Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung

Selasa, 12 Mei 2015

Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung


Advertisement

Mancingarena.com - Momen yang dapat membuat membuat hati dag-dig-dug sekaligus geregetan adalah ketika rangkaian pancing dengan menggunakan pelampung bereaksi dengan cepat. Dimana pada saat itu pelampung bergerak tak menentu arah, rasa geregetan dan segera ingin menyentaknya pun timbul sendiri. Terkadang kita tidak sabar dengan proses gerakan pelampung tersebut, sehingga dengan gamblangnya langsung menyentak pancingan. Kadang memang membuahkan hasil, namun tidak sedikit pula yang membuat hasil akhirnya adalah zonk. Momen yang awalnya membuat geregetan akhirnya berubah menjadi kesal dan putus asa. Mungkin ulasan ini akan memberikan sedikit gambaran bagaimana pola tingkah laku ikan dengan melihat gerakan pelampung. Meskipun tidak menggambarkan sepenuhnya tingkah laku ikan seperti yang ada pada ilustrasi, namun sedikitnya gerakan-gerakan di bawah ini merupakan gerakan pelampung yang terlihat pada umumnya. Ketepatan dan insting yang baik saat mengambil keputusan untuk melakukan sentakan pada pancingan akan membuahkan hasil yang menyenangkan.
Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung

Perlu diketahui berbeda jenis dan ukuran ikan akan sangat mempengaruhi karakter dan gerakan pelampung. Biasanya pada ikan-ikan kecil umpan hanya disentuh sehingga pelampung hanya bergerak-gerak sedikit. Di lain kejadian ikan berukuran besar dengan naluri makan yang rakus akan cenderung membawa lari umpan dan pelampung bisa saja tenggelam tak menentu.

Berikut ini merupakan gambaran umum yang biasanya terjadi pada saat pelampung bergerak. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak selamanya juga pelampung akan menunjukkan reaksi seperti yang terlihat pada gambar. Misalnya pada air yang berarus mungkin reflek dan gerakan pelampung akan berbeda. Namun jika ada kejadian dan reaksi pelampung seperti yang terlihat pada gambar tidak ada salahnya jika kita mencoba tipsnya.

1. Karakter Ikan Yang Memakan Umpan Secara Pelan
Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung
Gerakan Naik-Turun  Pelampung Pelan
Ini merupakan gerakan pelampung yang sangat susah untuk dideteksi. Mengapa Demikian ? Biasanya pemancing akan terlihat gugup untuk menentukan kondisi pelampung yang seperti ini. Tanda-tanda paling gampang adalah pelampung bergerak naik turun dan bergeser sedikit. Biasanya pada kondisi seperti ini ikan hanya mencuil-cuil umpan dan hanya karena ada gerombolan banyak lalu bersama-sama secara iseng mencoba mengeroyok umpan. Pada dasarnya ikan yang seperti ini tidaklah terlalu lapar dan berminat untuk mendapatkan makanan.

Jika mendapat makananpun biasanya akan dimuntahkan kembali dari mulutnya. Maka sarannya adalah jangan ragu-ragu jika memang sudah pas langsung disentakkan saja ujung joran. Kemungkinan juga ikan tidak terkena di mulutnya, jika seperti ini bisa di bagian badan maupun di bawahnya. Jika memang sering mengalami hal seperti ini maka perlu pengawasan yang intens, usahakan agar pandangan terus ke pelampung agar momentum gerakannya tidak hilang begitu saja. Ini juga berguna untuk menentukan sentakan yang tepat jika memang ingin menyentaknya.

2. Karakter Ikan Yang Memakan Umpan Secara Brutal Dan Rakus
Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung
Gerakan Pelampung Naik-Turun Secara Cepat
Mungkin karakter ikan yang seperti ini bisa membuat hati riang gembira. Bagaimana tidak, gerakan pelampung yang naik turun lalu menyemplung kedalam air bagaikan torpedo. Kemungkinan besar ikan telah melahap umpan seluruhnya sehingga kail telah menancap dengan baik. Biasanya kejadian seperti ini terjadi ketika ikan berukuran sedang hingga besar yang memakan umpan. Biasanya memang ikan besar cenderung rakus, meski tidak semua begitu.

Tidak menutup kemungkinan juga ikan ukuran kecil seperti Bawal dan Mangar bisa melakukan hal seperti ini. Karena memang kedua ikan tersebut termasuk rakus dan kasar jika memakan umpan. Namun jangan beranggapan bahwa ini sudah 100% ikan bakal didaratkan dengan mulus. Bisa saja hal-hal yang terjadi ketika kita fight, seperti kail yang terlepas karena tidak menancap terlalu baik, senar putus hingga kail menjadi bengkok. Maka kondisikanlah dengan baik saat melakukan perlawanan dengan ikan, terutama yang berukuran besar.

3. Karakter Ikan Setelah Memakan Umpan Lalu Naik Ke atas
Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung
Pelampung Teseret Kiri-Kanan
Karakter ikan seperti ini biasanya langsung menjauh dari titik awal lemparan umpan. Setelah memakan umpan dan kail tertancap di mulutnya, ikan langsung lari dari titik umpan yang dimakan. Cara menandakannya sangat gampang biasanya pelampung tidak tenggelam namun mengambang dan bergerak secara cepat. Kemungkinan besar ini merupakan ikan dengan ukuran besar dan tergolong brutal. Contohnya seperti Bawal dengan ukuran besar, maka dalam kondisi seperti ini presentasi mengangkat ikan juga besar. Namun lagi-lagi kemahiran kita dalam memainkan joran, senar dan reel juga sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Sarannya jika dalam kondisi seperti ini ditambah ukuran ikan yang cukup besar dengan perlawanannya yang sengit, maka cobalah untuk tarik ulur sampai ikan kewalahan. Jangan langsung mendrag ikan secara full karena bisa jadi senar akan putus.

4. Karakter Ikan Yang Memakan Umpan Lalu Secara Cepat Menjauh
Tips Mudah Memancing Ikan Dengan Mendeteksi Gerakan Pelampung
Pelampung Menyelam Dengan Cepat
Kondisi seperti ini biasanya terjadi secara tiba-tiba, bisa saja pada saat awal menyemplungkan umpan ke dalam air ikan sudah langsung dengan ganasnya memakan umpan. Tanda-tandanya pun sangat gampang dideteksi dimana pelampung langsung menyemplung secara tiba-tiba dan tak terlihat lagi. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada ikan yang memiliki naluri brutal dan ganas saat makan. Kemungkinannya adalah ikan memamakan umpan lalu lari sejauh mungkin dan bisa juga ikan berusaha untuk meloloskan diri dari tancapan kail dimulutnya. Namun terkadang hal seperti ini juga tidak sepenuhnya karena ikan memakan umpan, tetapi bisa saja secara tidak sengaja kail menancap ditempat selain mulutnya. Sehingga ikan berusaha dengan keras meloloskan diri dari jeratan kail. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya jangan gegabah saat fight dengan ikan. Karena hal yang tidak diinginkan seperti lepas saat fight tentu membuat kita kesal. Maka cara terbaik adalah seperti cara nomor 3 yaitu tarik ulur secara pelan-pelan.

Demikianlah beberapa tips mudah memancing ikan degan mendeteksi gerakan pelampung. Tentu karakter di atas hanya beberapa saja dari begitu banyaknya karakter ikan yang memakan umpan. Namun tips dari kami tentu tak salah untuk dicoba karena memang hal ini merupakan pengalaman pemancing pada umumnya. Sekian ulasan dari kami semoga bermanfaat. mancingarena.com

1 komentar:

  1. Terimakasih Atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com

    BalasHapus