Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Kamis, 21 Mei 2015

Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor


Advertisement

Melepaskan ikan dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga habitatnya sah-sah saja. Namun bagaimana ceritanya jika ikan yang dilepas justru menjadi bumerang bagi ekosistem dan lingkungan perairan setempat. Hal inilah yang terjadi di sebuah danau yang terletak di taman nasional Boulder, Colorado, Amerika Serikat. Dimana diketahui ikan koi yang pada 2 tahun lalu hanya dilepas dengan jumlah 4 ekor saja, kini malah membabi buta pertumbuhannya menjadi ribuan ekor yang tak dapat terkendalikan.


Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Awalnya memang tidak ada perkiraan akan menjadi seperti ini. Diperkirakan awalnya berjumlah 4 ekor saja kini bertambah ribuan kali lipat menjadi sekitar 3000-4000 ekor. Namun bukannnya malah menjaga dan melestarikan habitat ikan hias yang selama ini enak dipandang mata berubah menjadi bencana.

Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Menurut salah satu Juru Bicara Colorado Parks and Wildlife (CPW),Jennifer Churchil. Semua habitat asli yang menjadi penghuni asli didanau tersebut mengalami dampak dari pertumbuhan pesat ikan koi tersebut.

"Melepaskan hewan peliharaan ke danai bisa membawa penyakit bagi hewan asli serta tanaman yang awalnya sebagai sumber makanan menjadi rebutan," pungkas Churchil kepada ABC News seperti dikutipDailymail, Jumat 10 April 2015.

Awalnya Hanya Dilepas 4 Ekor Saja, Kini Tumbuh Pesat Capai 4000 Ekor

Para staff pengurus taman nasional tersebut ternyata tidak tinggal diam. Jika membiarkan hal itu terus berlanjaut maka mereka yakin hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi kedepannya. Maka mereka berusaha untuk mengusir ikan koi tersebut dari danau itu.

Akhirnya mereka di hadapkan pada dua cara untuk mengusir ikan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengeringkan danau seluas 12 Are tersebut. Selain itu menggunakan elektrifikasi dimana ikan-ikan koi tersebut akan dibuat pingsan untuk sementara waktu.


Pilihanpun jatuh pada elektrifikasi karena dianggap lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan cara pertama. Cara pertama dipilih karena memang telah terbukti ampuh dan sudah dilakukan pada November 2012 dulu didanau Thunderbird. Akhirnya cara ini membuahkan hasil dimana sekitar 2.275 ekor ikan berhasil dipindahkan dari danau.

"Kebanyakan orang memang tidak menyadari akan bahaya spesies ini bagi lingkungan," pungkas salah seorang ahli biologi dari CPW, Ken Kehmeier.

Meskipun hampir sebagian besar ikan telah ditangkap dan dipindahkan, Kelihatannya pengurusa dan staff taman nasional tersebut merasa kapok dengan adanya serangan besar-besaran ikan koi tersebut. Penduduk setempatpun dilarang keras untuk mengambil ikan yang dipindahkan tersebut sebagai ikan peliharaan. PP

0 komentar:

Posting Komentar