Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Terkadang sebagai pemancing tentu kita memiliki asa malas untuk membersihkan dan melakukan perawatan setelah aktivitas memancing selesai. 

Bahkan beberapa pemancing jarang sekali memperhatikan masalah perawatan ini. Jika digunakan pada air tawar mungkin masih dapat ditoleransi, namun jika anda sering menggunakan peralatan di spot perairan asin tentu sewaktu-waktu bisa saja reel mancing anda akan menjadi korosi

Akibatnya, reel akan jebol hingga macet di tengah jalan. 

Bagi yang berkantong tebal tentu biasanya sangat mudah tinggal membeli reel baru, namun bagaimana jika sebaliknya? maka perlu adanya perawatan. 

Tentu kitapun tak ingin terus-menerus mengganti reel, terlebih jika reel tersebut sangat keramat bagi kita.


Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Sebagus dan semahal apapun reel jika tidak pernah dirawat, maka akan rusak juga. Berikut ini beberapa tips untuk merawat reel, jangan sampai salah melakukannya. 

Terutama bagi yang senang memancing di air asin, karena efeknya sangat terasa pada reel dibandingkan pada air tawar. 

Meskipun harus dirawat juga, berikut beberapa tips yang bisa dicoba :

1. Jangan melepas spool dan merendamnya di dalam air, karena air akan masuk kedalam bagian drag dan akan membuat drag jadi tidak normal. 

Usahakan pada saat mencuci reel untuk mengencangkan drag agar air tidak masuk ke dalaman drag. 

Drag pada reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 biji dan semua washernya pastikan benar-benar kering dari apapun. Jika metal washernya lebih dari 3 biasanya menggunakan drag basah, yang berarti terdapat oli pada washernya. 

Jangan salah, jika drag kering dilumasi oli, maka akan melorot dan dragnya tidak bisa direm, drag basah tidak perlu dilumasi oli, drag secara otomatis akan terkunci jika sedikit saja dikeraskan. 

Hati-hati karena jika draga model ini terkena air, maka akan berakibat fatal dan bermasalah.

2. Pelumas (Lubrikasi reel), terdapat 2 jenis lubricant yaitu grease dan oil, grease bersifat kental menyerupai mentega, sedangkan oil atau oli wujud dan sifatnya cair. 

Bagian-bagian reel yang harus menggunakan oil adalah semua bagian bearing, begitu pula sebaliknya bagian-bagian reel yang menggunakan grease adalah semua mekanisme gear . Jadi jangan sampai terbalik, hal ini agar reel tetap berfungsi bagus. 

Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali-sekali memberikan grease terlebih dengan jumlah yang banyak. 

Hal ini dikarenakan roller bearing di tahan oleh per yang sangat kecil, kurang lebih sekitar 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, jika per ini diberikan grease, roller akan macet dan tidak berfungsi semestinya, sehingga oneway roller tidak berfungsi dan reel bisa terputar balik dan ini sangat berbahaya bagi diri kita saat fight dengan ikan besar. 

Jangan memberikan grease terlalu banyak di area pinion gear, karena reel akan terasa seret dan macet. 

Maka berikan grease secukupnya saja. Jangan lupa untuk memperhatikan line roller pada bail arm ketika memberika oil.

3. Setiap selesai memancing di laut, jangan lupa untuk selalu membuka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini biasanya sering menampung garam dari laut, meskipun itu telah kita cuci dan bilas.

4. Jika memulai untuk membersihkan reel maka, mulailah dengan membongkar semua bagian reel tanpa terkecuali.

Jangan lupa untuk mengingat semua bagian yang telah dibongkar, bisa dengan mencatat dan meletakkan bagian-bagian tersebut pada tempatnya. 

Agar tidak bingung ketika menyatukannya kembali. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian-bagian dari reel berikut nomer serinya), maka perhatikanlah baik-baik. 

Cuci semua bagian reel dengan WD 40, gunakan kuas kecil untuk bagian-bagian tersulit. 

Hilangkan semua bekas grease yang sudah berwarna coklat dan hitam. Jika semuanya sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru, maka dijamin reel akan kembali halus seperti semula.

5. Jika berasumsi tidak mampu untuk membongkar dan membersihkan reel maka, ada baiknya jika dibawa ke tukang servis atau teman yang sudah ahli. 

Jika nekat untuk mencobanya pun juga tidak salah, karena dengan begitu kita bisa tahu apa yang menjadi malah pada reel. 

Yang penting jangan salah pada saat memasang kembali, sudah ada panduannya dalam box biasanya. 

Sebaik apapun reel jika tidak pernah di rawat dan diservis tentu akan menjadi masalah ditengah-tengah, terlebih bagi yang sering memancing di tengah laut dengan peralatan yang heavy-duty class (kelas berat). 

Harus diingat jika penampilan luar bagus, maka belum tentu bagian dalamnya juga ikut bagus.

Demikian beberapa tips yang boleh dicoba teman-teman anglers. 

Ada baiknya jika kita mencoba untuk membongkar dan membersihkan reel sendiri, karena dengan begitu kita akan tahu dan terbiasa jika terjadi lagi hal yang demikian. 

Namun jika takut tidak bisa memasang kembali bawalah ketempat servis atau ke teman-teman anglers lainnya yang sudah ahli dan berpengalaman. S

ekian dari kami, mudah-mudahan bermanfaat. Nantikan kembali artikel menarik lainnya hanya di mancingarena.com


Sumber : Fishy Forum

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar"