Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Senin, 30 Maret 2015

Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran


Advertisement

Mancingarena.com - Pada artikel sebelumnya kita telah mengulas sedalam mungkin permasalahan mengenai karakteristik-karakteristik pada joran. Tentu anda sudah dapat menilai bagaimana pilihan joran yang akan anda miliki nantinya. Teliti sebelum membeli itu sangat penting agar apa yang telah dibeli tidak menjadi sia-sia dan hanya akan menghabiskan modal anda. Selalu sesuaikan kebutuhan, misalnya saja jika target anda pada spot laut dengan target Barakuda 50 Kg yang dikenal dengan kekuatannya saat melawan, maka tentu bisa anda bayangkan lamanya perlawanan jika anda menggunakan misalnya joran dengan action light. Selain membutuhkan waktu yang lama untuk mendaratkannya, anda juga memiliki resiko untuk mematahkan joran anda. Kecuali memang anda sedang ingin menggandrungi piranti ultra light. 

Pada artikel berikut ini kami berusaha untuk menjelaskan tipe joran agar anda dapat menyesuaikan kebutuhan sebelum membeli. Beberapa tipe joran ada yang dikhususkan seperti joran spinning, baitcasting, popping, jigging, trolling dll. Tentu saja sangat tidak sesuai dan akan membuat aktivitas mancing anda tidak maksimal jika anda menggunakan reel spinning, namun menggunakan joran baitcasting. Oleh karena itu kami akan menjelaskan peruntukan dan tipe-tipenya dalam artikel ini.

1. Joran Spinning
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran yang dipakai khusus untuk reel spinning. Biasanya joran ini sering digunakan untuk casting.Karena ketepatan ,akurasi hingga jarak lontaran yang baik sehingga cocok digunakan untuk casting.Joran ini sudah banyak dipakai oleh castinger (pemancing dengan menggunakan teknik casting ) di Indonesia.

Karakteristiknya :
  • Panjang : pada umumnya mulai dari 150-210 cm
  • Model : Modelnya bisa berupa antena (telescopic) atau model Sambungan / Piece  mulai dari 1 piece sampai 2 piece
  • Model reel : Spinning reel
  • Ring Guide : Ring guide joran ini dimulai dari pangkal dengan ukuran diameter besar sampai ujungnya kecil .Diameter besar ini bertujuan untuk mengurangi friksi/gesekan senar dengan ring guide pada saat umpan dilempar ke spot yang dituju
Jika menggunakan joran ini maka harus menggunakan reel spinning.Untuk akurasi lemparan bisa dikatakan tidak terlalu akurat namun lontaran bisa melontar sampai jarak jauh tergantung dari panjang joran yang kita gunakan tentunya.Harga joran ini bervariasi tentu juga tergantung dari bahan dan mereknya.Namun joran ini dapat digunakan baik dalam air tawar maupun di laut.

2. Joran Baitcasting
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran Baitcasting merupakan joran dengan Overhead Reel, digunakan dalam teknik casting pada spot-spot yang yang sulit terjangkau dengan keakuratan yang tinggi.Misalnya rawa-rawa yang terdapat dalam hutan dan tempat-tempat sulit lainnya.

Karakteristiknya :
  • Panjang Joran : Panjang joran ini umumnya mulai dari 150 – 200 cm
  • Model : Joran ini memiliki pegangan khusus untuk jari telunjuk yang disebut Trigger Grip atau Pistol Grip (menyerupai trigger pada senapan) pada dudukan reel. Terdapat 2 model  diantaranya : Model 1-2 piece dan model antena (teleschopic)
  • Model reel : Baitcasting Reel
  • Ring Guide : Ring guide reel ini memiliki diameter yang sangat kecil dibandingkan dengan ring guide pada joran spinning

Jika menggunakan joran ini, maka wajib menggunakan reel baitcasting. Joran ini memiliki akurasi lemparan yang sangat tinggi dibandingkan joran lainnya. Maka sangat cocok digunakan pada spot yang sempit dan sulit dijangkau. Lemparannya bisa jauh dan pendek tergantung dari setingan reelnya dan panjang joran. Untuk harga joran ini biasanya medium keatas tentu juga memperhatikan bahan,panjang hingga mereknya.

3. Joran Surf Casting
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini sering digunakan untuk memancing dari pinggiran karang atau pantai.Sering juga dipakai oleh para pemancing surf fishing (Mancing dari atas tebing ).

Karakteristiknya :
  • Panjang : Pada umumnya joran ini memiliki panjang mulai dari 360-500 cm
  • Gagang/Grip : Joran ini dirancang dengan gagang yang panjang dan reel seat yang besar dan kuat untuk memudahkan pemancing melempar umpan sejauh mungkin.
  • Model : Model antena dan model sambungan/piece (biasanya terdiri dari 3 piece)
  • Reel : Spinning reel dengan besar 5000 keatas

Menggunakan joran ini biasanya juga disertai dengan ukuran reel yang besar.Reel yang besar tentu akan menampung senar yang banyak dan kita bisa melempar sejauh mungkin.Lemparan kita akan terbantu karena gagang dari joran ini panjang.Lemparan biasa dengan menggunakan kedua tangan agar menghasilkan lemparan yang kuat dan jauh lontarannya.

4. Joran Popping
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran khusus yang dipakai untuk memancing dengan menggunakan teknik popping.Popping yaitu teknik memancing dengan menggunakan umpan buatan bisa dari bahan kayu atau plastik yang disebut dengan popper.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Panjang pada umumnya mulai dari 210-260 cm
  • Model reel : Spinning reel dengan ukuran 5000 keatas
  • Model : Model sambungan 2-3 piece.Bagian butt joran terbuat dari bahan yang sangat kokoh, Bagian grip nya menggunakan EVA foam dan dilengkapi dengan gimbal butt, bahkan beberapa jenis joran ini sudah menggunakan reel seat dengan kunci pengaman
  • Ring Guide : Hampir sama dengan ring spinning bagian ring pada pangkal lebih besar diameternya. Terbuat dari metal alloy dan Silicon Carbide untuk menghindari gesekan senar braided dengan beban yang besar

Joran ini hanya dipakai untuk teknik popping. Joran ini didesain khusus dengan bahan carbon composite sehingga akan terasa lebih ringan namun sangatlah kuat. Bisa menahan beban ikan bahkan sampai 50 kg. Joran popping biasanya memiliki karakteristik fast action supaya memudahkan umpan bergerak cepat. Untuk diketahui pada joran ini terdapat tulisan ukuran PE yang menunjukkan rating kekuatan Joran. Misalnya PE5, PE6, PE8, PE10. Jika tercantum PE 6 maka artinya joran tersebut memiliki kekuatan senar maksimal untuk joran tersebut adalah PE6. Untuk harga, joran ini termasuk dalam heavy (tinggi) karena material dan spesifikasinya yang khusus. 

5. Joran Jigging
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran yang dipakai khusus untuk memancing dengan menggunakan teknik jigging. Yaitu teknik dengan menggunakan umpan metal jig dan di celupkan kedalam air. Dengan cara ditarik-tarik secara random sehingga menimbulakan reaksi seakan-akan ikan berusaha naik ke permukaan.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Panjang joran ini pada umumnya mulai dari 150 - 210 cm 
  • Model reel : Reel spinning dengan ukuran mulai dari 4000 keatas dan reel overhead seperti trolling reel
  • Model : Butt pada joran ini didesign dengan sangat kuat disertai juga dudukan untuk sabuk pengaman saat memancing. Joran ini memiliki karakteristik fast action.Sambungan pada joran ini langsung terhubung pada pangkal dari batang utama joran.Bisa terdiri dari 1-2 piece.
  • Ring guide : Ring guide sama dengan joran popping dengan diameter besar dipangkal terbuat dari bahan metal alloy atau silicon carbide untuk menahan gesekan senar braided

Joran ini merupakan joran yang dirancang khusus. Terbuat dari bahan yang sama seperti joran popping yaitu carbon composite, sehingga terasa ringan namun kuat. Ini menandakan bahwa jigging memerlukan stamina yang besar karena kita harus menggulung terus metal jig yang berukuran 400-500 gr. Maka dengan ringannya joran akan sedikit membantu kita, agar tetap enjoy dalam jigging. Sama seperti joran popping, pada joran ini juga terdapat tulisan ukuran PE yang menunjukkan rating kekuatan Joran. Misalnya PE5, PE6, PE8, PE10. Jika tercantum PE 6 maka artinya joran tersebut memiliki kekuatan senar maksimal untuk joran tersebut adalah PE6. Joran ini juga memiliki 2 tipe, yaitu overhead dan spinning. Tapi joran model overhead tetap menggunakan line guide berupa ring, bukan roller seperti yang terdapat pada joran trolling. Untuk harga joran ini hampir sama dengan joran popping yaitu heavy price (tinggi) karena material pembuatan dan spesifikasinya yang khusus.

6. Joran Trolling
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran yang diciptakan khusus untuk memancing dengan menggunkan teknik trolling. Yaitu memancing ikan dengan cara menyeret umpan buatan atau umpan hidup dengan menggunakan kapal dalam kecepatan tertentu.

Karakteristiknya :
  • Panjang  : Pada umumnya panjangnya mulai dari 150-210 cm
  • Model reel : Reel tipe overhead sesuai dengan teknik trolling
  • Model : Joran ini memiliki butt tipe Bent (bengkok) dan Straight (lurus)
  • Line Guide : Terbagi menjadi 2 yaitu : Light dan medium trolling sampai dengan 50 Lbs (22,5Kg) dan menggunakan ring guide. Heavy trolling 50 Lbs ke atas dengan menggunakan roller guide.

Joran ini diperuntukkan khusus untuk reel trolling karena memang fungsinya hanya untuk reel tersebut. Selain reel tersebut tidak dapat digunakan untuk reel lainnya karena ring guidenya di pangkal dibuat khusus. Anda yang ingin menerapkan teknik trolling inilah joran yang khusus buat anda. Untuk harganya sendiri, joran ini dapat dikatakan medium-high karena bahan dan bentuknya memang membutuhkan biaya tinggi. 

7. Joran Ice Fishing
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran khusus yang dipakai pada spot danau, kolam dan tempat-tempat yang beku. Kemudian dibuat lubang diatas danau atau kolam yang beku tersebut.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Joran ini relatif pendek karena untuk memudahkan pemancing. Panjangnya mulai dari 50-100 cm.
  • Model Reel : Reel pada joran ini bisa menggunakan spinning reel,overhead reel dan reel kecil yang didesain untuk joran ini.
  • Model : Model sambungan (piece) dan teleskopik.

Joran ini hanya dipakai pada saat memancing di atas kolam dan spot-spot beku lainnya. Dengan membuat lubang terlebih dahulu diatasnya. Meski di Indonesia tidak memiliki musim salju, namun ada beberapa toko online yang menjual joran ini dan diperuntukkan lebih pada mancing kolaman saja.

8. Joran Fly Fishing
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran yang dirancang khusus untuk dapat melempar umpan khusus yang dinamakan dengan Flies berbentuk menyerupai serangga dengan berat yang relatif lebih ringan dan dapat dilempar dalam jarak yang jauh.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Panjang pada umumnya mulai dari 180-450 cm
  • Model reel : Reel pada joran ini merupakan reel khusus yang didesain untuk fly fishing
  • Model : Joran ini memiliki diameter kecil namun memiliki blank yang panjang hal tersebut agar joran tetap lentur. Joran ini terdiri dari 2 bahkan bisa mencapai 7 piece
  • Ring Guide : Memiliki 1 ring guide yang besar disebut Stripping Guide dan beberapa ring guide yang lebih kecil disebut Snake Guide, yang terdapat di sepanjang blank joran untuk mengontrol jalannya fly line (senar khusus untuk fly fishing) yang relatif tebal diameternya

Joran ini mempunyai fungsi yang sedikit berbeda dengan joran mancing biasa. Joran ini lebih berfungsi untuk melempar benang fly fishing tepat pada targetnya. Untuk grip (gagangnya) terdapat variasi model grip. Tapi pada dasarnya ada tiga, cigar grip yang biasanya dipakai di joran untuk target ikan kecil, full-wells grip untuk joran target ikan besar, dan half-wells grip untuk diantaranya. Ini merupakan joran khusus untuk teknik fly fishing. Harganya berkisar medium keatas.

9. Joran antena (Telescophic)
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran sejuta umat. Mengapa demikian? karenA hampir seluruh pemancing menggunakan joran seperti ini. Dinamakan joran antena karena dapat disambung seperti antena.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Pada umumnya panjangnya mulai dari 150-500 cm tergantung spot
  • Model Reel : Reel spinning
  • Model : Ujung atas pada bagian tip (ujung joran) merupakan bahan berisi,sementara bagian pangkal hingga bagian sebelum tipnya tidak berisi (kosong).

Joran ini sangat banyak diminati karena kemudahannya dalam digunakan dan dapat dibawa kemanapun tanpa memerlukan kapasitas tempat yang besar karena dapat dipendekkan. Untuk harganya joran ini termasuk joran yang memiliki banyak varian harga. Namun bisa didapatkan oleh semua kalangan tergantung material pembuatan dan spesifikasi lainnya.

10. Joran Bambu (Walesan)
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Istilah walesan ini berasal dari Jogjakarta. Walesan ini sendiri merupakan joran buatan yang terbuat dari bambu. Pada umumnya masyarakat di Jogja sering menggunakan joran ini saat memancing di kolam dengan sistem galatama dan harian.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Biasanya panjangnya bisa mulai dari 80-120 cm
  • Model : Joran ini didesain secara unik dengan ukiran-ukiran dan ornamen. Terdapat sambungan yang kuat antara joran dengan batang bambu muda pilihan sebagai tempat pegangan. Terdapat ring guide namun joran ini tidak memiliki reel seat.

Joran ini diperkenalkan oleh masyarakat Jogjakarta. Ini merupakan joran dengan ukiran-ukiran yang unik pada pegangannya. Sering dipakai pada saat memancing dikolam. Joran ini tidak menggunakan reel sehingga ketika strike ikan maka tangan akan lebih banyak mengeluarkan tenaga. Harganya juga cukup terjangkau dan bisa untuk semua kalangan.

11. Pole (Tegek)
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran ini merupakan joran yang sering dipakai untuk memancing dengan spot jarak dekat. Joran ini dipakai jika memancing ikan yang butuh waktu cepat dan berulang-ulang. Tidak perlu melempar umpan bila menggunakan joran ini, karena kita cukup hanya mencemplungkan umpannya saja.

Karakteristiknya :
  • Panjang : Panjang pada umumnya mulai dari 300-600 cm
  • Model : Antena namun joran ini tidak memiliki ring guide dan reel seet
  • Pada dasarnya Joran ini dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Slow action : Tentu teman-teman sudah paham bagaiman cara kerja slow action ini. Tipe ini dapat melengkung sampai mendekati pangkal joran. Cocok digunakan untuk memancing ikan-ikan kecil karena hentakannya dapat langsung menancap pada ikan.
  • Fast Action : Meskipun sifatnya yang lengkung namun pada tipe ini tdaklah selengkungnya joran slow action. Tegek tipe ini sangat cepat kembali ke posisi mulanya yaitu posisi lurus.Cocok dipakai bila memancing ikan-ikan dengan ukuran sedang. Tegek saat ini telah dimodifikasi dengan berbagai bahan yang berkualitas seperti carbon composite dan graphite. Untuk harganya, tegek memiliki varian harga namun cukup ekonomis tentu juga dengan melihat panjang,bahan hingga mereknya.

Bahan-Bahan Pembuatan Joran

Graphite

Sebenarnya bahan joran yang terbuat dari bahan seperti ini cenderung gampang patah, namun satu hal yang tak dimiliki oleh joran lain adalah terletak pada berat joran ini. Joran yang terbuat dari bahan graphite sangatlah ringan dan cocok digunakan saat memancing dengan teknik popping, jigging, dan casting. Selain itu bahan seperti ini akan menjadikan joran lebih sensitiv saat akan menghentakkan ikan.

Fiberglass

Berbeda dengan graphite, bahan fiber sangatlah kuat, tidak gampang patah dan pastinya tahan lama. Namun sayangnya perbedaan joran ini terletak pada kapasitas beratnya yang melebihi joran berbahan graphite. Sehingga tidak memiliki daya lentur, dan sensivitas yang sangat kurang. Lebih bagus digunakan untuk memancing dengan teknik yang tak memiliki intensitas tinggi seperti mancing dasaran dan trolling. Harga jorana seperti ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan joran graphite.

Komposit

Bahan yang seperti ini merupakan perpaduan antara graphite dan fiber. Sehingga daya kekuatannya pun melebihi graphite dan fiber. Joran yang terbuat dari bahan komposit akan berdaya lentur besar, ringan, dan powerful. Namun sayangnya joran yang seperti ini biasanya tergolong dalam peralatan heavy-duty sehingga harganya pun sangatlah tinggi dibandingkan dengan 2 bahan diatas. 

Demikianlah beberapa jenis joran, kegunaan hingga bahan-bahan pembuatannya. Dengan adanya penjelasan dalam artikel ini maka diharapkan para pemancing semakin terbuka wawasan tentang bagaimana memilih joran tentunya sesuai spot andalan masing-masing. Sekian dari kami, semoga artikel dai kami ini bermanfaat. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di mancingarena.com


2 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat. Jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2wbyDdn

    BalasHapus