Mengenal Joran Bambu Beserta Tips Memilihnya

Senin, 18 Mei 2015

Mengenal Joran Bambu Beserta Tips Memilihnya


Advertisement

Joran yang satu ini memang terbilang unik dan kreatif, dimana joran ini merupakan hasil pemikiran manusia yang dapat dimodifikasi dengan perpaduan bahan alam dan pabrik. Joran ini merupakan joran bambu, sejarahnya joran bambu sudah sangat lama sebenarnya. Orang Cina pada zaman dahulu sudah menggunakan bambu sebagai joran utnuk memancing. Namun seiring perkembangan zaman joran ini pun juga ikut mengalamai perubahan terutama campuran antara bambu alami dengan bahan yang diproduksi seperti fiber dan graphite/carbon. Di Indonesia sendiri joran ini sangat tekenal khususnya di Jogjakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa disebut dengan walesan. Sering digunakan untuk mancing diempang baik itu galatama maupun harian.

Mengenal Joran Bambu Beserta Tips Memilihnya

A. Bahan-Bahan Pembuatannya

Terdapat beberapa bahan dan juga karakter dari bahan-bahannya. Diantaranya adalah :

v  Bambu Cendana, Sebenarnya tumbuhan yang termasuk bambu ini bisa beradaptasi dimana saja namun biasanya lebih bagus di dataran tinggi yang memiliki hawa dingin dan lembab. Banyak terdapat diwilayah pegunungan dengan tempat tropis.
v  Bambu yang digunakan memiliki ruas-ruas pendek yang tertata rapi dan bernilai artistik dimata.
v  Bambu yang digunakan haruslah memiliki ketebalan dan sudah berumur lama sejak diambil dari pohonnya.
v  Bambu memiliki kriteria dimulai dari pangkal yang berdiameter besar diakhiri dengan ujungnya yang berdiameter kecil.
v  Real seat, Ring Guide (cincin kolongan) bisa yang merek biasa maupun Fuji. Namun tentu Fuji lebih bernilai dan berkualitas.
v  Batang joran bisa berbahan graphite, bisa juga berbahan fiber. Namun fiber lebih berat jika dipegang terus akan melelahkan tangan.

B. Model-Modelnya

1. Model Polos Langsung


Model Joran seperti ini merupakan custom yang sederhana karena memang tidak terdapat reel seat pada bagian joran ini. Bambu sebagai pegangan lalu dipadukan dengan batang joran biasanya terbuat dari bahan graphite/carbon dan fiber. Joran yang model ini sangat banyak ditemukan di toko-toko pancing umumnya di Jawa Tengah khususnya. Biasanya sering digunakan dikolam untuk galatama mupun harian. Joran ini hanya memiliki 1 piece alias tanpa potongan dengan panjang biasanya sekitar 100-150 cm. Tanpa memakai reel tentu tangan akan sangat terasa jika fight dengan ikan, jika pemula lebih baik gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Model Under Head Untuk Spinning Reel


Biasanya ini merupakan hasil joran custom yang dimodifikasi oleh ahli cutom joran. Mungkin joran dari bambu yang seperti ini akan jarang ditemukan pada toko pancing umumnya. Kemungkinan kita bisa memesannya di pengrajin custom joran bambu. Model ini dikhususkan untuk dipadukan dengan spinning reel. Reel seat under head memang khusus untuk menggunakan spinning reel. Ukurannya bisa bervariasi mulai dari 150-210 cm dengan 2 piece. Tergantung selera dan pesanan juga tentunya. Untuk bahan tergantung kebutuhan jika digunakan untuk casting maka pilihlah joran bambu yang dipadukan dengan graphite/carbon, namun harganya tentu lebih tinggi dibandingkan dengan fiber.

3. Model Over Head Untuk Bait Casting Reel


Kebalikan dari model nomor 2, maka yang ini merupakan model joran bambu yang dipadukan dengan overhead reel seat khusus bait casting reel. Jika pecinta bait casting reel maka ini merupakan pilihan yang baik untuk digunakan jika memang ingin mencoba joran perpaduan bambu. Biasa dicustomkan dengan 2 piece karena panjangnya bisa mulai dari 150-210 cm. Untuk baitcasting tentu saja lebih baik untuk memilih yang batang jorannya berbahan graphite/carbon.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk masalah seperti reel seat dan rig guide (cincin kolongan) bisa memilih yang biasa bisa juga yang bermerek Fuji. Namun tentunya harga juga berpengaruh, semua tergantung prefensi masing-masing. Jika bingung ingin memesan mungkin link ini bisa sedikit membantu bagi yang ingin mencobanya. Sekian ulasan tentang joran bambu beserta tipsnya. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.





0 komentar:

Posting Komentar