10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Senin, 08 Juni 2015

10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar


Advertisement

Siapa bilang ikan air tawar tidak bisa menandingi ukuran dari ikan-ikan laut. Bukti sudah ada bahwa tidak sedikit juga ikan-ikan air tawar yang memiliki bobot sampai ratusankg seperti ikan-ikan air laut. Selain ukuran dan bobotnya yang lebih besar, naluri makannya pun tak kalah agresif dengan ikan-ikan predator laut. Berikut ini merupakan 10 daftar ikan-ikan raksasa air tawar yang berukuran besar seperti ikan laut.

1. Giant Snakehead


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Bagi para castinger dengan froggy mungkin ikan ini sudah sering didengar. Di Indonesia sendiri dikenal dengan sebutan ikan Gabus dan ikan Tomman namun ini hanya 2 nama umum yang sering di sebut di Indonesia. Dalam istilah asing dikenal dengan snakehead fish karena bentuk kepalanya yang menyerupai seekor ular. Meskipun sering disebut dengan nama gabus dan tomman, namun sebenarnya ikan ini memiliki 30 jenis spesies yang berbeda-beda.

Penyebaran ikan ini sangat luas bisa ditemukan dibeberapa benua mulai dari Afrika, Eropa, Amerika dan Asia. Namun aslinya ikan ini memang berasal dari Asia Tenggara. Ikan ini dapat mencapai bobot maksimal sekitar 1 meter. Ciri-ciri khusus ikan ini tentu terletak pada kepalanya dan garis-garis pada tubuhnya. Selain itu memiliki gigi-gigi yang sangat tajam sehingga merupakan ikan karnivora pemakan daging. Ikan ini akan sangat ganas apabila saat sedang menjaga telur-telurnya.

Ikan ini akan mengambil nafas dengan muncul kepermukaan dengan menggunakan labirin. Dengan mengangkat kepalana kepermukaan maka ikan ini dapat mengambil oksigen kemudian langsung kembali menyelam sehingga oksigen langsung masuk kepembuluh darah dan mengalir ke kandung kemih yang terdapat organ ganda yang fungsinya hampir mirip paru-paru. Sehingga tak aneh jika ikan ini mampu bertahan pada kondisi tempat yang hanya mengandung lumpur dan sesekali berjalan diatas permukaan kering untuk mencari tempat yang berair. Di Asia Tenggara sendiri ikan ini bisa dikatakan berkembang dengan baik, meskipun perburuannya tetap berlangsung. Namun jika perburuan yang tak terkendali tak menutup kemungkinan ikan ini juga akan punah dengan sendirinya.

2. Giant Carp


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang satu ini mungkin tak asing bagi penikmat teknik mancing galatama. Ikan ini sering disebut di Indonesia dengan nama ikan Mas. Habitat terbesarnya adalah di Asia Tenggara dan sudah menyebar hingga kebagian Amerika. Uniknya ikan ini terdapat dalam sebuah ukiran candi di Angkor, Kamboja. Bahkan di Kamboja sendiri ikan ini merupakan ikan nasional. Entah apa maksud dari ukiran candi yang terdapat di Kamboja tersebut. Habitat ikan mas ini biasanya di sungai-sungai dan akan bergerak secara musiman untuk melakukan pemijahan hingga pembiakan.

Ukuran ikan Mas ini dapat mencapai 330 kg dengan panjang 3 meter lebih. Ikan Mas ini termasuk dalam ikan herbivora pemakan tanaman meski ukurannya yang begitu besar. Ikan ini juga sangat sensitif dengan kondisi air yang tercemar dan kekurangan oksigen. Oleh karenanya maka sungai-sungai yang jadi jalan pencemaran limbah-limbah pabrik akan membuat ikan ini menjadi punah. Di Asia Tenggara sendiri ikan ini sering dikonsumsi karena tekstur dagingnya yang lembut dan gurih. Di Indonesia juga telah banyak yang membudidayakan ikan ini di kolam-kolam ternak.

3. Taimen


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang termasuk dalam keluarga Salmonid seperti Salmon dan Trout merupakan ikan yang habitatnya terdapat di perairan tawar Rusia dan Mognolia. Ikan ini sering dijuluki dengan ''serigala sungai'' karena ganasnya ikan ini disaat memburu mangsanya yang tengah berkumpul dalam jumlah yang besar didalam air. Ciri-ciri utama dari ikan ini adalah memiliki kepala yang berwarna abu-abu kehijauan dan memiliki badan berwarna coklat kemerahan.

Ikan raksasa air tawar yang dapat mencapai panjang 2,13 meter lebih dengan bobot bisa sampai 105 kg ini merupakan ikan karnivora yang memangsa apa saja bak itu hewan laut maupun hewan yang hidup didarat seperti burung dan bebek. Bahkan ikan ini mampu menelan mangsa yang berukuran lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri. Penyebarannya dimulai dari pantai Pasifik Rusia hingga keseluruh Mongolia.

Uniknya ikan ini sangat dihormati oleh kaum Budha di wilayah Mongolia, karena dianggap sebagai anak dari roh sungai kuno. Sampai saat ini belum ada UU yang menyatakan bahwasanya ikan ini dilindungi, sehingga sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 2000 ekor ikan Taimen ini ditangkap dengan ukuran 66 cm. Namun karena kelanjutan perburuannya pemerintah setempat berusaha untuk mencari jalan agar ikan ini dapat bertahan dari kepunahan karena perburuannya. Meskipun begitu tetap saja belum ada UU yang memastikan ikan ini dapat bertahan lama.

4. Chinese Paddle Fish


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang sering dikenal denggan nama "Chinese Swordfish" ini adalah salah satu spesies ikan air tawar yang masuk dalam kategori ikan-ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini hanya dapat di temukan di sungai Yangtze, Cina karena merupakan salah satu dari 140 spesies saja. Selain itu ikan ini juga sering dijuluki dengan ikan air tawar terjelek dari segi fisiknya. Di Cina ikan ini dianggap sebagai ikan air tawar terbesar yang dapat mencapai 450 kg beratnya. Namun sayangnya sampai dengan saat ini, ikan ini diduga telah punah.

Terdapat 2 jenis spesies ikan Paddlefish didunia yaiut, American paddle fish dan Chinese Paddlefish. Perbedaannya keduanya terletak pada moncong Chinese Paddlefish yang cenderung lebih panjang dibandingkan American Paddlefish. Selain itu American Paddlefish hanya dapat ditemukan di perairan air tawar di Texas, AS. Ikan yang memiliki bagian moncong depan hampir seperti belalai gajah ini merupakan ikan yang dilindungi. 


Keberadaannya sudah di deteksi sejak perburuannya dimulai pada tahun 1950. Perburuan ikan ini yang begitu tajam sehingga pemerintah Cina menjadikan status ikan ini dilindungi pada tahun 1983. Menurut sebuah laporan yang beredar penampakan terakhir ikan ini adalah pada tahun 2007 dimana seekor ikan Chinese Paddle yang mencapai 250 kg beratnya, terlihat dalam kondisi yang telahh mati akibat pemancingan ilegal di sungai Yangtze.

5. Arapaima Gigas


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Termasuk dalam kategori ikan raksasa air tawar, karena ukurannya bisa berbobot sampai dengan 200 kg dengan panjang 3 meter ke atas. Ikan ini biasanya akan bernafas langsung menghirup udara dari permukaan air. Hal ini ditandai dengan sering munculnya ikan ini ke permukaan setiap 5-20 menit sekali. Arapaima Gigaz merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon dan juga termasuk dalam kategori ikan air tawar yang di lindungi. Namun meskipun dilindungi penangkapannya pun tak dapat di batasi dengan mudah, karena penduduk sekitar Amazon yang sering menangkap ikan ini dan dijadikan ikan konsumsi.

Arapaima Gigaz merupakan ikan yang termasuk dala kategori ikan karnivora pemakan daging. Biasanya ikan-ikan kecil dan hewan-hewan air lainnya sering menjadi mangsanya. Hal yang unik dari Arapaima ini adalah pada ikan yang berumur dewasa ikan ini memiliki lidah yang mencapai 15cm dan bertulang. Bahkan penduduk setempat menggunakannya sebagai amplaz untuk menghaluskan kayu, karena permukaannya yang kasar dan keras.

6. White Sturgeon


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan yang habitat terbesarnya di wilayah Pasifik Amerika Utara, Teluk Alaska dan California ini termasuk salah satu yang terbesar di air tawar. Rekor yang pernah dicapai dari penangkapan ikan ini adalah dengan berat 300 kg dan panjang sekitar 4,5 meter. Sebenarnya ini masih dibawah ukuran maksimalnya yang dapat mencapai bobot sekitar 680 kg dengan panjang 6 meter lebih. Ikan ini diklaim dapat hidup hingga 100 tahun lamanya.

Ikan ini hampir mirip dengan ikan hiu dimana warna punggungnya adalah abu-abu muda ditambah dengan garis-garis kecil berwarna putih sehingga dinamakan white sturgeon. Unikanya ikan ini tak memiliki lidah namun memiliki indera perasa yang dinamakan dengan ''Barbell'. Ikan ini bisa hidup diair tawar dan air payau sehingga dapat ditemukan juga di muara sungai. Makanannya adalah ikan-ikan kecil , udang, kerang dan hewan-hewan kecil lainnya didalam air. Karena tidak memiliki gigi, biasanya ikan ini akan menghisap makanannya.

Ikan white Sturgeon ini mulai diburu besar-besaran pada akhir 1800-an dan mulai diberlakukan UU perlindungan bagi ikan ini pada tahun 1900-an. Meskipun telah ada perlindungan namun masih dilegalkan dengan beberapa peraturan untuk tetap terjaga dari kepunahannya.

7. Giant Mekong Catfish


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan ini masih termasuk dalam keluarga ikan lele (catfish). Dinamakan dengan Mekong Catfish karena habitat aslinya dari aliran sungai Mekong. Dimana alirannya melewati  Cina dan Asia Tenggara, khususnya Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam. Ikan ini bobotnya bisa mencapai 330 kg dengan panjang sampai 3,1 meter lebih. Pada tahun 2005 nelayan di Thailand pernah menangkap dan mengukur ikan ini dengan berat mencapai 290 kg dengan panjang sekitar 2,8 meter.

Hebatnya ikan ini adalah bisa berenang di air laut, karena menurut penelitian sebagian ikan ini menghabiskan hidunpnya di laut. Mekkng Catfish dapat berenang sejauh 1000 km dari laut Cina Selatan hingga ke sungai Mekong untuk melakukan pembiakan. Mekong Catfish juga merupakan ikan karnivora pemakan daging. DI Indonesia sendiri ikan ini sering dipelihara di kolam-kolam dan aquarium di taman satwa.

8. Aligator Gar


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Aligator sering dikatakan sebagai ikan peninggalan zaman prasejarah dahulu. Ikan ini memiliki habitat asli dari Amerika Tengah dan Amerika Utara. Memiliki 7 spesies dan Aligator Gar merupakan ukuran yang bisa mencapai paling besar di bandingkan lainnya. Aligator Gar dapat mencapai berat 170 kg dengan panjang bisa sampai 3 meter.

Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki sisik yang sangat banyak dan memiliki mulut yang hampir menyerupai seekor aligator. Giginya yang sangat tajam menjadikan ikan ini merupakan predator pembunuh yang sangat menakutkan.

Meski memiliki gigi yang sangat tajam namun naluri berburunya tidaklah seganas ikan piranha. Namun ikan ini sangat berbahaya apabila di masukkan kedalam kolam maupun waduk, karena akan menghancurkan ekosistem ikan yang ada ditempat tersebut. Selain itu Aligator Gar dapat bertahan hidup dalam air payau meskipun kadar garamnya sangat tinggi. Gerakan ikan ini sangatlah lambat didalam air meski memiliki tampang yang sangat menyeramkan. Di beberapa negara di Amerika tempat asalnya Aligator Gar ini telah di buat UU sebagai upaya perlindungan agar tak di buru secara berlebihan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kolam dan kebun satwa yang memelihara ikan ini sebagai tontonan. Namun harus diingat jangan sampai memasukkan ikan ini kedalam waduk atau perairan tawar yang bercampur dengan habitat-habitat ikan lainnya. Karena hal tersebut akan membunuh habitat asli dan menjadikan rantai makanan tidak stabil.

9. Pari Air Tawar


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Ikan ini pernah di temukan dan di teliti oleh ilmuan di Thailand. Pada saat itu ikan yang berhasil di temukan di Thailand memiliki tubuh dengan panjang 2 meter dan memiliki ekor dengan panjang 2,1 meter. Untuk pertumbuhan maksimal ikan ini dapat mencapai bobot 700 kg dengan panjang 7 meter.

Ikan Pari air tawar ini selain di Thiland dapt juga ditemukan di beberapa sungai di negara Asia Tenggara sampai dengan Australia Utara. Makanannya biasa berupa udang-udang dan hewan-hewan kecil lainnya di dalam air. Selain di air tawar ikan ini juga dapat berenag di air payau.

10. Beluga


10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar

Beluga ini masih termasuk dalam keluarga ikan Sturgeon. Ikan ini penyebarannya di laut Kaspia dan dapat bertahan hidup selama 118 tahun. Ukurannya sendiri bisa dibilang lebih panjang dan lebih berat dibandingkan ikan air tawar lainnnya. Bayangkan bobotnya saja dapat mencapai 2700 kg atau sekitar 2 ton lebih dengan panjang sampai 7 meter lebih.
Ikan ini bisa dibilang merupakan ikan yang menghasilkan telur paling mahal di dunia. Telur-telurnya dinamakan dengan Caviar. Caviar merupakan makanan yang dapat mencapai 50 jt per kg. Biasanya Beluga dapat menghasilkan Caviar ini jika sudah mencapai umur 20 tahun.

Sama dengan Sturgeon yang bisa hidup diair tawar bahkan air payau. Cara memakan makanan pun sama yaitu dengan di hisap kedalam mulutnya. Sampai saat ini ikan ini dikembangbiakkan karena telurnya yang sangat mahal. Bisa di bilang Rusialah yang paling banyak mengmbangbiakkan ikan ini untuk diambil telurnya.


Masih ada spesies-spesies ikan air tawar lainnya yang mencapai ukuran-ukuran besar. Namun 10 diatas wajib diketahui meski beberapa spesies tidak terdapat di perairan tawar di Indonesia. Kewajiban kita adalah untuk tetap menjaga kelestarian dan habitat-habitat ikan-ikan tersebut. Sekian ulasan mengenai10 Ikan-Ikan Raksasa Air Tawar, semoga bermanfaat. Nanatikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat membantu http://bit.ly/2vplrBi

    BalasHapus