Wednesday, 22 February 2017

Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar

Poetra Castinger

Advertisement

Mancingarena.com - Mendaratkan ikan hasil pancingan merupakan bagian dari aktivitas mancing. Meskipun remeh hanya mendaratkan seekor ikan, namun mendaratkan ikan juga membutuhkan teknik tersendiri. Dalam teknik "Catch and Release" mendaratkan ikan sangat diperhatikan tekniknya. Hal ini dikarenakan teknik menangkap dan melepas ini diharuskan agar sang pemancing menjaga ikan dari cacat fisik akibat berbagai alasan dan salah satunya bisa saja berupa kesalahan saat mendaratkan ikan. Jika teknik yang digunakan hanya asal-asalan, maka bisa saja ikan yang akan dilepas kembali tersebut tidak akan bertahan lama di kemudian hari. Pada beberapa kasus, terutama pemancing yang berada di atas perahu,sering mengalami kejadian yang tidak menyenangkan pada saat mendaratkan ikan. Kejadian yang tidak mengenakkan tersebut berupa tertancapnya kail pada tangan saat mendaratkan ikan. Hal ini seringkali disebabkan saat ikan akan didaratkan, ikan berontak dengan sangat keras sehingga sangat sulit untuk didaratkan.
Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar

Pada pembahasan kali ini kita akan coba mencari tahu lebih banyak bagaimana sebenarnya teknik mendaratkan ikan yang baik. Teknik mendaratkan ikan ini sering diterapkan di negara-negara luar. Meskipun begitu, saat ini di Indonesia-pun saat ini banyak pemancing yang telah menerapkannya. Bagi anda yang belum terbiasa dengan teknik-teknik tersebut jangan kahwatir, karena dalam artikel ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai teknik-teknik tersebut. Pada gambar di atas dapat dilihat ilustrasi dari beberapa teknik dalam mendaratkan ikan. Berikut penjelasan detailnya :


1. Teknik Mouth Pick-Up

Teknik mendaratkan ikan seperti ini lebih mengandalkan tangan, terutama dengan bantuan jempol dan jari telunjuk. Caranya adalah dengan memegang bibir ikan dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk lalu mengangkatnya secaa perlahan dan hati-hati ke darat. Teknik mengangkat ikan seperti ini sangatlah aman bagi ikan, karena saat mulut ikan sudah dipegang erat perlawanan ikan akan berkurang. Namun, teknik seperti ini juga memiliki resiko seperti jari terkena gigitan dari gigi ikan atau kemungkinan terkena kail jika kondisi ikan masih sangat kuat untuk melakukan perlawanan. Oleh karena itu jika yang didaratkan adalah ikan-ikan bergigi tajam seperti, Gabus, Toman, Barakuda, dll, maka hindari penggunaan teknik ini. Selain itu jika dirasa ikan masih cukup kuat untuk melakukan perlawanan, maka lebih baik gunakan teknik lain saja untuk mengangkat ikan.  Jika anda tetap ingin menggunakan teknik ini pastikan terlebih dahulu ikan telah lemas karena perlawanan dan ikan tersebut tidak memiliki gigi yang tajam.

2. Teknik Gaff Landing

Teknik mendaratkan ikan seperti ini adalah dengan menggunakan bantuan alat bisa berupa tombak dan ganco. Biasanya teknik seperti ini sering digunakan saat pemancing berada pada ketinggian tertentu. Misalnya saja seorang pemancing berada di atas kapal atau landbase dengan ketinggian tertentu. Saat ikan mendekat maka segera gunakan alat bantu baik tombak maupun ganco untuk mendaratkan Ikan. Menggunakan teknik ini akan membuat ikan lebih rentan dengan cacat, karena ujung tombak dan ganco mengenai bagian tubuh ikan sehingga membuat ikan teluka. Gunakan teknik ini jika anda berniat untuk membawa pulang ikan untuk dikonsumsi. Jika dipaksa untuk direlease kembali, maka kemungkinan bertahan hidup tidak akan lama. 

3. Teknik Netting

Teknik Netting merupakan teknik yang paling aman baik untuk pemancing maupun untuk ikan. Memang sekilas terlihat mudah untuk menggunakan teknik ini, karena kita hanya cukup menyerok ikan yang sudah mendekat. Namun faktanya, pada saat ikan mendekat untuk diserok sering kali ikan takut dan mencoba kabur dengan kekuatan yang tersisa. Beberapa kasus saat ikan berusaha kabur, karena hal seperti ini, ikan lepas dai kail dan berhasil kabur sebelum didaratkan. Maka cara terbaik untuk menggunakan teknik ini adalah dengan memastikan terlebih dahulu ikan telah berada dalam kondisi lemas setelah melakukan perlawanan. Selanjutya minta bantuan teman yang berada di sekitar kita untuk menyerok ikan dari bawah. Ikan diserok secara perlahan tanpa membuat ikan takut dan pastikan semua badan ikan telah masuk ke dalam jaring, kemudian angkat perlahan. Teknik netting ini sangat direkomendasikan bagi pemancing yang sering menerapkan teknik "Catch And Release".

4. Teknik Eye Pick-Up

Teknik mendaratkan ikan seperti ini lebih mengandalkan tangan kosong seperti teknik pertama. Namun perbedaannya terletak pada bagian yang dipegang. Jika teknik pertama dipegang pada mulut, maka teknik ini mengangkat ikan dengan memegang dan sedikit menekan area mata ikan. Dengan teknik ini ikan akan lebih cepat didaratkan tanpa pelawanan yang alot. Namun efek yang ditimbulkan dai penggunaan teknik ini adalah ikan akan mengalami cacat pada bagian mata. Sehingga tidak dianjurkann bagi yang menerapkan teknik "Catch And Release". 

5. Teknik Dengan Bantuan Lip Grip

Penggunaan lip grip memang dikhususkan sebagai alat bantu untuk mendaratkan ikan. Penggunaan lip grip membuat pemancing lebih aman. Namun pada sebagian ikan yang memiliki kontur mulut yang cukup lunak, penggunaan lip grip akan merusak mulut ikan. Bahkan beberapa lip grip pada saat digunakan untuk mengangkat ikan akan bagian ujungnya akan menembus bagian bawah rahang ikan. Hal ini tentu akan membuat ikan cacat, khususnya pada bagian mulut. Oleh karena itu jika menggunakan lip grip perhatikan ikan yang akan didaratkan. Ikan bergigi tajam sangat cocok menggunakan lipgrip dan ikan dengan kontur mulut lunak dan bergigi sedikit bahkan tidak bergigi sebaiknya gunakan teknik nomor 1-3 saja. 
Teknik Mendaratkan Ikan Yang Baik Dan Benar

Penggunaan Lip grip cukup mudah, yaitu dengan mendekatkan ikan dengan posisi kita berada, lalu pada saat posisi mulut ikan sedang terbuka segera tancapkan ujung lipgrip pada bibir ikan bagian bawah, kemudian daratkan secara perlahan. Pada beberapa lipgrip tersedia fasilitas timbangan, sehingga pemancing dapat mengetahui berat ikan yang didaratkan. Selain itu lip grip juga ada yang terbuat dari bahan metal dan plastik.  

Demikianlah beberapa teknik yang digunakan untuk mendaratkan ikan yang baik dan benar. Beberapa teknik di atas merupakan teknik lazim yang sering diterapkan oleh pemancing. Oleh karena itu anda bisa menerapkan semua atau beberapa saja tergantung dari jenis ikan. Selain itu perhatikan juga apakah ikan tersebut akan anda lepas lagi atau akan dibawa pulang untuk dikonsumsi, maka bisa beberapa teknik di atas bisa diterapkan salah satunya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. mancingarena.com

0 comments:

Post a Comment