Wednesday, 11 January 2017

Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting

Poetra Fisherman

Advertisement

Mancingarena.com - Berbicara tentang batcasting reel, maka tentu tak jauh dari istilah dan bagian braking system. Braking system sendiri pada bagian baitcast reel merupakan bagian penting yang akan sangat mempengaruhi aktivitas casting anda. Jika anda pemula dalam menggunakan BaitCasting reel (BC), maka bagian braking ini adalah hal paling sensitif yang pelu anda perhatikan. Pengguna pemula reel baitcasting sering mencoba mengikuti setingan dari castinger yang telah mahir dan telah terbiasa dengan BC. Sebenarnya sah-sah saja namun anda pemula tentu akan banyak menemui kesulitan pada aktivitas casting anda terutama masalah backlash dimana laju spool lebih cepat daripada keluarnya senar. Backlash ini tentu akan sangat merepotkan anda, karena anda butuh waktu menit hingga berjam-jam untuk membetulkan senar yang kusut. Disinilah letak pentingnya braking system terutama bagi pemula. Sebelum membaca lebih jauh anda juga perlu mengenal bagian dari Reel BC pada link berikut ini. 

Saat ini berbagai brand Reel BC terus mengembangkan braking system ini. Inovasi pada brake ini terus dilakukan hingga saat ini. Hal ini bertujuan agar penikmat BC semakin mudah menggunakan reel tanpa harus repot dengan bcklash. Untuk melihat perkembangan dari berbagai braking ini kita kan melihat berbagai jenis brake yang ada pada reel BC dari sudut pandang ilmiah. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, pada umumnya terdapat dua jenis pengereman (braking) pada Reel BC yaitu, Magnetic dan Centrifugal brake. Kedua sistem ini lebih mendominasi jenis brake pada banyak brand reel BC. Hal ini dikarenakan kedua brake ini lebih mudah untuk diproduksi dan secara budget juga pas terutama bagi pengguna BC yang ingin menggunakan BC dengan harga standar dibandingkan dengan jenis Digital Control. Berikut beberapa jenis brake pada reel Baitcasting.

Centrifugal Braking System
Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting

Secara ilmiah gaya centrifugal adalah gaya gerak melingkar yang  berputar menjauhi pusat lingkaran dimana nilainya adalah positif. Gaya sentrifugal ini adalah kebalikan dari gaya sentrapetal, yaitu mendekati pusat lingkaran. Pada Reel BC centrifugal brake bekerja dengan memanfaatkan gaya gesekan yang terjadi dari sejumlah pin yang diaktifkan. Centrifugal brake berfungsi memperlambat laju perputaran spool atau mengurangi momentum pada saat rod di pecut atau casting lure. Selain itu juga Centrifugal brake bekerja di awal parabolik atau putaran. Secara umum pada reel BC Centrifugal terdapat 4 sampai 6 buah pin braking. Semakin banyak jumlah pin yang diaktifkan (ON), semakin pendek pula jarak casting yang dihasilkan dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu jika belum terbiasa, cobalah dahulu untuk menerapkan dari brake yang paling banyak pin aktifnya lalu bertahap hingga dirasa dapat mengOFFkan semua pin. Berikut ini adalah gambaran pengaturan pin pada BC Centrifugal :
  • 6 OFF
  • 3 ON-3 OFF
  • 2 ON-4 OFF
  • 6 ON

Untuk setingannya sendiri, Centrifugal brake pada BC mengaharuskan anda untuk terlebih dahulu membuka bagian sideplate dari reel dan kemudian menyetelnya sesuai dengan berat lure yang anda gunakan. 

Pada brand terkenal seperti Shimano, saat ini brand tersebut menggunakan tipe SVS sebagai tambahan inovasi dari Centrifugal brake. Jadi anda dapat melakukan setingan pada brake power di luar dari sideplate yang dimulai dengan angka 0-6. Brake power angka paling tinggi menunjukkan semakin besar pula tingkat braking (pengeremannya). Semakin tinggi braking semakin pendek pula jarak lemparan sebagaimana pada centrifugal dalam sideplate. Kelebihan tipe ini adalah tingkat braking yang baik dengan adanya dua jenis braking sehingga dapat menurunkan resiko backlash. Selain itu juga anda tak perlu repot untuk membuka dan menutup sideplate untuk melakukan setingan pada pin braking karena adanya setingan diluar sideplate. 
Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting
Shimano (SVS)


Pada brand lainnya seperti Seahawk Bass Infinity 2 & 3 menggunakan sistem centrifugal dengan inovasi Nest Free Brake System (NFBS). Seperti yang terlihat pada gambar terdapat 7 pin centrifugal yang terdiri dari 3 pin warna merah di bawah dan 4 pin warna putih di atas. Pin yang berwarna merah di bawah dapat diseting dari luar sideplate dengan angka pengaturannya dari 1-7. Semakin tinggi angkanya, maka semakin besar pula daya pengeremannya. Sementara pin warna putih di atas diseting di dalam sideplate dan harus dibuka terlebih dahulu. Pada pin ini hanya terdapat pin khusus ON dan OFF. 
Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting
Bass Infinity II
Inovasi braking ini memiliki kegunaan tersediri, misalnya pada pin putih diatas digunakan untuk melakukan pengereman pada saat awal casting dan berguna untuk lure dengan size besar. Sedangkan pin merah digunakan untuk melakukan pengereman diakhir casting sebelum lure jatuh ke air sehingga tidak perlu menggunakan ibu jari untuk menghentikan lajunya senar dan menghindari backlash. Oleh karena itu skema braking Nest Free Brake System (NFBS) mirip dengan magnetic system, namun sebenanya bukan magnetik, melainkan Centrifugal. Untuk kegunaannya sendiri reel jenis brake ini lebih cocok digunakan pada lure dengan size besar.


Magnetic braking System

Sistem Magnetik pada Reel BC bekerja dengan memanfaatkan gaya elektromagnetik yang terjadi antara kumparan magnet dan bahan logam pada tuas yang bergerak. Pada magnetik ditandai dengan angka, jika angka semakin besar maka tuas yang disimbolkan dengan angka tersebut akan semakin dekat dengan logam pada spool dan semakin besar juga power brakingnya. Dengan kata lain jika angka setingan makin besar maka gaya tarik magnetnya semakin kuat diikuti dengan daya pengereman yang semakin besar sehingga akan membuat jarak casting pendek. 
Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting

Pada magnetic braking umumnya terdapat setelan angka dari nomor 1-10, semakin tinggi angka, maka semakin besar pula daya pengeremnnya, yang berarti jarang casting semakin pendek. Di sisi lain tak seperti centrifugal braking, magnetic braking cukup simpel dan mudah diaplikasikan, karena letak penyetingannya di luar sideplate. Oleh karena itu anda hanya perlu memutar angka yang diinginkan. Semakin besar angka semakin besar pula gaya pengereman yang dihasilkan. Reel BC jenis ini sangat cocok bagi anda yang baru atau ingin memulai menggunakan Baitcasting reel.

Kombinasi Magnetic braking dan Centrifugal braking

Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting
Kombinasi Brake pada Reel Pflueger Patriarch
Braking jenis ini merupakan perpaduan dari dua jenis braking diatas. Centrifugal pada kombinasi ini diperuntukkan pada setingan awal seperti meminimalisir backlash pada saat lemparan lure. Setingan ini dilakukan pada tahap awal sebelum casting. Sisanya dapat dilakukan pada setingan magnetik seperti pada jarak lemparan lure hingga setingan pada kontrol lure size yang akan digunakan. Pada putaran spool dengan kecepatan tinggi braking didominasi oleh centrifugal, sedangkan pada kecepatan menengah hingga lambat lebih didominasi oleh magnetic. Selain itu anda juga dapat mengOFFkan antara salah satu sistem braking tersebut. Kombinasi ini diharapkan agar backlash dapat diminimalisir sebaik mungkin. 


Digital Control (DC)
Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Braking System Pada Reel Baitcasting
Shimano (DC Series)
Digital COntrol Cast merupakan braking yang sangat praktis dan simpel. Secara umum istilah DC ini dapat disederhanakan dengan sistem pengereman yang dapat mengaplikasikan pengereman dengan sendirinya. Dengan kata lain braking system jenis ini akan mengurangi dan menghentikan kecepatan lajunya senar, saat senar mulai melambat. Sebagai pengguna kita hanya perlu melakukan setingan pada spool tension terhadap berat lure yang digunakan. Digital control ini dapat meminimalisir backlash bahkan dengan lure kecil sekalipun tanpa mengurangi jarak lemparan. Reel BC yang menggunakan sistem pengereman seperti ini dijual khusus dengan harga tinggi seperti pada Shimano Scorpion DC, Shimano Conquest DC/Calcutta TE DC dan Antares DC/Calais DC DLL. 

Secara umum jenis braking pada Baitcasting Reel yang sering kita jumpai saat ini telah dibahas diatas, namun untuk inovasinya sendiri biasanya ada brand terkenal yang menambahkan inovasi sendiri. Misalnya saja Daiwa seri Mag ForceV dan Mag Force Z dengan inovasi setingan magnetic brakenya, Mag Force 3D dengan inovasi 3D (Maxbrake, All Round, Longcast). Contoh Daiwa seri tersebut merupakan Magnetic brake. Kemudian ada tipe Infiniti Brake pada kombinasi magnetic dan centrifugal. Selain itu juga ada Knobby Sistem yang merupakan inovasi dari magnetic system, biasanya brake ini lebih banyak digunakan pada BC tipe Round Knob. Digunakan untuk mendapatkan longcasting dengan kapsitas senar yang cukup panjang, lebih sering digunakan pada spot lautan. Flying brake Arm dengan inovasi dari centrifugal brake biasanya pada reel BC tipe Round Knob seperti Riyobi tipe flying Arm dan IVCB pada Abu Garcia Ambassadeur Mörrum .


Berbagai jenis braking diatas ditambah dengan inovasi dari masing-masing brand terkenal tentu saja memiliki fungsi yang sangat vital. Jika anda pemula, maka bagian braking merupakan bagian yang paling harus anda seting dulu. Kesalahan pengguna BC pemula adalah sering mengOFFkan bagian braking ini, sehingga backlashpun tak dapat dicegah. Untuk mengaplikasikan BC tanpa kerja braking maka anda harus dulu membiasakan langkah demi langkah aga terbiasa. Pengguna Reel BC yang sudah mahir biasanya lebih sering mengendorkan tension dan mengOFFkan braking dengan tujuan agar jarang casting bisa lebih panjang.

Perlu diketahui bahwa dengan mengendorkan tension dan mengoffkan seluruhnya brake anda harus lihai dalam memainkan rem manual dengan ibu jari anda dan pandai memainkan feeling saat lure akan mendarat agar terhindar dari backlash. Keputusan tentu di tangan anda, longcasting namun resiko backlash tinggi, atau casting dengan jarak yang tidak memuaskan namun dapat meminimalisir backlash. Bagi anda yang ingin memberi tambahan informasi silahkan berbagi dengan kami agar bisa berbagi bersama dengan anglers lainnya. Kirimkan tulisan anda ke email kami pada bagian Tentang kami. mancingarena.com

0 comments:

Post a Comment