Spesies Langka, Hiu Mungil Nan Menggemaskan

Minggu, 03 Mei 2015

Spesies Langka, Hiu Mungil Nan Menggemaskan


Advertisement

Mancingarena.com - Membayangkan ikan hiu tentu yang tersirat pertama kali dibenak kita adalah hal yang paling horror. Hal ini di karenakan yang terpikir adalah gambaran Hiu ganas dan tajam giginya tersebut. Namun bagaimana jika hiu tersebut terlihat sangat imut, mungil dan lucu. Ini merupakan fenomena nyata dimana seekor hiu mungil yang ditemukan oleh seorang ilmuan hanya berukuran kecil sekitar 5,5 inchi dan memiliki bobot sekitar setengah ons. Hiu ini dikenal dengan nama Nipper Saku. Hiu ini ditemukan pertama kali oleh seorang ilmuan di Meksiko pada tahun 2010 dan telah diawetkan untuk penelitian yang lebih jauh. Hiu ini hampir menyerupai ikan paus, "Seperti ikan paus kecil," kata Ahli Biologi dari Universitas Tulane, Michael Doosey.
Spesies Langka, Hiu Mungil Nan Menggemaskan

Hiu kecil yang ditemukan ini merupakan spesies yang teramat langka dan baru diketahui sedikit saja oleh para peneliti. Selama ini para peneliti baru menemukan dua species Hiu mini. Pertama kali spesies ini muncul pada sekitar 36 tahun yang lalu di Teluk Peru, Samudera Pasifik. Lalu di bekukan dan disimpan di dalam salah satu mesium di Rusia, sedangkan spesies kedua ditemukan pada tahun 2010 di Meksiko. Pada spesies ini, ilmuan yang meneliti menemukan hal baru yang unik dan aneh. Spesies kedua berupa Hiu jantan sepanjang 14 cm ini, peneliti menemukan organ yang dapat menciptakan cahaya bernama photophores. Organ ini tidak ditemukan pada spesies pertama yang berjenis kelamin betina.

Jika memang hiu betina tidak memiliki photophores, berarti organ bercahaya tersebut digunakan oleh hiu mini jantan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Namun belum dapat dipastikan apakah memang begitu adanya, Karena para ilmuan ini belum cukup data untuk mendeskripsikannya.

Hal yang membuat linglung para ilmuan yang meneliti spesies ikan ini adalah penemuannya di lokasi yang berbeda. Dimana yang berkelamin jantan ditemukan di pesisir pantai Peru sedangkan yang jantan di temukan di Teluk Meksiko.

Penemuan hiu imut nan menggemaskan ini masih banyak menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Hal ini dikarenakan spesies hiu ini masih dalam tahap penelitian untuk mendeskripsikannya secara lengkap dan jelas. Tentu membutuhkan data yang sangat lengkap dan spesifik tentunya. mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar