Tips Memilih Rod/Joran Yang Baik Dan Benar

Selasa, 26 Mei 2015

Tips Memilih Rod/Joran Yang Baik Dan Benar


Advertisement

Mancingarena.com - Joran merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan kita saat memancing. Sebagai salah satu indikator dalam memancing tentu kita harus mengerti dan perlu tahu bagaimana seharusnya untuk menentukan joran tersebut cocok atau tidaknya dalam memancing. Bisa kita bayangkan bagaimana jika kita memancing di laut namun hanya dengan joran seadanya. Sementara target yang kita ingin dapatkan adalah ikan ganas berukuran 10 kg ke atas. Maka yang terjadi adalah joran patah dan ikanpun akan pergi jauh luput dari mata. Hal-hal seperti ini tentu akan sangat disesalkan hanya karena masalah joran yang dipilih tidak cocok dengan spot. Berikut ini merupakan sedikit tips bagaimana memilih joran yang baik dan benar. Untuk detail dari jenis-jenis joran sesuai dengan teknik mancing dapat dibaca detailnya melalui link ini.

Tips Memilih Rod/Joran Yang Baik Dan Benar

Pertanyaan seputar pemilihan joran yang baik memang selalu saja muncul, terutama bagi pemancing yang masihh sangat awam untuk menentukannya. Pada dasarnya setiap produsen joran akan membuat spesifikasi yang menarik bagi calon pembeli. Namun perlu diketahui bahwa setiap joran memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu jangan sampai salah hanya karena berpatokan pada tulisan yang tertera pada kemasan joran. Oleh karena itu kami memiliki beberapa tips untuk anda


A. Berikut ini beberapa tipsnya :
  1. Pilihlah joran sesuai dengan teknik memancing, meskipun ini tidak wajib. Namun lebih baik diterapkan sebelum menentukan ingin memakai joran sesuai dengan teknik mancing. Misalnya untuk surf casting (mancing pasiran), maka lebih baik gunakan joran yang memiliki kriteria tersebut. Untuk ciri-cirinya dapat dibaca disini. Begitu juga sebaliknya untuk casting, popping, jigging trolling dll. Pilihlah sesuai dengan masing-masing teknik mancing. Sekali lagi ini memang tidak wajib namun sangat disarankan.
  2. Pilihlah joran sesuai dengan spot yang ingin dituju. Misalnya seperti spot dilaut yang memiliki ikan-ikan besar tentu joran juga harus yang berkekuatan besar pula. Begitu juga sebaliknya jika memancing di air tawar pun sesuaikan dengan kondisi. Dari panjang, bahan dan material harus seluruhnya disesuaikan dengan kondisi spot yang ingin dituju.
  3. Pilihlah joran sesuai dengan reel yang digunakan. Jika menggunakan spinning reel maka pilihlah joran dengan tipe underhead reel. Begitupun sebaliknya jika memilih baitcasting reel maka gunakanlah joran dengan overhead reel.
  4. Tentukan panjang joran dengan spot dan teknik yang akan digunakan. Jika memancing pasiran, popping dan casting tentu panjangnya bisa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing teknik tentunya. Begitu juga dengan spot, misalkan spot air tawar dengan banyak semak belukar dan dengan ranting-ranting kayu. Menggunakan joran yang panjang tentu akan menyusahkan diri nada sendiri dengan joran yang cukup panjang.
  5. Diameter blank joran biasanya akan menyesuaikan dengan panjang joran. Semakin panjang joran yang dipilih semakin besar diameter pangkalnya. Maka pilihlah sesuai kebutuhan jika ingin nyaman menggunakan joran saat sedang mancing.

B. Beberapa Poin Penting Lainnya Sebelum Memilih Joran

1. Bahan-Bahan Joran

Untuk bahannya tergantung dari selera masing-masing tentunya. Ada kelebihan ada juga kekurangan pada setiap material pembuatan joran. Misalnya, jika memilih joran dari bahan graphite/carbon kelebihannya terletak pada bobotnya yang ringan dan sangat elegan. Namun joran carbon tentu juga gampang patah, jika berniat memilih joran berbahan carbon pilihlah dengan kualitas medium-heavy. Begitu juga sebaliknya memilih joran berbahan fiber kelebihannya pada kekuatan joran dan tahan lama. Namun sayang joran ini sangat berat bobotnya. Sehingga jika memancing dengan teknik casting, popping, jigging tentu akan sangat cepat membuat tangan lelah. Jika anda ingin memilih joran dengan blank kuat namun ringan, cobalah untuk memilih joran dengan blank carbon solid, karena blank seperti ini memiliki material padat sehingga memiliki kekuatan yang besar.

2. Ring Guide Dan Reel Seat

Ring Guide adalah kolongan yang berbentuk cincin yang tereletak pada joran untuk memuluskan keluar masuknya senar. Untuk saat ini banyak joran yang menggunakan bahan keramik dan itu sudah baik. Namun juga keramik tersebut gampang pecah dan patah. Maka jika ingin kolongan cincin yang bekualitas pilihlah yang memiliki brand FUJI. Sangat tidak disarankan untuk memilih joran dengan kolongan yang berbahan plastik dan besi karena akan membuat senar gampang lecet dan putus. Untuk reel seat biasanya setiap joran sudah menyediakan reel seat dari masing-masing merek. Namun jika anda memiliki dana sedikit lebih maka anda bisa melkukan modifikasi dengan menambahkan Fuji reel seat. 

3. Sambungan Dan Teleskopik

Ini merupakan selera dari masing-masing pengguna. Jika memilih menggunakan joran dengan jenis teleskopik maka akan lebih mudah untuk dikemas dan dibawa kemana-mana, karena memang joran teleskopik ini bisa dipendekkan menjadi satu bagian pendek. Jika memilih menggunakan joran dengan satu bagian (one piece), dua bagian (two piece) dan tiga bagian (three piece), tentu jika dibawa kemana-mana tidak segampang mengemas joran teleskopik. Namun joran jenis ini terlihat sangat elegegan di mata. Semuanya kembali pada selera masing-masing ingin memilih yang teleskopik, sambungan atau tanpa sambungan sama sekali.

4. Handle Dan Grip

Untuk handle biasa tergantung dari teknik mancing yang digunakan. Handle memiliki 3 kriteria dasar yaitu :
  • Handle Pendek, Sering digunakan untuk single-hand casting (casting dengan 1 tangan).
  • Handle Medium, Sering digunakan untuk single-hand casting tapi posisi ujung jorannya lebih panjang, ini berfungsi membantu kita untuk menahan beban joran, terutama saat fight dengan ikan.
  • Handle Panjang, Sering digunakan untuk double-hand casting (casting dengan 2 tangan). Biasanya untuk mancing pasiran dimana joran ini memiliki pangkal yang lebih panjang dibandingkan yang lain.

5. Action Joran

Untuk action joran biasanya ada yang slow, medium dan fast action. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan karakter joran yang cocok digunakan pada beberapa teknik mancing. Untuk lebih detailnya bisa dibaca disini.

6. Lure Weight

Lure weight ini biasanya sudah tercantum pada joran. Joran spinning dan bait casting biasanya akan tertulis berapa maksimal bobot lure yang dapat digunakan saat menggunakan joran tersebut. Maka pilihlah joran dengan kriteria bobot lure yang akan digunakan. Gunanya menggunakan joran dengan bobot lure yang tepat, lontaran lure akan menjangkau spot yang diinginkan.

Semua pilihan joran tentu tergantung dari prefensi dan selera masing-masing. Pilihlah Joran yang sesuai dengan kebutuhan mancing baik itu sesuai spot, jenis ikan target, dll. Sekian ulasan tentang tips memilih joran yang baik dan benar, semoga bermanfaat. mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar