Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Selasa, 19 Mei 2015

Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Admin

Advertisement

Meski terlihat menjijikkan banigi sebagian orang, namun jangan salah jika daging belut menyimpan banyak gizi . Dagingnya pun bisa diolah untuk berbagai masakan yang enak dan gurih. Tak jarang belut juga digunakan untuk umpan memancing lele galatama. Belut merupakan ikan air tawar dengan daya tahan yang tinggi meski berada dalam kondisi oksigen dan air yang rendah namun ikan ini masih bisa lincah.

Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Belut termasuk dalam ikan pemakan daging, cacing, ikan-ikan kecil dan organik-organik kecil lainnya dalam tanah sering dijadikan makanan bagi belut. Giginya yang lumayan tajam begitu mudah untuk mengoyak-ngoyak tubuh makananannya.

A. Kenali Tempat Dan Habitat Hidup Belut

Sebelum mencoba untuk memancing belut tentu kita harus mengerti bagaimana karakter tempat tinggal atau habitat daripada belut ini. Belut dengan ukuran kecil biasa sering berada disawah dan selokan irigasi dipinggir sawah. Untuk belut dengan ukuran lumayan biasanya dapat dijumpai dipinggir sungai dan di danau. Belut besar cenderung mencari tempat yang lebih luas untuk mendapatkan makanan sesuai dengan ukurannya. Jika sedang berkembang biak biasanya akan mencari tempat yang lumayan dangkal. 

Belut biasanya akan membentuk lubang-lubang seukuran tubuhnya agar mudah untuk mendapatkan makanan. Berikut ini beberapa kriteria dari lubang belut.

ü  Lubang yang dibentuk oleh belut sedikit terdapat air jika berada dipinggir sungai dan irigasi sawah. Namun jika musim kemarau lubangnya agak berlumpur.
ü  Biasanya belut jika tidak diusik akan sering muncul dan masuk kedalam. Jika memancingnya maka belut ini akan berusaha mendapatkan umpan yang kita beri dengan mencoba meraihnya kepermukaaan.
ü  Bentuk lubang belut biasanya bulat dan curam kedalam dengan permukaan atas yang sedikit becek berlumpur. Bagian pinggir lubang telihat bersih dan rata.

B. Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

1. Senar

Memancing belut tidak seperti memancing pada umumnya, cukup menggunakan senar tanpa harus menggunakan joran dan reel. Cukup cari lubang yang berpotensi adanya belut lalu mainkan umpan dengan tangan kosong. Gunakanlah senar sepanjang 1 meter atau lebih tergantung selera dan kenyamanan tangan. Belut memiliki ketajaman gigi yang lumayan, maka sarannya gunakan wire/kawat neklin stainless steel tunggal yang lembut (bisa baca disini jika belum ngerti). Jika tidak menggunakan leader dengan kata lain ingin membuat rangkaian lepas atau glosoran maka lebih baik senar dililit dengan 3 lilitan hingga dirasa cukup kuat dengan gesekan gigi tajam belut. Untuk senar bisa menggunakan mono dan multifilamen. Namun kebanyakan pemancing belut menggunakan mono yang dililit dengan 3 bagian kuat.

2. Kail

Jenis kail yang baik untuk belut adalah berbahan stainless steel tebal. Ujung pointnya usahakan yang memiliki ketajaman yang cukup bagus. Misalnya Gamakatsu, Owner, Daichi, Mustad dll. Hal ini untuk menghindari bengkoknya kail jika strike belut babon. Untuk ukuran pilihlah ukuran sedang dari nomor 4-7 tergantung target juga.

3. Umpan

Karena belut merupakan ikan karnivora tentu umpan yang digunakan umpan alami hidup. Bisa menggunakan cacing tanah, anakan katak, daging siput (pecahkan dulu cangkangnya), uret (ulat tanah), ulat pisang, dll. Jika ingin mencoba yang lumayan manjur, cobalah menggunakan kuning telur terutama telur bebek yang busuk. Lalu ambil kapas dan kaitkan pada mata kail, ikat sedikit agar tidak lepas. Lalu masukkan kedalam kuning telur tesebut sebelum disuguhkan kepada belut.

C. Cara Memancing Dan Mendeteksi Keberadaan Belut

Carilah lubang belut pada permukaan dan komposisi tanah yang lembut, liat, tak gembur gampang digali, becek. Yang paling penting tidak ada kandungan pasir pada tanah tersebut. Selain itu disekitarnya terdapat tumbuh-tumbuhan misalkan disawah ada tanaman padi, didanau dan rawa ada kangkung, teratai dll. Jangan sampai salah untuk menentukan lubang, bisa-bisa malah lubang ular. Lubang ular biasanya diatasnya terdapat genangan air.

Tips Dan Cara Jitu Memancing Belut Yang Paling Ampuh

Jika sudah memastikan lubang yang didiami oleh belut dan disekitarnya terdapat banyak tumbuh-tumbuhan maka terlebih dahulu di bersihkan. Belut yang sudah dipastikan tempatnya akan cendurung muncul dan masuk kembali kedalam. Masukkan umpan yang telah ditancapkan pada mata kail. Usahakan agar umpan dibuat gerakan alami seperti naik turun kedalam lubang dan diputar-putar agar belut tertarik. Jika sudah digigit pastikan umpan dan kail benar-benar menancap dengan baik pada mulut belut. Tandanya yaitu umpan akan diusahakan belut masuk kedalam dengan tarikan yang sangat kuat. Pada saat itu biasa belut sudah melahap umpan dan siap untuk didaratkan. Tarik perlahan-lahan dengan memanfaatkan momentum dan jangan biarkan belut berusaha untuk masuk sedalam mungkin kelubangnya.

Demikian beberapa tips dan cara memancing belut yang ampuh. Memancing belut merupakan seni tersendiri dalam memancing tanpa menggunakan alat bantu sepeerti reel dan joran saat tarik ulur dengan tangan kosong. Sekian semoga ulasan memancing belut ini bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya dimancing arena.


1 komentar:

  1. makasih banget gan untuk cara mancing belut nya ini sangat manjur sekali saya udah mencobanya

    BalasHapus