Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Kamis, 14 Mei 2015

Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya


Advertisement

Jika anda belum membaca artikel sebelumnya, maka dapat dibaca pada link berikut ini

8. Swedish Snap

Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Biasanya snap jenis ini memang jarang kita temukan di beberapa toko pancing di Indonesia. Diluar Indonesia snap jenis ini lebih banyak digunakan oleh nelayan untuk memancing ikan. Cocok untuk digunakan pada air laut karena didesain dengan bahan yang kuat.

9. Italian Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Jenis snap seperti ini terlihat sangat simpel dengan penggunaannya pun yang tidak terlalu rumit. Memiliki bagian eye (bolongan) yang berguna untuk mengikatkan senar dan kawat. Cocok digunakan jika memancing dengan teknik surf casting.

10. Screw Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Snap jenis ini memiliki bagian pembuka-penutup yang melingkar sehingga akan sangat aman dan kecil kemungkinan rangkaian atau senar yang dikaitkan pada snap tersebut akan lepas. Snap jenis ini biasa terbuat dari stainless steel hitam yang sangat kuat. Sangat cocok digunakan jika ingin memancing dilaut dengan peralatan-peralatan mancing yang tergolong berat.

11. Quick Clip Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Ini merupakan jenis snap yang paling simpel dan sangat mudah digunakan dan diaplikasikan. Biasanya terdapat yang jenis snap khusus untuk air laut yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan juga untuk air tawar. Cukup menyelipkan rangkaian tanpa harus membuka dan menutup snap. Sehingga sangat mudah dan sederhana. Jika frekuensi menggonta-ganti lure dan mata kail dalam waktu cepat dan banyak, maka snap model ini sangat direkomendasikan.

12. Branch Hanger Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Mungkin snap jenis ini jarang ditemukan ditoko-toko pancing pada umumnya. Meskipun terlalu rumit pada saat menutup dan membuka snap model ini namun snap ini sangat aman dan kuat. Desain yang rumit tersebut sangat cocok digunakan di spot air asin terutama untuk fight dengan ikan-ikan besar. Biasanya ada yang langsung dipadukan dengan swivel ada pula yang tidak, namun kebanyakannya dipadukan dengan swivel.

13. Hawai Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Snap jenis ini biasanya memiliki ujung yang dapat diselipkan baik itu rangkaian maupun yang lainnya. Penggunaannya termasuk mudah untuk diaplikasikan dan cocok untuk semua spot, namun tetap harus diperhatikan untuk air asin pilihlah yang berlebel anti corrotion.

14. Mustad Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Snap seperti ini merupakan keluaran dari pabrik peralatan mancing ternama, yaitu Mustad. Hampir sama dengan Quick clip snap namun yang ini bentuknya bulat dan sangat mudah digunakan. Snap ini ada yang terbuat dari kuningan ada juga berbahan stainless steel. Sangat cocok digunakan jika frekuensi gonta-ganti lure dan kail lebih banyak.

15. Mustad Stay-Lok Snap
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Masih keluaran produksi pabrik Mustad, namun jarang ditemukan dipasaran. Terbuat dari stainless steel yang tebal sehingga sangat cocok digunakan di laut. Penggunaannya tidak sesimpel dengan snap mustad yang diatas, yaitu ujung snap yang sedikit bengkok di cabut lalu dimasukkan lagi kebagian bolongannya.

16. Mustad Fastach Lure Clips
Mengenal Snap/Peniti Dari Jenis-Jenisnya

Keluaran produk Mustad yang ini dibuat untuk memudahkan penggantian lure dalam frekuensi yang epat secara periodik. Terbuat dari bahan stainless steel dengan campuran finishing nikel. Snap ini juga termasuk dalam salah satu peralatan-peralatan pancing golongan berat yang sering digunakan untuk spot air laut. 

Pemakaian snap baik di air tawar maupun air asin biasanya memperhatikan terlebih dahulu material pembuatan snap. Jika memancing di laut, gunakanlah snap dengan bahan stainless steel yang tebal, kuat dan tahan korosi. Mengapa demikian? karena memang target ikan di laut sulit untuk ditebak terlebih jika kita fight dengan ikan yang berbobot 10 kg lebih, maka penggunaan snap yang memenuhi syarat untuk air asinlah yang baik untuk digunakan. Begitu juga dengan air tawar meski tidak harus yang memiliki spesifikasi anti korosi, namun harus diperhatikan juga bahan dan ukuran yang digunakan.

Jika kita  sering menggonta-ganti baik itu lure maupun mata kail maka direkomendasikan untuk menggunakan quick link snap dan mustad snap karena memang kedua snap ini sangat gampang dan mudah diaplikasikan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan snap pada penggunaannya baik diair asin maupun air tawar. Sekian ulasan tentang snap, semoga bermanfaat. mancing arena.com

0 komentar:

Posting Komentar