Mengenal Wire/Kawat Pancing Dari Jenis-Jenisnya

Minggu, 17 Mei 2015

Mengenal Wire/Kawat Pancing Dari Jenis-Jenisnya


Advertisement

Wire atau di Indonesia dikenal dengan kawat neklin biasanya sering digunakan untuk memancing ikan-ikan yang memiliki gigi yang sangat tajam, sehingga dengan menggunakan leader pun belum cukup. Ikan-ikan dengan naluri makan yang buas dan ganas contohnya jika di air tawar ada bawal dan air laut biasa barrakuda dan ikan todak.

Mengenal Wire/Kawat Pancing Dari Jenis-Jenisnya

A. Bahan Dan Kegunannya

Wire/Kawat ini dirancang dengan bahan yang terbuat dari stainless steel. Biasanya sebelum membeli kawat ini perhatikan dulu berapa lbs kekuatannya untuk menentukan kawat yang mana akan digunakan. Kegunaannya sudah jelas agar target ikan yang memiliki naluri makan ditambah gigi yang sangat tajam, untuk tidak memutuskan rangkaian. Sehingga pada akhirnya ikan bisa didaratkan dengan mulus. Saat ini sudah banyak modifikasi dari kawat ini mulai dari kawat tunggal tanpa serat hingga kawat dengan serat banyak yang dilapisi bahan nilon.

B. Jenis-Jenisnya

Seperti yang diutarakan sebelumnya modifikasi kawat mancing ini menjadikan kawat-kawat ini memiliki banyak variasi. berikut ini merupakan jenis-jenis modifikasi kawat-kawat ini.

1. Kawat Serat Yang Dilapisi Nylon

Mengenal Wire/Kawat Pancing Dari Jenis-Jenisnya

Ini merupakan modifikasi yang tergolong modern kawat yang utamanya biasa hanya berbahan stainless steel. Namun kawat jenis ini dilapisi dengan bahan nylon agar tidak terlihat seperti kawat murni. Memang sebenarnya kawat lapisan nilon ini cenderung agak kaku dan ditambah dengan serat nylon yang mudah tergores bila terkena gigitan ikan dan gesekan pada batu atau karang tajam. Dengan begitu kawat serat akan keluar dari lapisan nylon dan lama-kelamaan jika digunakan pada air asin serat-serat yang tergores tersebut akan berkarat dan pada akhirnya akan putus. Biasanya sering digunakan untuk mancing dasaran dengan target bobot beasr,buas dan bergigi tajam di laut.

Pada kemasan kawat yang seperti ini biasanya tertulis 1 x 7 strand dan 3 x7 strand. Semakin besar kodenya semakin banyak pula serat yang digabungkan. Kode-kode seperti ini untuk menjelaskan bahwa :

ü  1 x 7 adalah kawat yang memiliki 7 serat di gabungkan menjadi 1 bagian dengan lapisan Nylon.
ü  3 x 7 adalah kawat yang masing-masing memiliki 7 serat dengan 3 lilitan dan digabung menjadi 1. Dengan kata lain yang ini lebih kuat dibandingkan yang pertama dengan gabungan 21 serat total dan dilapisi dengan lapisan Nylon. Namun yang seperti ini sangat jarang dijumpai.

2. Kawat Serat Yang Tidak Dilapisi Nylon

Jika kawat diatas merupakan perpaduan nylon dan kawat berserat, maka yang ini merupakan kawat berserat murni tanpa adanya lapisan nylon. Kekuatannya sudah tak perlu diragukan lagi karena memang seratnya yang cukup tebal. Penggunaannya sering digunakan untuk memancing dengan teknik trolling dengan target todak, barracuda dan wahoo.

Mengenal Wire/Kawat Pancing Dari Jenis-Jenisnya

Pada kemasannya biasanya akan tertulis 49-Strand with 7 x 7 strand. Ini menandakan bahwa, Kawat berserat ini memiliki 7 serat masing-masing dalam 7 kali lilitan dan digabungkan menjadi 1. Jadi pada kawat berserat ini terdapat 49 serat total dan tidak dilapisi dengan bahan nylon. Tentunya ini menjadi sangat kuat terlebih serat yang digunakan berbahan stainless steel.

3. Kawat Stainless Tidak Berserat

Mengenal Wire/Kawat Pancing Dari Jenis-Jenisnya

Jika dua jenis diatas berserat dan ada yang dilapisi dengan nylon, maka yang ini merupakan kawat tunggal yang tidak berserat. Biasanya ukurannya kebalikan dari angka, contohnya makin kecil nomornya, maka diameter kawat makin besar. Dipasaran saat ini kawat murni ini ada yang dijual dalam bentuk kaku dan keras ada juga yang lentur dan lemas hampir seperti nylon berukuran tebal.

C. Ukuran Yang Di Jual Di Toko

Jika ingin memakai kawat maka cobalah untuk melihat spot dengan menyesuaikannya. Jika memancing dilaut maka lebih baik yang memiliki 49 strand. Jika memancing diair tawar maka bisa menggunakan stainless steel tanpa serat dengan karakter yang luntur. Untuk ukuran biasanya ada yang sudah dikemas dalam satu potongan bisa panjang 10-20 meter. Namun ada juga toko pancing yang menjual ukuran permeternya. Tergantung prefensi dan kebutuhan saja. Biasanya kawat secara umum dijual dengan beberapa kekuatan mulai dari 5 lbs- 250 lbs.


Penggunaan kawat lebih cocok jika kita ingin memancing dengan target ikan buas yang memiliki gigi-gigi yang tajam. Meski tidak wajib namun merupakan alternatif yang tepat agar ikan tetap bisa diangkat dan tidak memutuskan rangkaian. Sekian ulasan tentang wire/kawat semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya dimancing arena.

0 komentar:

Posting Komentar