Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Kamis, 16 April 2015

Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Admin

Advertisement

Mancingarena.com - Teknik casting memiliki sensasi tersendiri dibandingkan dengan teknik dasaran pada umumnya. Teknik yang mengharuskan banyaknya pergerakan tangan agar menghasilkan action lure layaknya seekor ikan atau hewan-hewan kecil pada umumnya. Memancing dengan menggunakan teknik casting memiliki seni tersendiri dalam dunia mancing. Meski terkadang dalam casting kita tidak bisa selalu berharap untuk mendapatkan ikan sebanyak mungkin. Mungkin pada beberapa spot casting butuh berjam-jam untuk mendaratkan seekor ikan, tentu saja bagi pemancing yang mudah bosan akan sangat tidak tertarik dengan kejadian ini. Dalam teknik casting jika berhasil mendaratkan ikan meski jumlahnya hanya seekor, maka kesan yang kita dapat sungguh luar biasa dibandingkan dengan teknik dasaran pada umumnya. Anda tentu bisa membayangkan usaha anda untuk mengelabui ikan dengan ketelatenan anda memainkan lure membuahkan hasil. 

Teknik casting hampir sama dengan teknik popping, namun yang berbeda hanya terletak pada peralatannya saja. Popping cenderung menggunakan peralatan berat misalkan joran yang panjang dan reel yang besar dengan karakter-karakter tertentu. Selain itu popping hanya menggunakan lure yang disebut dengan chugger popper dengan berat bisa mencapai 200 Gram. Sebaliknya, casting bisa menggunakan lure apapun tipenya, namun dengan ukuran yang lebih kecil dai pada popper pada teknik popping. Untuk menghasilkan teknik casting yang baik, maka perlu dipersiapkan beberapa hal berikut agar menghasilkan casting yang berkualitas. 

1. Reel
Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Pada dasarnya pemilihan reel baik merek maupun jenis reel itu sendiri merupakan prefensi masing-masing. Sebagian pemancing lebih menyukai dan nyaman casting dengan reel spinning dan begitu juga sebagian juga nyaman dengan reel baitcasting. Hal ini tentu lebih kepada selera anda sendiri dan bukan sesuatu hal yang perlu diperdebatkan. Intinya adalah casting yang baik adalah menggunakan reel. 

Penggunaan reel spinning juga harus diperhatikan spot dan target. Terkadang sebagian pemancing ada yang lebih suka casting di perairan tawar dan sebagian lagi senang di perairan asin. Hal ini tentu merupakan pilihan anda dan target yang ingin anda dapatkan. Pada umumnya reel spinning yang digunakan untuk memancing dengan teknik casting berukuran 1000-3000. Supaya diperhatikan bahwa teknik casting mengharuskan kita untuk terus melempar dan menggulung senar. Oleh karena itu pilihlah reel yang berukuran kecil saja. Jika target anda di air tawar adalah ikan-ikan predator yang memiliki kekuatan cukup besar seperti Toman, maka anda bisa menggunakan reel spinning ukuran 3000. Begitu juga jika target anda ikan-ikan sungai berukuran kecil hingga sedang menggunakan reel spinning ukuran 1000-2000 sudah lebih dai cukup. 

Untuk casting di air payau seperti, muara dan spot-spot pohon bakau yang berdekatan dengan laut bisa menggunakan reel 3000-4000. Terlebih jika anda mengincar target ikan yang memiliki kekuatan besar di air payau seperti Mangrove Jack dan Baramundi tentu reel dengan ukuan tersebut akan sangat membantu. Reel dengan ukuran 3000-4000 juga dapat menampung senar berukuan besar dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan reel spinning berukuran 1000-2000. Yang perlu dicatat adalah tidak ada aturan yang baku apakah anda ingin menggunakan reel kecil dengan ukuran 1000-2000 bahkan lebih kecil dengan ukuran 500-800, untuk memancing di spot manapun. Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya anda menggunakan reel spinning ukuran 4000 tentu akan menyebabkan anda mudah lelah karena bobot reel yang berat, namun reel tersebut akan memudahkan anda untuk mendaatkan sebuah ikan yang berukuran sedang. Begitupula jika anda menggunakan reel kecil anda bisa casting selama mungkin karena bobot reel tak mempengaruhi anda, namun jika mendapatkan ikan berukuran sedang anda juga harus melaluinya dalam waktu yang lebih lama agar ikan mendarat dan reel tetap stabil.

Selain itu jika anda pengguna reel spinning untuk casting, maka pilihlah reel yang memiliki gear ratio minimal 5:1. Gear ratio perlu diperhatikan juga untuk memudahkan casting dan memudahkan anda untuk menciptakan action lure yang baik. 

Pengguna Reel baitcasting untuk casting biasanya sering menggunakan ukuran 100-200 tergantung dari masing-masing brand. Menggunakan baitcasting memang rumit terutama bagi pemula, karena reel BC cenderung mengalami backlash. Namun kelebihannya adalah anda tak perlu membuka dan menutup bail arm layaknya reel spinning, sehingga casting bisa dilakukan sebanyak mungkin. Bagi pemula sangat direkomendasikan untuk terlebih dahulu mempelajari teknik  casting dan faktor yang menyebabkan backlash, sehingga hal tersebut tidak mengganggu anda pada saat casting berlangsung. Baca penjelasan detail tentang faktor backlash pada link ini dan tips menghindari backlash pada link ini. 

Pengguna BC juga bebas memilih reel yang menggunakan jenis brake apapun. Bisa magnetik , sentrifugal, digital control atau bahkan tidak menggunakan brake sama sekali. Namun untuk pemula sangat tidak disarankan untuk tidak menggunakan brake sama sekali, karena bisa jadi mood anda terhadap reel BC akan berubah seketika karena terganggu oleh backlash. Selain itu reel BC juga memiliki tingkat keakuratan lemparan dan jarak yang baik. Piliahan tentu di tangan anda spinning atau Baitcasting atau bahkan anda bisa menggunakan reel spincast.


2. Senar
Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Penggunaan senar untuk teknik casting sangat direkomendasikan menggunakan senar multi atau PE. Hal ini dikarenakan pergerakan senar yang haus teus digulung dan dikeluarkan dari spool saat casting. Selain itu senar PE memiliki kekuatan yang lebih besar meski hanya memiliki diameter yang kecil. Lontaran PE juga bisa lebih jauh, namun senar pe sering terganggu dengan adanya angin. Penggunaan senar mono seperti nylon juga tak ada masalah, namun yang harus diperhatikan adalah senar mono akan mudah terpelintir jika pergerakan keluar masuk-spool sering dilakukan. Untuk ukuran PE yang disarankan juga tergantung spot dan target. Anda bisa menggunakan PE berdiameter kecil seperti 0.8 hingga PE 2. Yang harus diingat adalah kapasitas senar jangan sampai melebihi batas kekuatan joran. Misalnya pada joran tertulis 6-12 Lbs, maka anda lebih baik menggunakan senar  PE yang memiliki diameter dan ukuran tidak lebih dari kode yang tertulis tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap keseimbangan piranti. Jika piranti seimbang, maka casting yang kita terapkan akan lebih nyaman.

3. Leader 
Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Leader meupakan elemen penting dalam teknik casting. Leader dirangkai dengan cara disambung menggunakan konot atau simpul tertentu. Anda bisa menggunakan Albright Knot hingga FG knot, namun saat ini simpul paling kuat adalah FG Knot. Leader memiliki fungsi sebagai senar peredam, penghindar gesekan senar pe jika bermain dekat karang, hingga sebagai penyamaran agar lure terlihat lebih alami bergerak sendiri. Disarankan untuk menggunakan Leader dengan bahan utama Fluoro carbon. Pilihlah leader yang bertuliskan Fluoro carbon 100%, namun harganya biasa lebih tinggi dibandingkan dengan leader yang tidak memiliki fluoro carbon 100%. Leader Fluorocarbon inilah yang membuat lure bergerak alami dan dapat menyamarkan senar dengan air. Untuk ukurannya sendiri pilihlah leader dengan kekuatan 2x lebih besar dari senar utama. Misalnya senar utama sekitar 10 Lbs, maka anda lebih baik menggunakan leader dengan ukuran 20 Lbs. Memang tak ada aturan baku tentang hal ini, namun ini perlu dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan piranti casting. Bisa saja anda menggunakan leader dengan ukuran yang sama atau bahkan lebih kecil dari senar utama, namun jika anda merasa tidak nyaman dengan hal tersebut cobalah untuk menerapkan ekomendasi setingan awal yait leader 2x lebih besar dari senar utama.


4. Rod ( Joran )
Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Usahakan joran memiliki kriteria berikut ini :
  • Bahan Carbon dan graphite, sebenarnya hal ini tidak mutlak, namun dikarenakan kita dituntut untuk terus melempar dan menggulung lure, maka pilihan joran berbahan carbon yang notabene jauh lebih ringan daripada bahan fiber. Material carbon dan graphite yang ringan sangatlah membantu castinger agar tidak mudah lelah, sehingga intensitas lemparan lure semakin banyak dan otomatis semakin tinggi pula rasio untuk strike. Terapkan semboyan Rajin Melempar Pangkal Strike...!!!
  • Panjang joran, panjang bisa sekitar 160-210 cm, tergantung dari spot yang kita tuju. Joran panjang tentu akan menghasilkan lontaran yang lebih jauh. Perhatikan juga casting weight (CW) pada joran. CW ini harus diperhatikan, mengingat daya lontaran lure akan berpengauh terhadap spesifikasi joran. Semakin joran lentur dan panjang maka semakin jauh pula lure yang dapat kita lempar.
  • Kapasitas kekuatan Joran, anda bisa menggunakan joran baik dengan kapasitas Ultra light, Light, Medium Light, Medium, hingga Medium Heavy, semua tergantung dari ukuan lure yang anda gunakan. Untuk casting di sekitar sungai-sungai Medium Light hingga Medium sudah cukup, kecuali target anda adalah Toman yang jika menggunakan medium light bisa saja mematahkan joran kita. Namun semua juga kembali pada ritme perlawanan ikan dengan usaha kita untuk membuat ikan lelah. Selain itu menyesuaikan kapasitas senar dengan joran juga sangat penting. Oleh karena itu usahakanlah untuk menggunakan spesifikasi yang sesuai. Untuk action joran, tergantung dari anda sendiri. Bisa menggunakan fast, medium,dan slow. Namun yang bisa digunakan biasa fast-medium.

5. Lures
Tips Memancing Dengan Teknik Casting Yang Ampuh

Lure yang digunakan bisa terbuat dari bahan kayu, plastik, logam, karet, dll. Pada umumnya lure untuk casting kita harus mengerti beberapa karakter lure yang sering gunakan. Terdapat dua karakter lure pada umumnya yaitu : lure yang bermain di bawah permukaan air hingga ke dasar air dan lure yang bermain di atas permukaan air. Selengkapnya pembahasan mendetail tentang lure dapat anda baca pada link ini. 

Salah satu jenis lure yang bermain di bawah permukaan air hingga ke dasar air adalah minnow. Minnow adalah lure yang dibuat menyerupai sejenis ikan kecil yang bergerak secara alami seperti ikan dan memiliki ciri khas yaitu lidah di bagian mulut dengan kriteria tertentu. Kebanyakan lure jenis minnow merupakan tiruan bentuk dan warna ikan yang hampir sama persis. Lure ini digunakan pada fresh water dan salt water, biasanya effektif pada saat ikan sedang lapar dan rakus. Lure jenis ini tersedia dalam berbagai jenis kedalaman. Ada 4 tipe untuk kedalaman berenang lure ini :
  • Shallow type, untuk target ikan yang relatif tidak dalam (dekat dengan permukaan).
  • Deep type, untuk target ikan yang bermain di kedalaman. 
  • Floating type, merupakan lure yang bermain sedikit di bawah permukaan.
  • Sinking type, merupakan lure yang cepat sekali tengelam untuk target ikan di dekat dasar.

Tidak direkomendasikan untuk mengunakan minnow sinking dan deep sinking pada spot dangkal dan sungai-sungai kota yang banyak sampahnya. Hal ini dikahawatirkan tipe minnow tersebut dapat tenggelam hingga ke dasa sungai yang menyebabkan lure tersangkut sampah di bawah air. Minnow dan beberapa lure yang menyelam lainnya biasa sering digunakan dalam kondisi air yang sedang jernih.

Sedangkan untuk lure top water seperti Pencil, Stickbait dan pooper hanya bermain di permukaan air saja. Lure jenis ini memiliki variasi action yang berbeda-beda ada yang bergerak zig-zag hingga ada yang bergerak melawan dan memercik air agar ikan tertarik untuk menyambarnya. Biasanya lure top water digunakan pada saat air mulai keruh hingga kondisi warna air kecoklatan. Lure top water sangat direkomendasikan untuk dimainkan di pinggir-pinggir spot hingga dekat dengan tempat persembunyian ikan agar target tertarik untuk menyambar lure tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan teknik casting. Tentu bagi anda yang baru saja memulai teknik mancing casting agar diperhatikan beberapa poin-poin di atas agar apa yang telah anda beli dan siapkan menjadi tidak sia-sia.mancingarena.com


0 komentar:

Posting Komentar