12 Manfaat Dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Kamis, 28 Mei 2015

12 Manfaat Dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan


Advertisement

Siapa sangka ikan yang paling sering dicasting dengan lure frogy ini ternyata mengandung berbagai manfaat dan khasiat bagi tubuh kita. Ya, ikan ini memang tak asing bagi para castinger froggy yaitu ikan Gabus. Ikan Gabus bernama latin Channa striata merupakan jenis ikan air tawar yang tergolong predator. Ikan karnivora ini memiliki ciri-ciri khas kepalanya seperti seekor ular. Sehingga sering disebut dengan snakehead fish. Habitat ikan gabus ini biasanya sering terlihat di rawa-rawa, sungai, danau, sawah, dll. Tempat yang paling disenanginya adalah perairan dangkal dengan banyak rumput-rumput dan tumbuh-tumbuhan liar disekitarnya.


12 Manfaat Dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Rahasia khasiat dari ikan gabus terletak pada ALBUMIN yang terkandung didalam dagingnya. Albumin ini sendiri merupakan salah satu jenis protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebanyak 61 % albumin yang terkandung didalam daging ikan gabus. Dalam ilmu medis albumin sering digunakan untuk mempercepat pemulihan sel tubuh yang terbelah dan rusak. Selain itu peran dari albumin ini juga sebagai pengikat obat-obatan dan logam berat yang tidak mudah larut didalam darah. Dirumah sakit sari ikan gabus sering diberikan kepada pasien yang memiliki kadar albumin yang sangat rendah. Beberapa penyakit komplikasi akut seperti Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Neprotic syndrom, Tonsilitis, Typus, Diabetes, Patah tulang, gastritis, Gizi Buruk, Sepsis, Stroke, ITP (Idiopatik Trombosit Tupenia Purpura), HIV, Thalasemia Minor dan Autis sedikitnya bisa teratasi dengan pemberian sari ikan gabus.

Dalam ilmu medis albumin sendiri merupakan salah satu jenis protein didalam darah yang diproduksi oleh hati. Hati normal akan menghasilkan 11-15 gr Albumin yang dibutuhkan tubuh perhari. Albumin juga merupakan jenis protein terbanyak yang terdapat didalam plasma sekitar 60%. Maka tak salah daging ikan gabus banyak dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka.

12 Manfaat Dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Ikan gabus juga memiliki kadar albumin yang sangat tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan lele, ikan mas, ikan nila, patin , dll. Kadar proteinnya juga lebih tinggi dibandingkan sumber protein lainnya yakni, telur, daging ayam, dan daging sapi.

Menurut penelitian laboratorium per 100 gram, kadar protein telur hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sangat rendah dibandingkan dengan  ikan gabus yang mencapai 25,2 gram. Selain itu daging ikan gabus memiliki nilai cerna yang sangat baik dengan kadar 90%. Protein kalogen yang lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak sehingga menyebabkan teksturnya lembut dan empuk dibandingkan hewan ternak. Kadar albumin yang terkandung didalam daging ikan gabus sebesar 62,24 g/kg, sedangkan telur hanya 9,34 g/kg. Selain albumin ada juga zat-zat lainnya seperti, zinc (seng), asam amino, lemak dan trace element lain yang diperlukan tubuh.

A. Berikut ini merupakan tabel kandungan ikan gabus per 100 gr bahan.


Komponen
Jenis
Ikan Gabus Segar
Ikan Gabus Kering
Kalori (Kal)
69
24
Protein (g)
25,2
58,0
Lemak (g)
1,7
4,0
Besi (mg)
0,9
0,7
Kalsium (mg)
62
15
Fosfor (mg)
176
100
Vitamin A (SI)
150
100
Vitamin B1 (mg)
0,04
0,10
Air (g)
69
24
BDD (%)
64
80

B. Macam-Macam Manfaat Dan Khasiatnya

12 Manfaat Dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dengan kadar albumin yang sangat tinggi yang dimiliki oleh ikan gabus. Berguna untuk memperbaiki kembali jaringan sel yang mati seperti luka diabetes mellitus, luka bakar, jaringan kulit yang mati hingga memperbaiki jaringan sel yang telah aus pada anak-anak. Selain itu juga sangat berguna pada luka pasca operasi seperti operasi ibu hamil atau operasi karena kecelakaan.

2. Membantu pertumbuhan Pada Balita

Bagi anak-anak berada pada kondisi dimana kekurangan albumin dapat mnyebabkan nutrisi tak dapat disebar secara baiik ke seluruh tubuh. Sehingga hasilnya akan memperlambat pertumbuhan bagi anak-anak Albumin dapat meningkatkan perkembangan otak terutama pada balita. Sehingga menurut sebuah penelitian, balita yang mengkonsumsi daging ikan gabus secara teratur dapat mengalami peningkatan berat badan dan hemoglobin darah.

3. Meningkatkan Kadar Albumin Dalam Darah

Pemberian ekstrak ikan gabus secara teratur dapat meningkatkan kadar albumin darah sekitar 0,6-0,8 g/dl. Bagi para penderita AIDS yang diberi ekstrak ikan gabus secara teratur berat badannya akan naik secara perlahan.

4. Albumin Ikan Gabus Dapat Menggantikan Impor Serum Albumin Yang Bernilai Jutaan Rupiah

Bayangkan harga albumin per 10 mm bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan untuk sekali operasi saja membutuhkan 30 mm minimal. Maka bisa dibayangkan betapa mahalnya hanya untuk membeli serum albumin impor. Tentunya penggunaan albumin yang dimiliki iakan gabus bisa dijadikan pengganti serum albumin impor yang harganya sangat mahal.

5. Membantu Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Zat albumin yang terkandung dalam daging ikan gabus dapat menjaga kestabilan cairan dalam tubuh. Pada saat cairan berkurang dalam tubuh, protein yang masuk akan pecah dan tak dapat bekerja dengan baik. Dengan adanya albumin yang cukup maka ini tidak akan terjadi.

6. Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Komplikasi

Penyakit-penyakit seperti Kanker, Gagal Ginjal, Stroke, Tuberkolusis, Diabetes,Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, dan Thalasemia Minor bisa dibantu proses penyembuhannya dengan ikan gabus.

7. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Struktur dagingnya yang sangat empuk membuat ikan ini menjadi sangat gampang dicerna dalam tubuh.

8. Membantu Memperbaiki Gizi Buruk

Memperbaiki gizi buruk pada anak-anak maupun ibu hamil dengan mengkonsumsi sekitar 100 gr saja sehari sudah cukup untuk memperbaiki gizi. Ini penting untuk kelangsungan pertumbuhan yang baik pada anak-anak.

9. Membantu Meningkatkan Kondisi Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi daging ikan gabus secara teratur membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

10. Mencegah Pembengkakan Pada Tubuh

Kadar albumin tinggi yang terkandung dalam daging ikan gabus dapat membantu mencegah pembengkakan pada tubuh.

11. Membantu Proses Penyembuhan Pada Anak Autis

Kandungan yang dimiliki ikan gabus juga berguna sebagai obat untuk proses penyembuhan pada anak autis.

12. Membantu Terjadinya Pertumbuhan Dan Pembentukan Otot

Kadar proteinnya yang sangat tinggi dibandingkan ikan air tawar yang lain, membantu tubuh dalam membentuk otot dan proses pertumbuhan. Supaya diketahui bahwa mengkonsumsi ikan gabus tidak akan menyebabkan over albumin. Jika pun albumin over maka tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot. Jadi mengkonsumsinya bagi yang tidak berpenyakitpun tidak masalah dan dapat dijadikan sebagai suplemen yang baik bagi tubuh.

C. Tips Mengkonsumsi Ikan Gabus Secara Teratur

ü  Sediakan kira-kira sekitar 1-2 kg ikan gabus, sehingga dapat dikonsumsi untuk 3-4 hari. Namun jika tidak ada bisa 1/2-1 kg. Jangan lupa dibersihkan dahulu.
ü  Kemudian gabus dikukus kurang lebih sekitar 30-40 menit dengan panas sekitar 50 derajat Celcius.
ü  Masukkan ke dalam blender. Ambil dagingnya saja, sedangkan tulangnya dipisahkan.
ü  Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan sebatang sereh agar bau amisnya hilang.
ü  Terakhir blender dagingnya dengan air secukupnya lalu diminum 2 kali dalam sehari pagi antara jam 07.00-08.00 dan malam 18.30-19.00.

Jika ingin mengkonsumsinya dengan cara lain dapat dibakar dan digoreng. Namun cara seperti ini akan menghasilkan albumin yang kurang maksimal dibandingkan cara diatas.


Perlu diketahui ikan gabus merupakan predator ganas di air tawar. Jika ingin memasukkannya kedalam kolam maka jangan campur dengan ikan lain, karena otomatis akan dimangsa olehnya. Pisahkan dengan jenisnya masing-masing. Silahkan mencoba tips memancing gabus yang jitu dan ampuh jika ingin mendapatkannya. Sekian ulasan mengenai 12 Manfaat Dan Khasiat Ikan Gabus Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya dimancing arena.

0 komentar:

Posting Komentar