Mengenal Karakteristik-Karakteristik Senar/Kenur Pancing

Minggu, 29 Maret 2015

Mengenal Karakteristik-Karakteristik Senar/Kenur Pancing


Advertisement

Mancingarena.com - Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mendalami tentang senar dan beberapa jenisnya tentu teman-teman para anglers sedikitnya sudah mengerti bagian besarnya. Rasanya kurang sempurna bila kita belum mengetahui lebih dalam lagi tentang senar. Maka dari itu kita akan mengupas kembali sisi lain daipada senar/kenur secara lebih mendalam pada karakter-karakter senar mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Bila kita telah memahami lebih dalam tentang karakter senar tentu juga kita akan dapat memilih senar sesuai dengan kebutuhan untuk memancing. 

Sebelum menuju kebeberap poin penting tentang karakteristik senar maka terlebih dahulu perlu kita ketahui bagaimana sebenarnya standar internasional dari senar. Standar senar itu sendiri telah diverivikasi langsung oleh IGFA ( International Game Fishing Asssociation ). IGFA sendiri merupakan organisasi mancing dunia yang berkantor di Florida Amerika Serikat. IGFA telah mengeluarkan peraturan tentang senar yang bernama IGFA CLASS. IGFA Class ini adalah suatu peraturan standarisasi terhadap senar. Misalnya, jika senar yang bertanda IGFA Class memiliki kapasitas kekuatan sebesar10 Kg, maka otomatis senar akan putus jika mendapatkan beban lebih dari 10 Kg. Jika dibandingkan dengan senar  lain yang tidak memiliki label IGFA Class kemungkinan besar senar akan putus jika mendapatkan beban dibawah 10 Kg. Karena beberapa brand yang tidak mengikuti standarisasi kekuatan senar cenderung jauh dari kode yang telah dituliskan pada kemasan.

Mengenal Karakteristik-Karakteristik Senar/Kenur Pancing

Beberapa gambar diatas adalah adalah contoh senar yang sudah memiliki label IGFA disana juga terdapat kapasitas kekuatan yang tercantum pada kemasannya dan bisa dipastikan tentang validitasnya. Jika ingin memperoleh suatu rekor kelas tertentu, maka senar yang digunakan pemancing akan di tes kekuatannya sesuai klaim rekor, semua senar yang berlabel dan yang tidak berlabel IGFA harus di tes terlebih dahulu untuk validasi senar yang digunakan.

Baiklah setelah mengetahui standar internasional tentang senar langsung dari IGFA.Maka sekarang saatnya kita mengenal beberapa karakteristik senar.Pada dasarnya senar pancing memiliki beberapa karakteristik yaitu :

1. Kekuatan ( Strength )

Kekuatan senar adalah seberapa jauh senar tersebut dapat menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan menggunakan universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm/mnt (diadopsi dari cara pengujian Inggris). Kemudian senar di uji sampai putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

2. Kekuatan Ikat Senar ( Knot Strength )

Kekuatan ikat senar adalah kekuatan ikat pada simpul dimana senar akan putus di simpul. Pada umumnya kekuatan di ukur dengan pons (Lbs) atau Kg (Kilogram). Test kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan membuat simpul pada bagian tengah senar yang akan di uji sampai senar putus pada simpul.

3. Perpanjangan Senar ( Elongation )

Senar akan mengalami perpanjangan atau mulur pada saat menarik beban, sampai titik maksimal dari senar tersebut. Tes juga dilakukan dengan cara menarik senar sampai titik maksimal senar tersebut akan putus.

4. Ketahanan Gesek ( Abrasion Resistance )

Ketahanan gesek senar adalah senar yang tidak mudah terkikis atau abrasi jika terkena batu karang, penunutun senar pada joran dan tempat jalannya senar pada reel. Tes dilakukan dengan menggesek senar sampai putus menggunakan amplas yang berputar sembari dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran yang didapat akan menunjukan senar semakin tahan terhadap gesekan.

5. Kelenturan ( Flexibility )

Kelenturan senar adalah resistensi senar saat ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada saat ditekuk. Makin besar resistensinya menunjukkan senar semakin kaku.

Demikianlah beberapa karakteristik-karakteristik pokok pada senar. Karakteristik ini sudah di uji langsung oleh IGFA yang merupakan organisasi mancing terbesar didunia. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi kepada kami baik itu tips dan pengalaman mancing anda. mancingarena.com

Sumber : IGFA

0 komentar:

Posting Komentar