10 Manfaat Memancing Bagi Diri-Sendiri

Sabtu, 02 Mei 2015

10 Manfaat Memancing Bagi Diri-Sendiri


Advertisement

Mancingarena.com -Siapa bilang jika aktivitas memancing merupakan kegiatan yang membosankan, kuno, norak dan lain-lainnya yang dianggap negatif. Memancing merupakan seni tersendiri bagi yang melakukannya. Memancing tak kenal umur, jabatan, bahkan kalangan. Terbukti hingga saat ini baik itu orang biasa sampai yang berkantong tebal mulai menyenangi aktivitas memancing. Bahkan kegiatan memancing bisa dijadikan sebuah media untuk mempersatukan masyarakat yang memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda.Perkembangan teknologi informasi saat ini juga membuktikan bahwa kegiatan memancing dapat mempersatuukan masyarakat. Melalui sosial media, masyarakat membentuk sebuah komunitas mancing dimana semua anggotanya berkumpul dalam satu komunitas online. Meski bersifat komunitas online, namun terbukti komunitas tersebut dapat dikumpulkan menjadi sebuah keluaga dalam perkumpulan yang nyata. Misalnya saja komunitas mancing di suatu daerah, mereka dapat berkumpul dalam sebuah even kopdar, dimana berisi kegiatan-kegiatan positif untuk lingkungan. 
10 Manfaat Memancing Bagi Diri-Sendiri

Selain itu melalui komunitas tersebut kita dapat menemukan dan menjalin silaturrahmi dengan teman-teman baru. Inilah beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat mancing baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa menjelaskan, mengapa aktivitas memancing itu memiliki manfaat bagi seseorang?.

1. Menghilangkan Stres

Bagi beberapa orang memancing mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap apa yang dialaminya, bahkan mungkin itu bukan obat untuk menghilangkan segala masalah. Namun jangan salah, sisi lain dari aktivitas ini dapat menghilangkan stress. Mengapa demikian? Tentu dalam memancing hal yang dipikirkan adalah bagaimana caranya memperoleh hasil yang maksimal sehingga akan terhibur dengan sendirinya. Selain itu aktivitas memancing dapat meninggalkan pikiran-pikiran yang kerap membuat orang stres.

2. Memancing Adalah Hobi Yang Paling Asyik

Hobi memancing merupakan hobi yang paling menyenangkan, karena banyak hal yang akan kita alami di dalamnya serta akan melatih kita dalam berkehidupan sehari-hari. Bayangkan jika kita dapat target sesuai dengan keinginan kita, pasti perasaan bangga yang dapat. Bahkan orang-orang yang awalnya tidak senang dengan hobi ini bisa menjadi sebuah hobi tetap karena keberhasilannya dalam mendapat target saat pertama kali mancing.

3. Memancing Dapat Melatih Kesabaran

Memancing bukan selalu berbicara tentang dapat ikan atau tidaknya, namun di dalamnya juga mengajarkan kita bagiamana proses yang berjalan dan kesabaran kita pada saat proses tersebut sedang bejalan. Butuh kesabaran dalam mendapatkan hasil yang maksimal dan kita akan dituntut agar bagaimana mendapatkan target buruan tanpa menyerah. Dengan adanya kesabaran tentu sedikitnya akan mempengaruhi mental sabar kita dalam aktivitas sehari-hari.

4. Memancing Sebagai Alternatif Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Aktivitas memancing akan mendorong kita untuk melempar menggulung dan menarik ikan dengan ukuran-ukaran tertentu. Secara tidak langsung tanpa kita sadari otot-otot tubuh kita akan bekerja secara santai yang berinteraksi langsung dengan otak. Interaksi antara gerakan otot dan otak inilah dapat menghasilkan olah raga yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

5. Aktivitas Memancing Dapat Digunakan Untuk Terapis Kejiwaan.

Tahukah anda jika sebagian rumah sakit jiwa yang berada di Skotlandia memanfaatkan aktivitas memancing sebagi obat penyembuh pasien-pasiennya?. Mengapa demikian?, karena memang tidak diragukan lagi unsur yang terdapat di dalamnya sangatlah banyak. Pastinya untuk masalah kejiwaan, maka rangsangan saraf otak akan berfungsi dengan baik, terlebih jika berhasil mendapatkan ikan buruan.

6. Memancing Meningkatkan Konsentrasi

Ketika sedang melakukan aktivitas memancing otak kita secara otomatis akan berpusat kepada gerakan pada senar dan pelampung. Dalam beberapa teknik tertentu seperti popping, jigging dan casting melatih kita untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam memainkan berbagai variasi lure yang digunakan. Sehingga tanpa disadari kemampuan fokus dan konsentrasi kita akan meningkat dengan sendirinya.

7. Memancing Dapat Meningkatkan Pergaulan Dan Teman

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tentu kita akan berusaha untuk mencari tempat dan suasana baru. Hal seperti ini kita bisa dapatkan jika ada orang lain yang beragi dengan kita. Tentunya orang tersebut yang memiliki kesamaan hobi akan banyak berbagi baik itu teknik, tips, spot memancing, dll. Secara tidak sadar kita akan berusaha untuk saling berkenalan satu sama lain hingga bertukar nomor telepon. Inilah yang dinamakan dengan meningkatkan pergaulan dan menambah teman.

8. Memancing Bisa Dijadikan Sebagai Aktivitas Travelling

Ketika kita merasakan bahwa spot-spot yang biasanya digunakan untuk memancing tidak berpotensi lagi, maka  hal pertama  yang muncul adalah mencari spot baru yang lebih potensial. Dari sini tentu kita akan merencanakan untuk mencoba spot baru, terlebih jika spot tersebut berada jauh di luar kota kita berdomisili. Maka, secara otomatis akan menggerakkan langkah kita ke daerah yang menjadi tujuan kita. Dari sini saja kita sudah melakukan travelling.

9. Memancing Dapat Menghindarkan Diri Dari Hal-Hal Negatif

Jika pikiran kita kosong, maka hal negatif pasti akan datang dengan sendirinya. Ini sudah menjadi bagian dari diri seseorang. Maka, cobalah untuk memancing agar dapat terhindar dari hal-hal negatif yang akan kita lakukan.

10. Memancing Akan Menghilangkan Kebosanan

Kebosanan pasti dialami oleh setiap orang di dunia, namun jika tidak bisa menghilangkan kebosanan, maka hal tersebut akan menjadi musibah. Agar tidak menjadi musibah segeralah untuk memancing, karena ketika sedang memancing semua kebosanan akan dialihkan secara otomatis oleh otak terhadap aktivitas memancing.

Sebenarnya masih sangat banyak manfaat dari memancing. Memancing merupakan hiburan bagi seluruh kalangan tanpa memandang siapa dan apa dia. Hobi memancing sangat simpel tidak btuh banyak uang untuk memuaskan diri dengan peralatan sederhanapun kita juga bisa memancing. Sekian semoga bermanfaat. mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar