Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ

Menjaga kelestarian lingkungan dengan segala habitat yang hidup di dalamnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. 

Salah satunya adalah dengan menebar benih ikan agar tetap terjaga habitatnya di alam. Kegiatan ini selain bermanfaat bagi ekosistem juga bermanfaat untuk menjalin dan memperluas silaturrahmi sesama, terutama dengan teman yang memiliki hobi yang sama. 

Hal ini lah yang sudah dilakukan oleh sebuah komunitas mancing di Jogjakarta. 

Mancing Mania Jogjakarta merupakan sebuah komunitas yang dibentuk disebuah media sosial. 

Dimana komunitas ini merupakan wadah bagi sesama pemancing untuk berbagi info, tips dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan mancing.

Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ
Komunitas MMJ 

Acara ini diadakan pada hari minggu 10 Mei 2015 yang bertempat di sebuah bendungan di jalan Samas, Bantul, Jogjakarta. 

Semua peserta terlihat sangat antusias dimana partisipasi yang sangat solid dan tinggi dari anggota komunitas menjadikan penebaran benih yang rencana awalnya 10.000 bibit menjadi 17.000 bibit ikan. 

Terdiri dari bibit ikan nila, tombro (ikan mas), lele, tawes dan bibit sidat/glass eel.

Selain tebar benih juga diadakan lomba memancing bareng berhadiah dengan 2 kategori yaitu  kategori ikan sisik dan kategori ikan non sisik. 

Lalu penilaian berdasarkan ikan terberat /1 ekornya. Dalam lomba mancing bareng ini tidak dibatasi jumlah joran yang digunakan, karena memang ini bertujuan sebagai kegiatan menjaga lingkungan dan memperkuat silaturrahmi. 

Pemenang lomba akan diberikan trophy untuk juara 1,2 dan 3 untuk setiap kategori.  Selain itu dibagikan stiker secara gratis dalam acara ini dan terdapat juga doorprize  bagi peserta yang beruntung.

Tentu kegiatan seperti ini sangat banyak manfaatnya terutama bagi kelangsungan ekosistem di perairan. 

Dimana selama ini sebagian oknum menggunakan cara-cara yang dapat merusak lingkungan untuk mendapatkan keinginannya. Selain itu kegiatan seperti ini juga dapat dijadikan ajang untuk memperluas silaturrahmi sesama. 

Sudah seharusnya bagi kita untuk terus menjaga keberlangsungan habitat dan ekosistem di lingkungan. Dimulai dari kesadaran kita sendiri hingga mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar kita.

Berikut foto-foto kemeriahan acara tebar benih oleh komunitas MMJ.

Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ

Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ


Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ


Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ


Kegiatan seperti ini tentu memiliki banyak manfaat, selain untuk melestarikan dan menjaga habitat spesies ikan, kegiatan ini juga akan menambah persaudaraan sesama teman sehobi. 

Maka alangkah baiknya jika kegiatan seperti ini dapat diadakan rutin sebulan, atau 3 bulan sekali untuk terus menjaga spesies-spesies ikan di masa yang akan datang. 

Posting Komentar untuk "Mengintip Serunya Kegiatan Tebar Benih Oleh Komunitas MMJ"