Wednesday, 11 January 2017

Mengenal Ikan Baramundi Si Predator Ganas Muara

Poetra Fisherman

Advertisement

Mancingarena.com - Barramundi atau yang dikenal dengan nama Kakap putih di Indonesia adalah jenis ikan Catadromous dalam keluarga Latidae Order Perciformes. Spesies ikan ini tersebar luas di wilayah Indo-Pasifik Barat, mulai dari Teluk Persia kemudian masuk melalui Asia Tenggara menuju Papua Nugini hingga ke Australia Utara. Nama Barramundi sendiri diambil dari sebutan ikan ini di Australia dari bahasa Aborigin Australia di daerah Rockhampton di Queensland. Awalnya Baramundi sendiri dipanggila dengan nama saratoga dan Gulf saratoga. Di Indonesia sendiri dikenal luas dengan nama Ikan kakap Putih di Singapura dinamakan Sea bass, di Thialand Pla Kapong, di Malaysia Siakap, sedangkan Barramundi sendiri merupakan sebutan ikan ini di Australia. 

Mengenal Ikan Baramundi Si Predator Ganas Muara

Ikan Kakap Putih memiliki bentuk tubuh yang panjang dan berukuran besar. Selain itu ikan ini memiliki ciri-ciri mulut yang agak miring dan memiliki rahang atas di belakang mata. Ikan ini merupakan predator ganas, meskipun tidak memiliki gigi yang tajam, namun memiliki rahang yang sangat kuat dan mulut yang lebar. Oleh karena itu tak heran jika anda pernah fight dengan ikan ini, maka ikan ini tak sungkan untuk melompat-lompat. Kakap Putih ini tubuhnya bisa mencapai 1.8 M panjangnya dengan berat mencapai hingga 60 Kg. Namun sampai dengan saat ini tangkapan yang berhasil rata-rata berukuran 0.6-1.2 M panjangnya. Baramundi secara umum memiliki warna sedikit hijau dan coklat di bagian punggungnya, lalu warna perak sepanjang sisinya,dan warna putih di bagian bawahnya. Sedangkan saat masih muda Baramundi berwarna krem dengan bercak-bercak gelap dan beberapa lainnya ditemukan memiliki warna kekuning-kuningan di bagian belakang dan sirip ekornya. 

Ikan Baramundi atau Kakap Putih ini biasanya menghuni perairan pantai, muara, laguna hingga ke sungai-sungai yang bermuara langsung ke lautan. Ikan ini lebih banyak berada dalam air Payau dengan suhu di kisaran 26-30 °C. Bisa dikatakan Baramundi tergolong Omnivora, karena ikan ini memakan segalanya. Mulai dari Krustasea, Moluska, dan Ikan- ikan kecil, udang-udang hingga Zooplankton. 

Di Indonesia sendiri saat ini ikan Baramundi atau Kakap Putih ini menjadi spesies primadona bagi pemancing. Kekuatan ikan ini menjadi daya tarik sendiri bagi pemancing pada saat melakukan fight. Oleh karena itu saat ini beberapa nelayan lokal mulai membudidayakan ikan ini di tambak-tambak yang berdekatan dengan pantai dan muara. Saat inipun anda yang kesulitan untuk menemukan spot Baramundi bisa langsung menuju ke tambaktambak peliharaan yang dikhususkan untuk memancing harian. Selain perlawanannya saat strike berlangsung, ikan ini juga memiliki tekstur daging yang sangat empuk untuk dikonsumsi dan juga memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh. Di negara tetangga seperti Australia, ikan ini juga menjadi primadona bagi konsumen, tak jarang sajian ikan Baramundi ini dapat ditemukan di restoran-restoran dan toko makanan cepat saja. Bagaimana anda tertarik untuk memancing dan fight dengan Baramundi atau merasakan kelezatan daging ikan ini. mancingarena.com


0 comments:

Post a Comment