Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Rabu, 29 April 2015

Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel


Advertisement

Mancingarena.com - Beberapa detail reel pada umumnya telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya. Namun tak lengkap rasanya jika kita juga tidak ikut membahas reel yang menjadi kegemaran para castinger, yaitu reel baitcasting. Reel baitcasting merupakan reel yang dirancang dan diciptakan khusus untuk teknik casting. Lalu jika ada yang bertanya, Bisakah reel BC digunakan untuk teknik dasaran ? bisa saja, namun funsgi utamanya tentu tak sesuai Lalu bisakah digunakan untuk teknik lainnya seperti popping, hingga trolling? bisa saja, namun tak sesuai. Reel baitcasting saat ini telah banyak mengalami inovasi, baik dai kegunaan dan fungsinya, bahkan pada beberapa model, reel BC dapat digunakan untuk teknik jigging. 
Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Menggunakan reel BC memiliki kebanggaan tersendiri tentunya. Bukan karena harganya yang lebih mahal atau modelnya yang berbeda, namun lebih karena reel BC butuh pengalaman dan tak semua orang dapat menggunakannya dengan baik. Pengguna pemula saja kadang bisa dibuat frustasi karena harus mengalami yang namanya backlash atau senar kusut akibat putaran spool lebih cepat dibandingkan dengan keluarnya senar. Bagi penggemar reel BC menggunakan reel BC lebih simpel, hal ini disebabkan cara kerjanya yang berbeda dengan spinning. Jika pada spinning sebelum kita melempar lure, maka terlebih dahulu kita harus membuka bail arm. Sebaliknya pada reel BC anda hanya cukup menekan Thumb bar lalu menahan sedikit senar dengan ibu jari anda, kemudian tinggal melempar saja.

Keistimewaan Reel BC lainnya adalah pada lemparan yang dihasilkannya. Reel BC dapat melontarkan lure dengan sangat akurat, terutama jika dilakukan dengan beberapa teknik casting yang khusus seperti pitching dan skipping. Keakuratan lemparan sangat dibutuhkan, misalnya saja pada saat anda melakukan trip pada spot pohon bakau yang memiliki dahan dan daun menutupi permukaan air dari atas, sehingga dengan teknik casting overhead kita tak dapat melakukannya karena sudah pasti lure akan menyangkut, maka teknik skipping dan underhand dapat dilakukan dengan sangat akurat dengan reel BC dalam keadaan yang demikian. 

Ciri-ciri reel baitcasting  pada umumnya  :
  • Handle reel ada yang terletak di sebelah kiri dan juga sebelah kanan.
  • Menggunakan Thumbar untuk membebaskan senar saat melempar lure.
  • Memiliki pengatur senar line guide/lever wind.
  • Berbeda dengan spinning, reel BC hanya cukup dengan menekan thumbar, maka spool dalam keadaan bebas.
  • Dikhususkan untuk memancing dengan teknik casting.
  • Posisi reel terletak di atas joran (overhead reel).
  • Memeiliki variasi pengereman (Breaking System)
Reel BC terbagi menjadi dua tipe yaitu :
  • Low profile dan
  • Round baitcasting 
Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Adapun perbedaan keduanya adalah pada kebutuhan dan spot. Spot perairan tawar lebih cocok digunakan tipe low profile sedangkan round baitcasting lebih cocok digunakan pada perairan asin karena daya tampung senanr yang lebih banyak dibandingkan dengan low profile. Namun pilihan ada di tangan anda, sewaktu-waktu anda bisa saja menggunakan round baitcasting di perairan tawar begitu juga sebaliknya.

1. Bagian-Bagian Penting Pada Reel Baitcasting Beseerta Dengan Fungsinya :
Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel
  1. Handle = Untuk mengembalikan posisi thumb bar dan menggulung senar
  2. Spool Tension Knob = Sebagai pengatur lemparan dan berat lure
  3. Thumb Bar = Untuk mengeluarkan senar dari spool dalam keadaan free spool. Dirancang agar mudah digunakan dengan ibu jari.
  4. Braking System = Pada umumnya terdapat 2 jenis brake yaitu Magnetic dan Centrifugal. Fungsinya untuk menyetel atau menambah ketegangan senar atau setingan umpan setelah penyetelan pada cast control agar tidak terjadi backlash. Pada magnetic brake system , saat posisi on/max, brake tersebut akan menempel pada posisi spool, sehingga ketegangan spool bertambah sedikit, pada saat posisi off/min, brake berada pada posisi normal sesuai penyetelan pada cast control. Sedangkan pada variable brake system (Centrifugal ), saat posisi on/max, brake (merah) akan naik dan sedikit menahan laju spool, pada saat posisi off/min brake dalam keadaan normal sesuai penyetelan pada cast control. Selengkapnya tentang braking system dapat dibaca pada link berikut.
  5. Spool = Sebagai tempat penampung senar.
  6. Line Guide/Lever Wind = Sebagai pengatur keluarnya senar, agar senar keluar dengan rapi. Mekanisme Line Guide akan bergerak ke kiri dan kanan saat reel digulung.
  7. Drag = Sebagai pengatur tegangan senar saat fight dengan ikan.
2. Ukuran-Ukuran Baitcasting Reel Serta Kapasitas Daya Tampung Senar


Ukuran reel

Daya tampung spool dengan senar (Lbs/Yds)

50

5/260, 6/195, 8/130

100

8/165, 10/140, 12/120

200

8/230, 10/210, 14/120

300

12/240, 14/190, 20/120

400

  14/260, 17/200, 20/160

700

17/420, 20/310, 25/240

3. Spool Baitcasting Reel
Mengenal Lebih Detail Tentang Baitcasting Reel

Material spool reel baitcasting seperti :
  • Plastik (graphite) = Harganya murah dan ringan, namun sangat mudah pecah dan tidak awet.
  • Aluminium (machine cut) = Harganya mahal ,sangat kokoh, terasa lebih berat dibandingakan yang berbahan plastik dan lebih awet.
Sebagai tambahan pada dekade 2000an banyak sekali bisa kita jumpai reel baitcasting tipe low profile yang didesain untuk pengguna senar mono. Namun saat ini tipe low profile sudah didominasi oleh pengguna senar Multifilament atau PE. Hal ini ditandai dengan banyaknya reel spool yang dangkal atau disebut dengan shallow spool. Penggunaan senar mono pada tipe low profile dengan tujuan agar pengguna mendapatkan momen long casting. Namun dikarenakan saat ini sudah ada inovasi shallow spool, sehingga pengguna tipe ini bisa menggunakan senar PE. 

Jenis low profile baitcasting ada yang terbuat dari  bahan Magnesium ( Mg ) dan tipe reel ini tidak dianjurkan penggunaanya pada saltwater. Adapun keunggulan dari reel jenis ini adalah bobot nya yang ringan sesuai dengan bahannya. Sehingga pergelangan tangan tidak cepat lelah, contohnya Daiwa Fuego, Steez dan Shimano Core/Metanium MG .

Reel Baitcasting yang baik adalah memiliki fasilitas Casting weight, control dan Casting Brake control yang bisa berupa magnetic, mechanical, dan digital. Ketiga casting brake control ini mempunyai keunggulan dan kekuangan pada masing-masing tipe.

Pengguna reel BC di Indonesia pada umumnya lebih terbiasa dan nyaman dengan menggunakan handle yang terletak sebelah kiri. Oleh karena itu pasaran reel BC di Indonesia lebih banyak yang menggunakan handle sebelah kiri untuk menyesuaikan dengan pengguna. Sedangkan di negara-negara luar biasanya pengguna reel BC lebih bayak yang menggunakan handle sebelah kanan. Baik kiri atau kanan sebenarnya sama saja fungsinya, karena semaunya kembali kepada pengguna. Jika anda merasa nyaman oleh salah satu maka sesuaikan saja dengan kenyamanan anda.

Penggunaan reel baitcasting memang memiliki sensasi tersendiri selain karena simpel, reel jenis ini juga memerlukan latihan lemparan yang baik agar tak menyusahkan diri anda saat backlash terjadi. Menggunakan reel BC tidaklah semudah dengan menggunakan spinning, maka butuh latihan sesring mungkin. Tentu anda tidak ingin terus-menerus mengalami backlash, karena jika itu terjadi bukan tak mungkin kita akan frustasi menggunakannya. mancingarena.com


1 komentar:

  1. mantap ilmunya.....
    yang jadi pertanyaan saya disi tahun berapa tecnik BC MUNCUL KE INDONESIA

    BalasHapus