Tips Dan Teknik Dasar Mancing Galatama Yang Wajib Diterapkan Pemancing

Kamis, 28 Mei 2015

Tips Dan Teknik Dasar Mancing Galatama Yang Wajib Diterapkan Pemancing


Advertisement

Mancingarena.com - Bagian ini merupakan lanjutan dari tips dan teknik galatama. Pada bagian ini akan dijelaskan secara rinci teknik dasar galatama yang telah  diterapkan dari beberapa master galatama di Indonesia. Semoga dengan adanya masukan dan tips dari artikel ini dapat membantu teman-teman yang ingin mencoba teknik mancing galatama. Jika anda ketinggalan dengan pembahasan sebelumnya, maka dapat menuju link sebelumnya melalui tautan berikut. 

C. Teknik Dasar Yang Sering Dilakukan Pemancing Galatama
Tips Dan Teknik Dasar Mancing Galatama Yang Wajib Diterapkan Pemancing

1. Melempar Umpan

Dalam kolam galatama tentu akan sangat sulit menentukan dimana titik potensial ikan berada, karena ikan yang cukup banyak tentu akan bermain dimana saja. Namun biasanya pada kondisi kolam dengan tengah-tengahnya dibuat sirkulasi air mengalir, maka bagian tengahlah ikan yang akan berkumpul karena ikan cenderung memaksimalkan air yang banyak mengandung kadar oksigen yang tinggi. Untuk lemparan pertama sampai ketiga biasanya untuk memastikan terlebih dahulu posisi ikan berkumpul. Jika menggunakan pelampung maka bisa memainkan stopper sejauh mana ikan biasanya presentasi ikan akan memakan umpan. Jika sudah tepat maka jangan turun dan naikkan lagi posisi stopper.

2. Mendeteksi Gerakan

Pada rangkaian pancing glosor cara paling mudah untuk mendeteksi sambaran ikan adalah dengan menegangkan senar didalam air. Ketika senar terlihat bergerak turun langsung dan turun secara perlahan sudah dapat disentak. Harus diingat bahwa galatama dibatasi oleh waktu maka pastikan waktu menyentaknya tepat, jangan sampai kail tertancap lebih dalam sampai kedalam perutnya dan jangan sampai juga kail tidak tertancap dengan benar sehingga ikan lepas saat fight. Rangkaian yang menggunakan pelampung biasanya memiliki kriteria tersendiri. Untuk penjelasan detailnya dapat dibaca melalui link berikut ini.

3. Mengangkat Ikan

Saat fight berlangsung usahakan agar senar tetap dalam keadaan tegang untuk menghindari lepasnya ikan dari mata kail. Usahakan agar kepala ikan pada posisi diatas saat senar ditarik, jika menukik kebawah maka tetap tegangkan senar. Saat ikan sudah terlihat maka segera menggunakan jaring serokan yang telah disediakan.

4. Melepaskan Mata Kail

Setelah diangkat biasanya pada ikan yang kurang menancap kail dimulutnya, ikan akan langsung lepas dengan sendirinya pada saat sudah didaratkan. Jika tidak maka segeralah untuk memegang bagian kepala atau perutnya dengan tangan kiri. Lalu tangan kanan bergegas mencabutnya. Pada lele dan patin hati-hati dengan patil yang berada pada sirip kiri dan kanannya.

5. Meracik Umpan.

Bagian yang tidak kalah penting adalah meramu umpan. Sesuaikan umpan dengan peratturan dan kesepakatan dari masing-masing peserta. Buatlah umpan ramuan 2-4 jenis umpan agar bisa digonta-ganti jika memang salah-satunya tidak ampuh.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kolam galatama memang sangat bergantung pada peraturan yang dibuat oleh pemilik lapak dan kesepakatan dari masing-masing peserta. Belajar dari pengalaman adalah hal yang bisa meningkatkan keahlian kita jika ingin menjadi master galatama. Cobalah untuk memancing galatama dengan variasi ikan yang berbeda setiap bulannya. Sekian ulasan tentang Tips Dan Teknik Dasar Mancing Galatama Yang Wajib Diterapkan Pemancing. mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar