Mengenal Lebih Jauh Tentang Fly Line Backing Pada Rangkaian Fly Fishing

Sabtu, 30 Mei 2015

Mengenal Lebih Jauh Tentang Fly Line Backing Pada Rangkaian Fly Fishing


Advertisement

Backing Line adalah senar Multifilament atau senar PE yang terbuat dari bahan Dacron. Backing Line yang digunakan pada Fly fishing bisa kebanyakan senar multifilament berbahan dacron bisa juga senar PE braided. Dari namanya saja tentu sudah dapat diartikan secara harfiah yaitu backing (cadangan). Dengan kata lain backing line pada fly fishing ini sebagai senar tambahan. Adapun fungsi utama dri backing line pada rangkaian fly fishing adalah sebagai cadangan senar yang biasanya dibutuhkan saat tarik-ulur dengan ikan yang berukuran besar.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Fly Line Backing Pada Rangkaian Fly Fishing

Sebenarnya penggunaan senar Fly line utama berkisar antara 75-115 feet (kurang lebih 22-35 meter). Oleh karena itu jika saat fight dengan ikan besar dan tarikannya yang cukup kuat adanya backing line akan membantu kita mendaratkan ikan tanpa harus takut leader dan tippet putus pada saat fight berlangsung. Sah-sah saja jika membuat rangkaian fly fishing tanpa backing line ini namun, yang harus diingat adalah spot dimana kita menerapkannya. Jika pada spot dengan ukuran ikan-ikan besar nan ganas, maka dapat dibayangkan berapa kali kita harus auto rilis ikan (alias mocel). Maka disinilah letak kegunaannya, yaitu dapat melakukan tarik-ulur meski itu lama. Namun yang penting ikan bisa landed dengan selamat. Karena kegunaannya ketika waktu fight dengan ikan-ikan besar saja, maka penggunaannya tidak dibutuhkan pada saat cast fly. Namun disarankan untuk memasukkan backing line pada saat membuat rangkaian fly fishing.

Penggunaan backing line ini biasanya disesuaikan dengan spot tujuan. Untuk spot pada air tawar misalnya, kali kecil, rawa-rawa dll maka cukup menggunakan backing line sekitar 50 yards (sekitar 45 meter). Sedangkan untuk ukuran spot yang luas misalnya saja, waduk, sungai besar, pinggir laut dll maka bisa menggunakan backing line dengan ukuran sekitar 100 yards (sekitar 91 meter). Untuk bagian lautan ditengah dengan target babon maka bisa menggunakan 200 yards (sekitar 182 meter) backing line. Namun yang harus diingat adalah penggunaan backing line juga harus melihat kapasitas dan ukuran reel fly. Jangan sampai fly line utama tak mendapatkan tempat pada spool. Kesimpulannya adalah sesuaikan spot dan ukuran reel fly untuk penggunaan backing line.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Fly Line Backing Pada Rangkaian Fly Fishing

Jika memiliki kemampuan untuk membeli backing line yang berkualitas, maka pilihlah yang berbahan Dacron dan Gel Spun. Namun jika pemula dan tak sesuai dengan kantong bisa membeli PE Braided sesuai dengan ukuran yang ingin digunakan. PE braided pun tak kalah dengan backing line khusus untuk Fly fishing, karena banyak pilihany ang dapat dipilih. Ditambah dengan variasi breaking strain yang tinggi dan diameter yang sama dengan backing line khusus fly fishing. Terlebih saat ini banyak senar braided yang memiliki diameter kecil namun kapasitas cukup besar sehingga dapat dijadikan backing line yang lebih panjang.

Penggunaan backing line sangat disarankan dalam penerapan fly fishing. Jika tidak ingin kecewa dengan auto rilis ikan yang akan didaratkan, maka gunakan backing line. Sekian ulasan mengenai Fly Line Backing Pada Rangkaian Fly Fishing, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya dimancing arena.

0 komentar:

Posting Komentar