Mengenal Istilah-Istilah Dalam Dunia Mancing

Sabtu, 28 Maret 2015

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Dunia Mancing


Advertisement

Mancingarena.com - Dalam dunia mancing memang terdapat hal-hal yang unik . Hal-hal unik ini biasanya digambarkan dalam sebuah kata-kata baik oleh seseorang maupun komunitas penghobi mancing. Terkadang sebuah kata tersebut dapat menjadi simbol persaudaraan sesama pemancing. Memang pemancing baru mungkin agak aneh dengan istilah-istilah yang diciptakan oleh pemancing. Banyak pemancing pemula yang bertanya-tanya apa sih arti boncos dan sebagainya yang masih terdengar asing di telinga. Istilah-istilah unik ini memang hanya ada dalam dunia mancing sendiri. Bahkan beberapa istilah bisa saja diciptakan dan booming sesama pemancing oleh orang-orang lokal di suatu tempat itu sendiri. Hingga akhirnya istilah tersebut menjadi terkenal dan menjadi familia di kalangan pemancing.

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Dunia Mancing

Tim kami mencoba untuk menjelaskan hal tersebut dalam artikel ini agar semua istilah yang dirasa gamblang hingga aneh dapat tercerahkan. Pada dasarnya istilah ini mengacu pada kata-kata yang didapat dari berbagai daerah dan negara. Misalnya saja istilah "Backlash" yang merujuk pada eror yang terjadi saat menerapkan casting dengan reel baitcasting. Kata ini diambil dari bahasa inggris dan berbeda pula seperti boncos yang diciptakan oleh pemancing di Indonesia. Mungkin bisa saja variasi kata-kata dan istilah ini pada setiap daerah di Indonesia berbeda. Namun perbedaan istilah bukanlah hal yang perlu diperdebatkan. Justru dengan istilah-istilah baru tersebut akan meningkatkan rasa persaudaraan sesama pemancing. 

Istilah-istilah yang telah menjadi familiar ini bisa saja sewaktu-waktu akan bertambah dengan sendirinya. Mengingat begitu fleksibelnya istilah dalam dunia mancing. Seiring bertambahnya teknik-teknik tertentu maka timbul juga istilah-istilah baru. Jadi istilah-istilah tersebut tidak hanya mengacu pada kebiasaan pengucapan oleh pemancing, namun bisa juga berasal dari bagian-bagian teknik mancing tertentu. Misalnya saja saat ini Ultra LIght fishing sedang menjadi primadona di kalangan pemancing. Beberapa pemancing yang sudah lama bergelut dengan aktivitas mancing tentu saja sudah tak asing dengan istilah UL, BFC (Finesse Casting), Dll. Di Indonesia sendiri juga terdapat istilah-istilah tersendiri seperti ngotrek dan ngoyor. Memang pada dasarnya tidak diketahui siapa pencipta istila htersebut untuk pertama kali. Namun istilah-istilah tersebut sudah menjadi sangat terkenal dan familiar di kalangan pemancing. Berikut beberapa istilah-istilah familiar menyangkut dunia mancing di Indonesia yang berhasil kami rangkum. Jika ada tambahan istilah silahkan untuk mengirimkannya melalui email yang tertera di website kami atau juga bisa ke Fans Page kami di Facebook.


  1. ANGLER = Pemancing.
  2. BIG GAME FISHING TOURNAMENT = Turnamen ikan-ikan besar, dilakukan di laut dalam & biasanya ikan utama yang menjadi sasaran adalah jenis marlin atau layaran.
  3. BILLFISH  = Jenis ikan berparuh, termasuk marlin hitam, marlin biru, marlin loreng, ikan tondak, dan ikan layaran.
  4. BACKLASH = Kusutnya line pada reel akibat salah casting (melempar) umpan,biasanya terjadi pada reel baitcasting.
  5. BAIT FINESSE (BFC) = Merupakan istilah untuk pengguna reel baitcasting namun dengan kapasitas piranti yang sangat ringan.
  6. Reel BC = Merupakan singkatan dari Reel Baitcasting yang merupakan jenis reel Overhead
  7. BLACK MARLIN = marlin hitam, setuhuk hitam, Makaira indica.
  8. BLUE MARLIN = Makaira nigricans.
  9. BONCOS = Merupakan istilah yang sering dipakai oleh para pemancing dari indonesia setelah selesai mancing namun tidak memperoleh satupun hasil dari memancing.
  10. CATCH & RELEASE = Memancing ikan kemudian hasil pancingan dilepaskan, sebelum dilepaskan kembali biasanya angler mangambil foto sebagai bukti angler telah berhasil memancing ikan tersebut. Istilah ini biasanya digunakan pada jenis-jenis ikan billfish, GT walaupun tidak tertutup kemungkinan digunkan untuk jenis ikan lain. Hal ini dilakukan untuk melindungi jenis-jenis ikan tertentu dari kemusnahan selain itu untuk pelestarian ikan dan melatih pemancing untuk tidak melakukkan over fishing. mungkin cara seperti ini seing dipertontonkan dalam acara mancing di televisi-televisi swasta.
  11. DRAG = Putaran mati pada ril penggulung (spinning reel ).FISHING KNOT=Simpul – simpul yang lazim digunakan untuk mancing.
  12. FISH FINDER/DEPTH SOUNDER = Alat berbentuk monitor untuk mencari lokasi ikan. Depth sounder ini terdiri dari tranducer yg berfungsi sbg sensor & monitor yang berguna untuk menampilkan hasil gambar dasar laut.
  13. FISHING BOAT= Kapal mancing.
  14. FORMASI = Federasi Olah Raga Mancing Seluruh Indonesia, pertama didirikan tahun 1993.
  15. GPS = Global Positioning System, peralatan elektronik untuk mencari/menandai koordinat suatu tempat tertentu. Biasa dipakai pemancing untuk mencari tandes ikan atau lokasi yang banyak ikannya.
  16. GALATAMA = Istilah Galatama diambil dari istilah liga sepakbola Indonesia jaman dulu yang intinya adalah lomba yang memperebutkan juara peringkat. Jadi mancing Galatama adalah mancing dengan target menjadi Juara dalam pertandingan mancing. Biasanya memperebutkan Juara induk terberat 1, Juara induk terberat 2, Juara induk terberat 3, dan Juara Prestasi (Total tangkapan terbanyak).
  17. HOOK = Mata kail.
  18. HOOK UP atau STRIKE = Kail menancap di mulut ikan atau umpan disambar ikan.
  19. HAND LINE = Memancing tanpa menggunakan joran dan reel alias langsung pake tangan. Namun tetap pake line dan mata pancing.
  20. IGFA = International Game Fish Association, organisasi mancing dunia yg berkantor pusat di Florida, Amerika Serikat.
  21. JIGHEAD = Mata kail yang di lengkapi bandul timah di ujung kepalanya. Mata kail ini khusus untuk lure softplastik dan worm.
  22. KONAHEAD = Umpan tiruan menyerupai cumi-cumi, biasanya dipakai untuk memancing dengan cara menonda (trolling) untuk jenis ikan marlin atau layaran.
  23. KENUR = Senar pancing, bisa berupa monofilamen (senar berserat tunggal) atau Braided (berserat banyak).
  24. LEADER = Pada dasarnya adalah Line yang menghubungkan line utama kita dengan umpan. Jadi leader posisinya selalu paling dekat dengan umpan.Bagian line kita yang terletak paling ujung selalu mendapat tugas paling berat, karena kemungkinan bagian ini akan kena gigit, bergesekan dengan badan/sirip ikan, bergesekkan dengan lunas kapal, bergesekkan dengan karang, dll. Oleh karena itu digunakanlah leader/tali pandu. Leader biasanya berkekuatan lebih besar dari line utama karena tugasnya yang lebih berat.
  25. LIVE BAIT = Umpan hidup biasanya udang, kodok ataupun sotong yg masih hidup.
  26. LBS = POUND, satuan pound berasal dari bahasa latin “pendere” yang artinya menimbang , bahasa latinnya adalah “libra” yang berarti timbangan atau keseimbangan. Dipakai oleh bangsa romawi sebagai satuan massa yang sama dengan pound, kadang2 kita menyebutnya libs, sebetulnya kepanjangan dari lbs adalah international avoirdupois pound ini digunakan oleh inggris pada undang undang “Weights and Measures Act” pada tahun 1963. pound (lbs) dan kilogram dijadikan satuan ukuran massa. 1 pound/Lbs = 0,45359 kilogram
  27. LURE = Umpan buatan berbentuk mainan ikan-ikanan biasanya digunakan dalam teknik Casting, Popping, Jigging, Trolling, dan Fly fishing. Jenis Lure: popper, konahead, minnow, chugger, jerk-bait, stick-bait, pencil, metal jig, spoon, spinner, softplastic, worm, flies, buggy, frogy dan lain -lain.
  28. MANCING HARIAN= Mancing satu harian penuh dengan membayar uang sewa kolam.
  29. MANCING KILOAN = Mancing dengan sistem memancing terlebih dahulu lalu menimbang perolehan ikan yg terpancing dan membayar sebesar apa yg diperoleh berdasarkan satuan KILOGRAM kemudian ikan di bawa pulang.
  30. MOCEL = Suatu kondisi dimana pemancing sedang menggulung senar setelah mendapatkan ikan namun ikan tersebut lepas bisa karena kurang menancap kailnya maupun senar putus.
  31. NGOTREK =Pelampung bergoyang seperti mesin jahit ketika umpan dimakan ikan.
  32. NGOYOR = Memancing langsung masuk ke dalam air biasanya dengan kedalaman air sepinggang orang dewasa.
  33. OUTTRIGGER = Tiang penghela yang dipasang di sisi kapal, gunanya untuk merentangkan kenur agar tidak berimpitan.
  34. REEL = Ril, alat penggulung, bisa berbentuk spinning, spincast, baitcasting atau trolling.
  35. RIGGING= Rangkaian kail pada umpan.
  36. ROD = Joran / gagang pancing. Bahannya mulai dari yg tradisional seperti dari bambu sampai yang grafit.
  37. SAILFISH = ikan layaran.
  38. SWIVEL atau KILI-KILI= Penyambung yang bisa berputar ukuran dan bentuknya bentuknya bermacam macam.
  39. SPOT= Titik lokasi dimana target ikan terlihat atau diperkirakan ada.
  40. TAG = Label yg ditancapkan pada ikan berisi informasi nomor tag & alamat lembaga resmi yg mengeluarkannya. Setiap nomor tag nantinya akan disertai informasi mengenai keterangan tentang spesies ikan, perkiraan panjang & berat ikan, tanggal & tempat ikan terpancing, nama & alamat pemancing, serta nama kapal & kaptennya. Informasi ini dikirim ke lembaga yg mengeluarkan tag tersebut. Program tag ini pertama kali dilaksanakan pd tahun 1963. Organisasi yang khusus mengelola informasi labeling ikan berparuh adalah The Billfish Foundation.
  41. TAG & RELEASE  = Label lalu Lepas, ikan yg tertangkap hanya diberi label, lalu dilepaskan kembali. Istilah ini biasanya digunakan pada jenis ikan berparuh (billfish), walaupun tidak tertutup kemungkinan penggunaannya pd jenis ikan lain. Hal ini dilakukan untuk melindungi jenis-jenis ikan tertentu terhadap kemusnahan.
  42. TEGEG = Joran panjang dan ramping tanpa menggunakan reel. Tegeg ada yg 1 piece atau yang berbentuk antena.
  43. UL = UL adalah ultra light fishing dimana piranti mancing yang digunakan berukuran kecil dari joran, reel, senar, hingga lure.
  44. WIREMAN = Orang yang memegang tali pandu, bertugas menarik ikan yang sudah naik ke permukaan dan mendekatkan ke pinggir kapal.
  45. YFT/TUNA SIRIP KUNING = Yellowfin Tuna/ Thunnus albacares.

Demikianlah beberapa istilah-istilah umum yang sering digunakan anglers (pemancing) baik itu dalam dan luar negri. Tentu istilah-istilah lainnya akan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di mancingarena.com 




1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2wy3TDq

    BalasHapus