Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Senin, 11 Mei 2015

Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya


Advertisement

Mancingarena.com - Pelampung atau bahasa kerennya sering disebut dengan float, merupakan salah satu dari peralatan mancing yang sering digunakan untuk mendeteksi bahwa ikan menyentuh, memakan hingga menandakan kail telah menancap di mulut ikan. Biasanya pelampung yang bergerak pelan menandakan ikan sedang menyentuh umpan, sedangkan jika pelampung masuk hingga dibawa lari di air menandakan bahwa kail telah menancap di mulut ikan. Sebenarnya pemaikaian pelampung ini tidak wajib, namun penggunaannya akan lebih baik untuk mendeteksi ikan yang memakan umpan. Jika kita menggunakan teknik mancing dasaran dengan sistem ngentak maka penggunaan pelampung wajib hukumnya. Namun jika menggunakan dasaran yang hanya menunggu ikan membawa lari umpan maka, pilihannya bebas dari anda sendiri, bisa menggunakannya atau tidak sama sekali.
Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Saat ini pelampung telah beragam model, bentuk dan bahannya. Di Indonesia sendiri pelampung sudah diproduksi oleh beberapa industri rumah tangga, tentu ini akan sangat baik untuk kemajuan ekonomi. Selain itu beberapa pemancing yang memiliki kreatifitas juga ikut andil membuat pelampung dengan tangan mereka sendiri. Bahkan beberapa diantaranya membuat pelampung hanya bermodalkan styrofoam dan menyulapnya menjadi sebuah pelampung yang cukup menarik dan dapat berfungsi dengan baik. Sementara itu sebagian juga menggunakan material kayu yang telah dibuat sedemikian rupa. Pada pembahasan kali ini kita akan coba melihat lebih jauh tentang detail pelampung itu sendiri.

A. Bahan dan Bentuknya
Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Pelampung didesain dengan bahan yang sangat ringan agar tetap mengambang di atas air, biasanya terbuat dari kayu, gabus, plastik sampai dengan bulu merak. Saat ini pelampung bukan hanya sebagai pendeteksi umpan, tetapi juga digunakan agar umpan hidup yang digunakan bergerak-gerak di tengah air sehingga menjadikan umpan terlihat bergerak alami. Pelampung yang ada dijual saat ini memiliki berbagai bentuk dan warna. Misalnya ada pelampung yang bulat, lonjong, dan panjang. 

B. Jenis-Jenis Pelampung

Pemilihan pelampung yang baik biasanya dengan menentukan terlebih dahulu luas spot dan kondisi air. Pada tempat dan wilayah spot yang memiliki area luas, cobalah untuk menggunakan pelampung yang memiliki pangkal agak gemuk supaya kita dengan mudah dapat melihat aksi dari pelampung. Jika memancing di spot yang sempit misalnya, kolam atau empang cukup menggunakan pelampung dengan ukuran kecil agar lebih sensitif terhadap gerakan umpan sehingga gampang untuk disentak. Sebenarnya tidak ada peraturan baku yang mengharuskan pemakaian pelampung model dan jenis apapun. Semuanya tergantung kondisi air  yang utama selanjutnya terserah dari selera masing-masing. Namun secara umum jenis pelampung dapat dibagi menjadi 2 macam.

1. Pelampung Untuk Kondisi Air Tenang Hingga Sedikit Beriak
Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Pelampung yang sejenis seperti ini memang dibuat serupa dengan kondisi air yang berada di spot tersebut. Karakter permukaan air yang tenang hingga sedikit beriak dibuat sedemikian rupa agar cocok pada kondisi yang seperti ini. Biasanya pelampung jenis seperti ini berbentuk silinder pendek, panjang dan bentuk tengahnya yang melar dan gemuk. Pelampung yang memiliki bentuk silinder panjang cocok digunakan pada saat air sedikit beriak. Untuk yang berbentuk silinder pendek dan gemuk dipangkal cocok digunakan dalam kondisi air yang tenang.

Biasanya setiap pelampung memiliki bagian seperi jarum dibagian pangkal, yang berguna sebagai pendeteksi umpan disentuh dan dimakan ikan. Selain itu di bagian ujungnya terdapat bolongan kecil (cincin kawat) yang berguna sebagai ruang untuk memasukkan senar ke dalamnya. Pelampung jenis ini akan bereaksi dengan ujung lancipnya tenggelam dan bagian pangkal terlihat mengapung setengah. Tentunya mengapung setengah atau penuh tergantung dari berat rangkaian dibawahnya seperti adanya pemberat hingga ukuran dan berat umpan.

2. Pelampung Untuk Kondisi Air Berarus Dan Mengalir
Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Untuk yang pelampung jenis ini sangat gampang  untuk menandakannya biasanya memiliki ciri-ciri diantaranya yaitu :

  • Bagian ujung yang lebih gemuk dan melar ketimbang pangkal, namun juga ada yang meyerupai jenis pelampung air tenang.
  • Bolongan untuk memasukkan senar biasanya terletak di tengah-tengah yang deselipkan sebuah pipa kecil untuk memudahkan masuknya senar.
Model pelampung jenis ini cocok digunakan untuk perairan yang mengalir dan berarus. Biasanya pemancing akan meletakkan stopper dan pipa kecil yang terbuat dari karet. Tujuannya agar pelampung ini berfungsi dengan baik dan tidak naik turun. Tentu jika dalam air yang mengalir dan berarus kondisikan juga dengan ukuran dari umpan.

Perlu diperhatikan juga bukan berarti semua arus juga dapat digunakan pelampung. Arus yang cukup deras tentu menggunakan pelampung menjadi tidak berguna, karena selain menyusahkan umpan akan berjalan mengikuti arus dan umpan juga ikut mengapung. Pada akhirnya hasilnya menjadi tidak maksimal, oleh karena itu perhatikan juga kekuatan arus yang mengalir.

C. Aksesoris Yang Dapat Digunakan Pada Pemakaian Pelampung

1. Stopper
Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Stopper merupakan benda kecil yang terbuat dari bahan karet yang ditempelkan pada senar pancing. Dalam rangkaian pancing yang memiliki pelampung penggunaan stopper ini bisa dibilang agar pelampung bekerja dengan maksimal. Biasanya pada rangkaian pancing para pemancing sering memasangkan 2 buah stopper tepatnya atas dan bawah. Fungsi utamanya untuk mengukur seberapa kedalaman air pada spot yang kita pakai. Selain itu fungsi utama lainnya agar pelampung bekerja semestinya. Jika kita menarik stopper terlalu jauh keatas maka kemungkinan pelampung tidak bekerja karena umpan sudah berada di titik dasar air.

Maka pakailah insting untuk menentukan sejauh mana stopper yang bagus diterapkan. Jika kita sudah berhasil mendaratkan ikan dengan ukuran stopper awal maka jangan sampai merubah lagi ukuran stopper. Untuk stopper yang terletak dibawah berguna agar pelampung tidak selalu turun kebawah tepatnya kebagian rangkaian pemberat, karena itu akan sangat mengganggu saat kita melempar umpan. Jika kita enggan membeli stopper maka alternatif yang dapat digunakan adalah pipa kecil berbahan karet seperti pada pentil sepeda.

2. Chemical Light (Fosfor)
Mengenal Pelampung Dari Jenis Dan Fungsinya

Biasanya pada setiap pelampung yang memiliki semacam tongkat kecil yang menancap pada ujungnya, dibuat untuk meningkatkan sensitifitas untuk mendeteksi umpan dimakan ikan. Selain itu juga tongkat kecil ini dapat dicabut dan diletakkan fosfor. Fosfor ini mirip sejenis tongkat yang terbuat dari plastik dan sebelum digunakan harus di bengkokkan dulu agar muncul warna hijau bercahaya. 

Tujuan utama dari penggunaan fosfor pada bagian pangkal pelampung adalah untuk mendeteksi gerakan pelampung pada malam hari. Maka jelas sekali fosfor hanya digunakan ketika mancing pada malam hari untuk memudahkan kita mendeteksi pelampung. Memancing pada malam hari tentu gerakan pelampung akan luput dari mata , karena kondisinya yang gelap.


Demikianlah beberapa hal yang harus diketahui mengenai pelampung. Pada dasarnya tidak ada aturan baku dalam menggunakan pelampung. Kita bisa menggunakan dan bisa juga tidak. Memperhatikan kondisi air pada spot merupakan langkah yang baik untuk menentukan pemilihan jenis pelampung yang akan kita gunakan. Namun jika air yang terlalu deras maka tidak dianjurkan untuk menggunakan pelampung. Sekian ulasannya, semoga bermanfaat. mancingarena.com

4 komentar:

  1. sepanjang yg saya tahu, kayaknya blog mancing arena, terlengkap, mendetail dlm membahas persoalan hobby mancing. salut dan terima kasih atas uraiannya. akan sangat berguna bagi pemula. hidup mancing arena. sayangnya, belum ada tubnail like ke media sosial lainnya. jadi saya hanya bisa share aja.

    BalasHapus
  2. maksih om , kami juga masih belajar dan hanya ingin berbagi pengalaman saja,
    secepatnya akan kami tangani om mungkin fans page ,dsbg ,terimakasih

    BalasHapus