11 Tips Belajar Teknik Fly Fishing Bagi Pemula

Selasa, 02 Juni 2015

11 Tips Belajar Teknik Fly Fishing Bagi Pemula


Advertisement

Teknik Fly fishing tidaklah sesederhana dari peralatan yang dilihat oleh mata. Memang teknik fly fishing ini sangat unik, asik dan menyenangkan. Namun tidak semua orang dapat dengan mudahnya menerapkan teknik seperti ini. Perlu latihan baik itu latihan secara teknik maupun latihan merangkai rangkaian fly fishing. Banyak sekali teknik-teknik yang bisa dipelajari baik itu melalui buku, intenet atau langsung dengan para ahlinya.


11 Tips Belajar Teknik Fly Fishing Bagi Pemula

Banyak sekali teknik baik itu teknik pada saat fly cast maupun teknik merangkai yang terdapat pada fly fishing roll cast, spey cast, double haul, shoot line, overlining, downlining, drift, follow trough dll. Teknik fly cast dan merangkainya tidak gampang didapatkan begitu saja tanpa latihan khusus tentunya. Jika anda belajar teknik fly fishing baik itu fly cast dan rangkaianannya, maka perlu mengeluarkan danan seperti pada kursus-kursus umumnya. Namun memang sayangnya di Indonesia belum ada yang seperti ini, sehingga alternatifnya belajar dari buku, internet dan lebih baik langsung sama ahlinya.

11 Tips Belajar Teknik Fly Fishing Bagi Pemula

Untuk diketahi bahwa teknik fly fishing bukan hanya untuk gaya-gayaan saja. Berfoto-foto memamerkan hasil tangkapan dengan menggunakan peralatan fly fishing. Namun fly fishing memiliki nilai seni mancing tersendiri yang tidak didapatkan pada teknik lainnya. Tak jarang jika anda melihat seorang fly fisher yang sudah cukup lama bergelut pada teknik fly fishing. Namun skill yang didapatkan hanya seperti itu saja, bahkan bisa dikatakan tidak bisa improving.

Belajar untuk menerapkan teknik fly fishing tidak bisa hanya dengan teori dan istilah-istilah. Namun lebih baik langsung diterapkan dengan belajar kepada masternya langsung. Oleh karena itu ulasan berikut ini hanya berupa tips-tips bagi para pemula yang ingin menguasai teknik fly fishing, bukan berupa tekniknya. Berikut tips-tips fly fishing bagi pemula.

11 Tips Belajar Teknik Fly Fishing Bagi Pemula

1. Belajarlah teknik fly  fishing dari orang yang sudah ahli, berpengalaman dan mengerti tentang fly fishing. Karena banyak kejadian yang sudah sering pun tidak bisa improve. sering saja tidak cukup, namun perlu menguasai dan mengetahui lebih jauh tentang teknik fly fishing

2. Jika anda memiliki teman atau kenalan siapapun itu yang sudah berpengalaman dan ahli pada teknik fly fishing. Maka sarannya jangan sungkan-sungkan untuk meminta belajar kepada ahlinya tersebut karena itu lebih baik dibandingkan belajar otodidak dari buku atau internet.

3. Latihan yang baik adalah belajar dulu teknik-teknik fly cast dilapangan terbuka, tanpa langsung menerapkannya di spot-spot target.

4. Jika ada master fly fishing yang mengajak anda belajar fly cast di lapangan maka jangan menolaknya, karena dengan fly cast dilapangan dahulu anda akan mendapat banyak improve pada fly fishing.

5. Perhatikan keadaan sekitar pada saat latihan fly cast, makanya sangat disarankan latihan dulu dilapangan terbuka. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti flies menyangkut pada tubuh orang lain.

6. Sah-sah saja jika ada instruktor yang mengajak anda langsung latihan fly cast di spot-spot tertentu. Namun disarankan untuk terlebih dahulu menerapkannya pada lapangan terbuka, kemudian silahkan ke spot-spot yang di tuju jika sudah terbiasa.

7. Untuk pemula sangat disarankan menggunakan peralatan yang disesuaikan dengan peralatan lain. Contohnya ''WT'' line dengan ''WT'' joran dan reel usahakan untuk mnyesuaikannya.

8. Jika memang sudah terbiasa dengan ''WT'' yang sesuai maka tak salah jika mencoba peralatan dengan ''WT'' yang berbeda. Nantinya anda akan menguasai teknik overlining dan downlining.

9. Improvisasi skill dan teknik pada teknik fly fishing perlu dilakukan. Maka jangan sungkan jika memang anda sudah terbiasa dengan satu teknik meminata pada instruktur untuk belajar teknik baru lainnya.

10. Jangan mengabaikan teknik shoot line pada fly fishing yang notabennya untuk lemparan jauh pada saat cast. Karena teknik ini sangat dibutuhkan jika anda memancing diperairan asin dipinggir pantai yang terdapat banyak bebatuan dengan target ikan yang cukup jauh.

11. Jangan hanya menguasai teknik fly cast saja, tetapi kuasai juga teknik merangkai rangkaian fly fishing.


Perlu ditekankan lagi bahwa latihan yang tepat bagi pemula jika ingin terbiasa dengan teknik fly fishing adalah latihan di lapangan terbuka. Jikapun anda ingin mencoba langsung latihan di spot-spot tertentu maka hindarilah hal-hal yang tak diinginkan yang itu isa mencederai orang lain bahkan diri-sendiri. Belajar teknik fly fishing langsung pada ahlinya lebih baik daripada otodidak dari buku, internet dll. Jika kesulitan menemukan instruktor, saat ini banyak sekali grup fly fishing yang ada di media sosial. Maka anda bisa mencari tahu langsung info dari grup-grup fly fishing di media sosial tersebut. Sekian ulasan mengenai 11 tips fly fishing bagi para pemula, semoga bermanfaat. Nantikan ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

1 komentar: