Mengenal Jenis-Jenis Reel

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas piranti mancing lainnya yaitu Reel. 

Reel merupakan piranti atau peralatan mancing yang memiliki fungsi utama sebagai tempat dan penggulung senar. Dengan adanya reel akan memudahkan keluar masuknya senar pada saat dilempar dan digulung. 

Saat ini telah diciptakan berbagai jenis dan macam-macam reel. Namun pada intinya semua memiliki fungsi utamanya seperti yang sudah diutarakan tadi, yaitu memudahkan keluar masuknya senar pada saat dilempar dan digulung. 

Masing-masing reel memiliki karakteristik, jenis, bagian, hingga kegunaannya yang berbeda-beda. 

Namun, pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas jenis-jenis reel yang sering digunakan pemancing pada umumnya. 

Secara umum ada empat jenis reel yang sering dipakai oleh para anglers. Namun masing-masing jenis reel tersebut tergantung situasi dan kondisi spot yang menjadi target kita tentunya. Ditambah juga prefensi dan kecocokan dari masing-masing pemancing.

Berikut Jenis-Jenis Reel Pancing :


1. Reel Spinning



Mengenal Jenis-Jenis Reel
Reel Spinning

Reel ini merupakan reel yang paling banyak digunakan oleh kalangan pemancing. 

Saat ini banyak sekali merek-merek reel jenis ini yang sudah beredar dipasaran. Harganya bervariasi mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. 

Tentu variasi harga ini menjadi pilihan berbagai kalangan untuk menggunakan reel jenis ini. 

Sebenarnya spinning ini terbagi lagi dalam beberapa tipe, namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas reel spinning secara umum saja. Selain itu reel ini sangat mudah untuk dioperasikan. 

Reel jenis ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi spot yang menjadi target kita. Secara umum dalam menggunakan reel jenis ini kita cukup membuka bail arm (tempat untuk mengarahkan senar saat digulung) lalu umpan dilempar sesuai target yang kita tuju. 

Kemudian ditutup kembali dan begitu seterusnya tergantung teknik yang digunakan. Bagian lainnya dari reel ini terdapat drag knob yaitu putaran untuk mengatur besaran tarikan ikan sesuai dengan keinginan kita.

2. Reel BaitCasting 



Mengenal Jenis-Jenis Reel
Reel Baitcasting

Ini merupakan reel khusus yang dirancang untuk menggunakan teknik casting. 

Dalam teknik casting tentu kita akan terus menerus melempar umpan buatan (lure). Sehingga butuh waktu dan lemparan yang tepat dan akurat menuju spot yang dianggap menjanjikan agar ikan bisa hook up. 

Reel Baitcasting merupakan reel yang termasuk dalam kategori reel overhead (reel yang dudukannya diatas joran ). 

Menggunakan reel ini tidaklah semudah menggunakan reel spinning, butuh latihan, pengalaman dan sudah terbiasa dengan reel ini. Reel ini memerlukan kontrol dan feeling yang bagus terutama saat melakukan pengereman lajunya senar. Perlu latihan dan membiasakan diri untuk mengasah feeling dlaam memainkan reel ini.

Bayangkan saja jika anda sedikit saja salah dalam melempar maka senar akan backlash (kusut). Tentu ini akan membuat aktivitas memancing menjadi terganggu. 

Namun jika tetap ingin mencobanya maka lebih baik terlebih dahulu untuk belajar melempar umpan dengan menggunakan reel ini. 

Tidak menutup kemungkinan jika anda sudah terbiasa dengan reel ini tentu tidak akan menjadi masalah lagi dan mungkin bisa lebih menyenangkan. 

Reel jenis ini  memiliki harga yang bervariasi mulai dari yang paling murah, harga menengah hingga yang paling mahal. 

3. Reel Trolling 



Mengenal Jenis-Jenis Reel
Reel Trolling

Ini juga merupakan reel khusus yang digunakan saat memancing dengan menggunakan teknik Trolling. Teknik menyeret umpan dilaut dengan menggunakan kapal dalam kecepatan tertentu. 

Bentuknya hampir sama dengan reel bait casting dan juga termasuk dalam reel overhead. Namun perbedaannya bedanya terdapat pada spesifikasinya yang diperuntukkan untuk teknik trolling saja. 

Selain itu Reel baitcasting lebih kecil bentuknya ,bobotnya lebih ringan, spoolnya kecil dan kemampuan dragnya juga tidak sebesar reel trolling. 

Hal ini dirancang agar ketika casting, kita lebih mudah untuk mengontrolnya serta tidak mudah capek karena harus melempar terus-menerus secara berulang ulang kali.

Sedangkan reel trolling bobotnya lebih berat, bentuknya lebih besar, spool lebih besar dan kemampuan dragnya lebih tinggi. Hal ini dirancang supaya bisa memuat lebih banyak senar dan lebih efektif dalam fight dengan ikan-ikan yang besar. 

Reel ini cukup dipasangkan pada joran khusus trolling lalu umpan yang telah dilempar kespot diseret menggunakan kapal.

Tentu reel ini tidak akan efektif bila dipakai untuk teknik casting karena kriterianya yang berbeda dengan reel bait casting. Reel ini merupakan reel dengan harga high dapat dibilang harganya mahal. Karena memang didesain dari bahan-bahan yang berkualitas.

4. Reel Fly Fishing 



Mengenal Jenis-Jenis Reel
Reel Fly Fishing

Reel ini digunakan khusus dalam menerapkan teknik fly fishing. Sebenarnya reel ini lebih banyak bertugas hanya untuk menggulung senar flies (senar khusus fly fishing). 

Hal ini dikarenakan memang dasarnya teknik fly hanya bagaimana pemancing dengan handal memainkan umpan flies yang berbentuk serangga. 

Reel ini memiliki drag mati yang artinya tidak ada setingan khusus terkait dengan kisaran kekuatan drag yang kita pakai. Perlu latihan untuk menerapkan teknik ini. Semakin jauh senar flies yang keluar dari spool (gulungan) semakin susah untuk mengendalikannya sehingga kemungkinan mendapatkan ikan target menjadi kecil. 

Untuk harga reel ini memiliki variasi tergantung materialnya bisa dari harga murah hingga mahal. Hanya pemancing-pemancing tertentu yang menggunakan piranti seperti ini.

Demikianlah beberapa jenis reel yang sering digunakan pemancing pada umumnya. Dalam artikel ini kita hanya membahas reel secara umum.

Namun untuk pembahasan dilain waktu, akan kita bahas satu persatu dari jenis-jenis reel tersebut secara detail. Sekian dari kami,semoga artikel ini bermanfaat. 

Nantikan artikel menarik lainnya hanya di mancingarena.com


1 komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Reel "

Comment Author Avatar
thank nice infonya sangat menarik, silahkan kunjungi balik web kami http://bit.ly/2QskoZs