Saturday, 11 February 2017

10 Tips Aman Memancing Ikan Dengan Teknik Ngoyor

Poetra Castinger

Advertisement

Mancingarena.com - Pernahkah anda mengenal atau mendengar istilah ngoyor atau nyobok?. Jika belum pernah mendengar ataupun mengenalnya, maka saatnya sekarang anda mencoba sensasi mancing dengan teknik nyobok atau ngoyor. Teknik ngoyor atau nyobok merupakan istilah yang digunakan pemancing di Indonesia, dimana seorang pemancing dengan teknik mancing apapun bisa berupa teknik dasaran atau casting dengan cara berendam sebagian anggota tubuh di dalam air. Teknik ngoyor atau nyobok ini bukan saja totalitas dalam memancing, namun juga sering membawa hoki yang tinggi. Biasanya pemancing yang melakukan hal ini ingin mencapai titik lemparan mendekati hingga tepat di tempat ikan berkumpul atau sedang mencari mangsa. Bisa dikatakan pemancing dasaran, casting, hingga mancing dengan menggunakan tegek sering menggunakan teknik ngoyor ini untuk mendapatkan hasil. 
10 Tips Aman Memancing Ikan Dengan Teknik Ngoyor

Teknik ngoyor cukup menyenangkan, namun tentunya kita juga harus memperhatikan bahaya yang sewaktu-waktu bisa mengancam diri kita. Misalkan saja ngoyor di tepi pantai yang penuh dengan karang yang tajam hingga pasang yang tiba-tiba akan mengancam diri tentunya. Oleh karena itu sebaiknya perlu dihindari beberapa hal saat mengaplikasikan teknik ngoyor. Dalam artikel ini kami akan mencoba memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin menerapkan teknik ini. Berikut  beberapa tips menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat ngoyor :

1. Pada saat anda ingin menerapkan teknik ngoyor di spot manapun baik perairan tawar dan perairan asin, sangat dianjurkan untuk mengajak teman memancing minimal 1 orang. Jangan sampai anda mengaplikasikan teknik ngoyor hanya sendirian, karena ancaman sewaktu-waktu bisa saja datang. Anda tentu bisa membayangkan jika tiba-tiba anda menginjak sesuatu di dasar air yang menyebabkan telapak kaki anda berdarah, sedangkan anda sendirian, maka yang terjadi di awal pastinya kepanikan. Oleh karena itu usahakan untuk membawa teman dan jangan sampai hanya sendirian. 

2. Penggunaan alat bantu pengamanan sangatlah penting, misalnya seperti jaket pelampung (life jacket), pelampung berupa ban ikat, dll. Alat pengaman akan sangat membantu pemancing terutama jika kondisi air yang tiba-tiba pasang tanpa disadari. Penggunaan alat pengaman seperti jaket pelampung akan membuat aktivitas ngoyor menjadi lebih aman dan tidak khawatir dengan perubahan air yang mendadak.

3. Pada saat melakukan teknik ngoyor di berbagai jenis spot, maka anda harus terlebih dahulu memastikan, bahwa spot yang akan anda gunakan kedalamannya masih dapat dijangkau artinya tidak sampai tenggelam sehingga menyulitkan pemancing. Selain itu struktur dasar perairan pada spot yang dituju juga harus diketahui, misalkan terdapat palung atau karang yang cukup tajam, dll. Jika anda belum pernah mendatangi spot tujuan anda, maka lebih baik tanyakan terlebih dahulu tentang karakteristik spot yang akan anda tuju tersebut. Biasanya penduduk sekitar memiliki pengalaman dan pemahaman yang baik tentang hal tersebut. 

4. Waspadalah dengan area dimana arah arus dasar dengan arah arus di permukaan memiliki karakter yang sangat berbeda. Biasanya hal ini sering ditemukan pada kedalaman air yang cukup. Kondisi seperti ini cukup membahayakan diri sendiri, karena pada perbedaan arus tersebut akan membuat pemancing terseret dengan tekanan arus yang cukup besar. Jika merasakan hal seperti ini sebelum memulai aktivitas memancing, maka lebih baik tinggalkan titik tersebut untuk kemudian mencari titik lain yang lebih aman.

5. Jika ingin berpindah dari satu titik ke titik baru lainnya, maka usahakan agar jangan menyeret kaki, namun cobalah untuk berjalan dengan mengangkat kaki dengan hati-hati. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kaki menubruk sesuatu yang tidak diinginkan di dasar air seperti, bulu babi, karang tajam yang sudah mati hingga cangkang kerang yang tajam.

6. Sama halnya dengan memancing di bawah kondisi terik matahari terutama pada saat memancing di laut, gunakanlah pelindung seperti kacamata anti UV, baju lengan panjang atau menggunakan handslave UV protection, hingga lotion Sun-Block untuk melindungi kulit dai sinar matahari. 

7. Gunakan alat bantu pengaman pada kaki, seperti sepatu karet anti air. Saat ini sepatu khusus mancing bisa ditemukan di toko-toko pancing, meskipun memiliki haga tinggi, namun sepadan dengan keselamatan kaki di dalam air. Jika memang budget pas, anda bisa membeli sepatu pengaman lainnya dengan harga murah. Penggunaan sepatu akan melindungi kaki dari berbagai macam ancaman di dasar air seperti, bulu babi, karang tajam, sengatan Ubur-Ubur, dll. Bila perlu jika anda memiliki budget lebih, anda bisa menggunakan satu set pakaian khusus untuk aktivitas wading.
10 Tips Aman Memancing Ikan Dengan Teknik Ngoyor
Contoh Sepatu Aman Untuk Ngoyor
8. Selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang mendadak, misalkan seperti hujan, angin kencang, dll. Perubahan cuaca biasanya akan mempengaruhi kondisi air, misalnya saja anda melakukan aktivitas ngoyor di sungai yang beraliran gunung api, maka jika sewaktu-waktu terjadinya lahar dingin, tentu sangat membahayakan jiwa. Oleh karena itu jika perubahan cuaca tiba-tiba, maka segeralah angkat kaki dari spot tersebut. 

9. Jangan melakukan aktivitas mancing ngoyor di saat arus dan ombak sedang tidak stabil. Kondisi arus dan ombak yang tidak dapat diprediksi sangat membahayakan diri. Oleh karena itu jika terjadi demikian, urungkan saja niat anda untuk memancing dengan teknik ngoyor. 

10. Gunakan peralatan mancing seperlunya saja. Pada saat ngoyor biasanya pemancing akan berlama-lama di dalam air. Jika peralatan yang dibawa cukup banyak tentu akan menyusahkan diri sendiri. Oleh karena itu bawa peralatan seperlunya saja.

Demikianlah beberapa tips aman memancing dengan teknik ngoyor. Teknik ngoyor ini memang mengasyikkan terutama sensasi yang didapatkan lebih puas, namun keselamatan jiwa juga lebih penting. Oleh karena itu selalu jaga keselamatan saat memancing dengan teknik ngoyor ini. mancingarena.com 

0 comments:

Post a Comment