Ikan Berkepala Buaya

Kamis, 16 April 2015

Ikan Berkepala Buaya

Admin

Advertisement

Mancingarena.com - Mungkin bagi sebagian orang sudah mengenal apa yang dimaksud dengan Ikan berkepala Buaya ini. Ikan ini adalah Aligator Gar bertampang seram, memiliki gigi yang sangat tajam hampir menyerupai buaya dan aligator. Ikan ini memiliki bentuk tubuh silindris memanjang menyerupai torpedo. Sirip punggung dan sirip bagian buntut aligator terletak pada bagian belakang tubuh pada posisi yang hampir berlawanan. Mulutnya bermoncong panjang mirip buaya. Oleh karena itu, ikan ini disebut ikan buaya. Ikan yang bergigi tajam ini dilindungi sisik yang berfungsi sebagai perisai. Sisiknya merupakan ganoid berbentuk intan yang saling bertaut.
Ikan Berkepala Buaya

Ikan aligator umumnya berwarna coklat atau kehijauan pada bagian atas tubuhnya. Bagian bawah tubuhnya yaitu didaerah perut berwarna agak terang. Warna daging aligator kemerahan, sedangkan telur berwarna kehitaman. Menurut informasi daging ikan aligator dapat dimakan sedangkan telurnya yang berbentuk bulat sangat beracun bagi manusia, hewan dan unggas air.
Ikan Berkepala Buaya

Ikan aligator jantan memiliki testis sedangkan ikan betina memiliki ovarium. Ikan ini memiliki jantung, hati, ginjal dan saluran pencernaan. Pada Aligator betina, hati merupakan bagian yang sangat penting untuk pembentukan bakal kuning telur. Ikan aligator agak sukar dibedakan antara jantan dan betina. Perbedaannya akan terlihat bila sudah mencapai kematangan gonad. Ikan yang tersebur dapat dibedakan berdasarkan pengamatan pada morfologi tubuh. Induk betina perutnya menonjol, lebih lunak, dan besar. Sementara induk jantan biasanya lebih ramping.
Ikan Berkepala Buaya

Di habitat aslinya ikan aligator lebih banyak berdiam diri di dasar sungai yang berair dangkal atau di sela-sela tumbuhan rawa. Ikan Aligator yang dalam kondisi biasa mempunyai gerakan lamban seperti ikan malas akan berubah gesit kala memangsa ikan hidup yang telah menjadi target sebagai mangsanya, sebagaimana seekor buaya atau Aligator memangsa buruannya. Ikan aligator terkenal sangat rakus, makanannya bisa berupa Daging, Ikan-ikan, Serangga, dll. Bahkan aligator yang paling besar bisa saa menelan seorang anak kecil. Maka ikan ini sangat berbahaya jika populasinya menjadi lebih banyak.

Terdapat bebrapa jenis ikan Alligator Gar :
  • Longnose gar : Lepisosteus osseus
  • shortnose gar : Lepisosteus platostomus
  • Spotted gar : Lepisosteus oculatus
  • Florida gar : Lepisosteus platyrhincus
  • Alligator gar : Atractosteus spatula
  • Tropical gar : Atractosteus tropicus
  • Cuban gar : Atractosteus tristoechus
  • Shortnose gar + Alligator gar
  • Longnose gar + Alligator gar
  • Florida gar + Alligator gar
  • Gold gar

Ikan ini sebenarnya sudah dilarang untuk dijual dan dipelihara. Habitat ikan ini dapat membahayakan ekosistem ikan-ikan lainnya karena bertipe karnivora. Sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2009, Ikan Aligator dan sebelas jenis ikan piranha (Characidae) masuk dalam 30 spesies ikan yang dilarang masuk Indonesia. Alasannya, ikan itu membahayakan kelestarian spesies ikan lainnya, lingkungan, dan manusia. Namun, faktanya di lapangan justru ikan ini sangat dicari-cari oleh pecinta ikan aquarium di Indonesia. mancingarena.com

Sumber : theaquariumwiki

0 komentar:

Posting Komentar