Mengenal Lebih Detail Tentang Fly Fishing Reel

Pada pembahasan sebelumnya telah kita kenal masing-masing reel dengan fungsi dan tekniknya. 

Kali ini kita akan membahas jenis reel yang sangat berbeda dan mungkin masih jarang kita lihat yang mempraktekkannya di Indonesia. 

Reel tersebut adalah Fly Fishing Reel. Ini merupakan reel yang dirancang khusus untuk memancing dengan menggunakan teknik fly. 

Teknik memancing dengan melempar umpan buatan yang dinamakan FLIES dengan beragam bentuk binatang yang menyerupai serangga kecil. Teknik ini sangat mengandalkan kelihaian tangan dan joran yang dimainkan juga sangat berpengaruh. Pada dasarnya kita dituntut untuk memainkan flies agar terlihat sangat mirip dengan serangga asli. 

Bermain fly fishing butuh latihan layaknya saat kita berlatih untuk melempar lure dengan reel baitcasting. Bedanya pada teknik lemparan, jika pada BC lebih mengedepankan feeling dalam mengerem lajunya senar, pada fly fishing lebih pada permainan senar khusus fly fishing. 

Oleh karena itu sebelum mengaplikasikan fly fishing reel di spot alam liar, maka terlebih dahulu untuk mempelajari teknik-teknik lemparan pada fly fishing.



contoh reel fly fishing
Reel Fly Fishing

Fly reel dirancang sangat berbeda dengan 3 jenis reel lainnya. Bentuk dan caranya sangat simpel dibandingkan dengan jenis reel lainnya. Reel fly hanya berfungsi sebagai penggulung senar fly saja saat kita hook up target. 

Fly reel pada umumnya digunakan pada fresh water, namun juga ada yang bisa digunakan pada salt water. 

Tergantung dari bahan apa reel fly tersebut dibuat.Pada sisi-sisi reel ini dapat kita lihat begitu banyak bolongan-bolongan kecil. Bolongan ini dirancang agar kondisi reel tetap akan cepat mengering setelah senar fly di gulung, sehingga reel akan tetap terasa ringan.

A. Bagian-Bagian Pada Fly Reel serta Fungi-Fungsinya


bagian-bagian fly fishing reel

1.       Spool : Sebagai penampung fly lines dan backing lines.

2.      Handle : Sebagai alat penggulung fly lines

3.      Frame : Bentuk dasar dari reel fly, biasa terbuat dari plastik dan aluminium dan dirancang dengan terdapat banyak bolongan-bolongan kecil yan bertujuan untuk membuat line fly cepat mengering

4.      Arbor : Bagian tengah dari fly reel dimana fly line dan backing (pada ujung pertama) ditempatkan

5.      Foot : Sebagai penyangga pada reel seat joran fly

B. Retrive System


retrieve sistem dari penggulung ini juga sangat simple di mana rasio penggulung hanya 2 sistem yaitu ( low ratio ) 1:1 di mana bila kita memutar handle satu kali maka spool juga berputar satu kali ,dan yang satunya dengan sistem high ratio 1: 2  dimana perputaran satu kali putaran handle berbanding dua kali putaran spool tentu kerja dari 1:2 lebih berat dan lebih rawan rusak.

C. Drag System


Drag merupakan bagian pada reel spool yang digunakan untuk menghambat laju fly line. Drag pada fly reel bermacam-macam, ada yang menggunakan disc drag, pawl clicker, sampai reel yang tidak menggunakan drag sama sekali.

  • Disc drag merupakan sistem mekanik yang terdapat pada fly reel, digunakan untuk memperlambat laju fly line ketika keluar dari spool. Perbedaannya dengan click-drag, fly line keluar lebih halus ketika menahan laju tarikan ikan, sehingga dapat mengurangi resiko leader putus karena sentakan mendadak dari ikan fly line.
  • Pawl drag clicker berfungsi sebagai pengatur tekanan per yang terhubung dengan tuas yang terhubung dengan spool pengaturanya melalui knob, senar akan terulur dengan mulus soft atau di setel dengan tegangan yang lebih tension perputaran reel akan selalu sama, namun sayang jika strike ikan besar sistem ini tidak akan berguna.

Mengenal Lebih Detail Tentang Fly Fishing Reel


D. Bahan Pembuatan Spool


Bahannya bermacam-macam, mulai dari yang terbuat dari plastic, besi biasa mirip kaleng seperti pada martin 61 fly reel yang juga di sebut tuna can (kaleng tuna), aluminium, dan titanium. Tetapi yang sering terdapat di pasaran adalah yang terbuat dari aluminium.Yang terbuat dari aluminium pun ada 2 macam, yaitu yang di cor (die cast) dan yang di bubut (CNC cut machined). 

Fly reel juga ada yang tahan air asin dan ada yang tidak. Walaupun demikian, selalu di saran kan agar membasuh bersih dengan air tawar setiap selesai menggunakan fly reel di salt water.

Uniknya dari reel ini adalah spool diisi oleh backing senar yaitu senar yang biasa digunakan untuk mengisi ruang pada spool sebelum fly line terpasang. 

Biasanya terbuat dari dakron. Senar PE berukuran besar juga bisa digunakan sebagai backing jika mengalami kesulitan menemukan backing line di pasaran. 

Backing line bisa menjadi sangat penting peranannya ketika menerapkan teknik fly fishing untuk target ikan berukuran besar yang berada di area yang sangat luas seperti di danau atau di laut


E. Tips Memilih Fly Reel :

  • Tentukan dimana anda sering mancing, apakah di air tawar atau laut
  • Tentukanlah ukuran target ikan rata-rata, supaya dapat disesuaikan dengan WT flyrod dan flyreel
  • Pertimbangkan budget/kemampuan
  • Konsultasi dengan teman-teman mancing yang sudah berpengalaman
  • Jangan khawatir jika fly reel murah terbuat dari plastik bukan berarti anda tidak mungkin bisa menaikkan ikan besar. Bisa saja, semua tergantung dari angler sendiri

Harga rata-rata fly reels:

  • Plastic: Rp. 120.000,- s/d Rp. 150.000
  • Aluminium die cast: Rp. 300.000,- s/d Rp. 700.000
  • Aluminium CNC cut machined: Rp. 750.000, s/d jutaan ke atas, tergantung dari mereknya

Demikian beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang fly reels.Spare part untuk reel ini di Indonesia tidak terdapat terlalu banyak seperti halnya di daerah Eropa dan Amerika.

Ini semua dikarenakan teknik fly yang masih bisa dibilang baru di Indonesia dan masih sedikit sekali anglers yang menerapkan teknik ini.

Namun tak salah jika anda mencoba teknik mancing yang baru. Sekian dari kami, mudah-mudahan bermanfaat.

Nantikan kembali artikel menarik lainnya hanya di mancing arena.

Sumber : GlobalFlyFisher & FlyRodder

8 komentar untuk "Mengenal Lebih Detail Tentang Fly Fishing Reel"

Comment Author Avatar
terima kasih jadi tambah wawasan, buat mancing arena artikelnya keren abis.
Comment Author Avatar
If you don't set the hook at this time, it may fall out and the fish will get away. If you try to set the hook when the fish is merely nibbling, you'll just pull away the bait or lure, and possibly scare off the fish.fishing holidays in thailand
Comment Author Avatar
Was the store spotless and organized? It is valid for UK fishing customers and those in different nations: you can locate the correct fishing equipment available to be purchased on the off chance that you realize what to look like for it.fishing holiday
Comment Author Avatar
Even on the off chance that you are an accomplished fisherman, Alaska is a vastly different setting than what you might be utilized to somewhere else.rod and reel for speckled trout
Comment Author Avatar
Proper maintenance, including regular disassembly and cleaning, is vital for the performance of your fishing reels. One of the most efficient ways to clean fishing reels from caked grease, algae, dirt and debris of all kinds is to use ultrasonic cleaning equipment. This article explains what to look for in an ultrasonic cleaner to be used for the cleaning of fishing reels, and what you need to do to optimize your cleaning results without risking damage to your gear. fishing reels
Comment Author Avatar
Fishing reels are the most important part of your equipment. They are what bring in the fish. Fishing Tips For Beginners
Comment Author Avatar
Anyone who fishes uses special methods for success. Passionate anglers are constantly seeking to add new tips to their toolbox. merawindows.com
Comment Author Avatar
Thus, except if you are exclusively a free fisher, look for territories or tasks that offer guided fishing, regardless of whether it be an autonomous guide, or a guide that is incorporated with a hotel or cabin bundle. discountfishingplanet