Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Selasa, 28 April 2015

Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Admin

Advertisement

Mancingarena.com - Knot dalam bahasa indonesia berarti simpul. Knot merupakan elemen penting yang harus diperhatikan pada rangkaian pancing.  Secara umum knot dapat diartikan sebagai sebuah simpul yang digunakan guna menyambung dan mengikat baik itu senar utama dengan senar leader, leader dengan swifel hingga leader dengan lure. Tak ada aturan baku memang dalam penggunaan Knot, namun yang harus diperhatikan adalah kualitas rangkaian knot. Bahkan anda sendiri juga dapat membuat inovasi knot baru dan menamakannya sesuai dengan selera anda, namun tentu knot yang akan anda buat haruslah berkualitas baik seperti ikatan kuat, rapi dan tidak mengganggu keluarnya senar dari ring guide pada joran. Bila anda membuat sebuah knot yang tak berkualitas, maka hal yang dikhawatrikan adalah cincin guide pada joran akan mengalami gesekan dan gesekan tersebut akan sangat dikhawatirkan jika gesekan kasar. Gesekan kasar yang terus-menerus akan membuat cincin guide anda tergores hingga pecah. 

Knot pada sebuah rangkaian pancing dibuat sedemikian rapi, sekecil mungkin namun ikatan harus kuat. Beberapa pemancing kadang membuat sebuah knot tak memnuhi cara dan trik yang benar sehingga seringkali knot rusak bahkan gesekan knot dengan senar utama menyebabkan senar utama putus, terutama pada saat kita sedang melawan kekuatan ikan. Dalam artikel ini kita akan mengulas jenis-jenis knot yang digunakan pemancing pada umumnya. Pada jenis-jenis knot tersebut telah dibuatkan link tautan langsung menuju pada tata cara merangkai knot tersebut. 

Terlebih dahulu ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis knot  yang sering digunakan dalam memancing.

1. Knot penghubung kail dan swivel

Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Begitu banyak rangkaian knot yang termasuk dalam kategori ini. Berikut beberapa contoh yang termasuk dalam knot ini.

Knot seperti ini sering digunakan untuk menyambung dan merangkai senar antara senar utama langsung ke bagian eye (bolongan pada kail) dan swivel.

2. Knot penghubung  wire (kawat neklin) dengan kail
Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Knot seperti ini sering digunakan untuk menyambung dan merangkai antara swivel dengan wire, kadang juga langsung disambung dengan bagian eye pada kail. Berikut beberapa contoh knot yang termasuk dalam golongan ini.
  • Flemish Eye.
  • Spider Hitch.
  • Haywire Twist.

3. Knot penghubung senar utama dengan senar leader
Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Knot seperti ini sering kali digunakan oleh castinger karena, knot ini langsung menyambungkan antara senar utama dengan senar leader. Sehingga lebih simple dan pergerakan lure terlihat lebih alami.  Berikut beberapa contoh knot yang termasuk dalam kategori ini.

4. Ikatan Langsung
Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Dikatakan langsung karena knot ini menyambungkan langsung antara senar utama dengan kail dan lure tanpa melalui perantara seperti leader, wire dll. Berikut beberapa contoh yang termasuk dalam kategori ini.
  • Double Overhand Loop.
  • Duncan's Loop.
  • End Loop.
  • Figure Eight Knot.
  • Homer Rhode Loop.
  • Lefty's Loop.
  • Nail Knot with Loop.
  • Perfection Loop.
  • Surgeons End Loop.
  • Twisted Dropper Loop.

5. Ikatan double (ganda)
Mengenal Lebih Banyak Seputar Knot Beserta Jenis-Jenisnya

Knot seperti ini sering digunakan untuk membuat kili-kili. Knot seperti ini sangat kuat namun lipatannya juga banyak. Berikut beberapa contoh yang termasuk dalam kategori ini.
  • Bimini Twist.
  • Plaiting a Double.
  • Spider Hitch.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai knot beserta jenis-jenisnya. Pada beberapa jenis knot telah diberi link tautan yang akan menuju pada halaman tentang gambaran bagaimana cara membuat masing-masing knot tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat. mancingarena.com


Sumber : Fishing Knot

0 komentar:

Posting Komentar