lure dengan senar menjadi terpisah. Tentu saja hal seperti ini tidak heran terjadi karena hentakan yang tiba-tiba bisa terjadi secara sepontan dengan daya hentak yang sangat kuat sehingga braided yang terkenal kuatpun dapat putus begitu saja.

Tentu di sinilah letak sisi lain dari efektifitas leader selain untuk menyamarkan antara ikatan lure dengan senar agar lure terlihat lebih alami, namun juga sangat efektif saat tiba-tiba timbulnya gelombang kejut hasil sentakan yang kita lakukan. Oleh karena itu Leader sering diidentikkan dengan Shock line atau pada kemasan kita sering melihat tulisan shock leader. Hal tersebut tentu bukan hanya sekedar tulisan, namun memiliki arti yang sangat penting untuk penggunaannya. Gelombang kejut tentu saja bisa terjadi kapanpun saat kita menerapkan teknik casting. Aktifitas casting yang mengharuskan pemancing untuk melempar lure sebanyak dan seefektivitas mungkin akan sangat terbantu dengan adanya leader. 

Penggunaan Leader sering diabaikan oleh pemancing teknik casting saat mengaplikasikannya pada spot yang dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan dan lure cenderung bermain di atas permukaan seperti soft frog (lure yang menyerupai kodok yang terbuat dari karet elastis). Mereka beranggapan bahwa leader tak begitu penting karena jenis ikan yang ditargetkan adalah predator air tawar yang sering bermain tepat di area tumbuhan air berada akan sangat sensitif terhadap berbagai gerakan lure di areanya. Anggapan ini memang tak ada salahnya, karena memang predator air tawar yang sering bermain di area tumbuahan air seperti gabus sangat sensitif terhadap gerakan lure di atasnya. Sehingga tanpa menggunakan leaderpun dirasa cukup. Namun tanpa leader tentu kita tak ingin mengorbankan lure yang kita gunakan bisa saja melayang akibat putus dari hentakan yang keras sewaktu-waktu. Di sinilah letak pentingnya penggunaan leader yang sering diabaikan oleh pemancing.

Beberapa hal di atas tentu membuktikan kepada kita bahwa penggunaan leader pada rangkaian casting merupakan sebuah efektifitas saat menerapkan casting. Memang pada dasarnya tak ada peraturan baku untuk penggunaan leader, namun alangkah lebih baik leader digunakan pada teknik mancing casting. Tentu saja tanpa membeda-bedakan karakter casting baik itu lure yang bermain di atas permukaan air maupun yang bermain di dalam air. Terlepas dari hal tersebut penggunaan leader dapat meningkatkan potensi yang lebih saat kita menerapkan teknik casting. mancingarena.com



0 comments:

Post a Comment