20 Tips Untuk Memecahkan Rekor Mancing

Minggu, 14 Juni 2015

20 Tips Untuk Memecahkan Rekor Mancing

Mancing Arena

Advertisement

Pernahkah anda berpikir sebagai seorang pemancing ingin memecahkan sebuah rekor mancing baik itu di level nasional maupun level internasional ?. Jika memang berniat seperti itu maka perlu sebelumnya di ketahui dan dipelajari mengenai peraturan-peraturan mancing yang telah di buat oleh IGFA dan FORMASI (jika di Indonesia). Memecahkan sebuah rekor mancing, khusunya yang memiliki peraturan yang super ketat tidaklahh mudah layaknya lomba mancing yang biasanya diadakan di beberapa daerah. Meskipun memiliki keterikatan dengan peraturan, namun yang perlu diketahui bahwa peraturan pada pencatatan rekor mancing dunia jauh lebih detail.

Jika mengabaikan peraturan bahkan melanggarnya, maka siap-siap untuk tidak masuk dalam kualifikasi. Menciptakan rekor baik level nasional maupun internasional masing-masing sudah ada wadah organisasi seperti IGFA dan FORMASI. Jadi itulah mengapa perlu mempelajari dan menaati peraturan yang di berlakukan oleh organisasi tersebut. Karena hanya organisasi ini lah yang akan mencatat rekor mancing anda.

20 Tips Untuk Memecahkan Rekor Mancing

Berikut ini merupakan beberapa tips bagi anda yang ingin memecahkan rekor mancing dunia. Dalam pencatatan rekor dunia memang tidak sembarangan untuk dinilai. Sedikit saja kecacatan, maka lenyaplah gelar rekor tersebut. Detail dari hal yang paling kecil hingga paling besa jangan pernah anda lewatkan jika ingin mencatatkan rekor. Terlebih jika itu pencatatan rekor yang dilakukan oleh organisasi mancing dunia yaitu IGFA

1. Formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh organisasi mancing baik itu IGFA maupun FORMASI harus diisikan secara lengkap dan tidak asal-asalan. Lengkapilah formulir meskipun itu dalam hal sepele pun jika tidak ingin sia-sia.

2. Penuhilah standar persayaratan , seperti foto kopi identitas dari peserta dan saksi lainnya yang bersama peserta.

3. Jangan lupa menyertakan bukti hasil dari rekor mancing, seperti foto ikan dengan bobot dan sang peserta. Biasanya dalam foto ini harus detail mulai dari panjang, ukuran dan berat pada timbangannya yang difoto bersama peserta.

4. Penuhilah standar peralatan dan tata cara yang telah ditetapkan. Pada dasarnya organisasi telah menetapkan standarisaisi peralatan dan cara mancing untuk rekor. Maka jangan sampai melanggar ketentuan yang telah dibuat.

5. Jangan sampai ketika stike lalu release kembali, ada peserta atau orang lain yang ikut menyentuh peralatan mancing atau membantu anda. Usahakan agar hasil yang didapatkan dengan usaha sendiri.

6. Jangan sampai membiarkan joran terletak tetap pada tempatnya begitu saja pada saat umpan disambar.

7. Jangan sampai menggunakan tangan kosong atau alat bantu lainnya baik itu senar dll pada saat ikan akan diangkat. Gunakanlah korang atau jaring yang telah ditentukan.

8. Jangan sampai ikan terlukai sedikitpun.

9. Dilarang untuk menggunakan teknik mendapatkan ikan dengan cara lain selain mancing, misalnya, menembak dan memanah.

10. Jangan sampai menggunakan sesuatu yang berbau rangsangan buat ikan, seperti perangsang buatan dan darah hewan.

11. Jangan menggunakan sampan atau perahu kecil dengan tujuan menggiring ikan agar dengan mudah dapat diangkat ke tempat yang lebih dangkal.

12. Jangan sampai pada saat fight dengan ikan, peserta mencoba untuk menambahkan, melepaskan dan menyambungkan peralatan seperti senar, reel dan joran.

13. Mata kail harus benar-benar menancap di mulut ikan, jika tertancap selain bagian dari mulutnya, maka dinyatakan tidak sah dan tak masuk kualifikasi.

14. Jangan sampai menggunakan umpan hidup yang itu dilarang oleh pemerintah setempat dengan alasan melestarikannya.

15. Jangan sampai mengikat atau mengurangi beban tarikan ikan dengan menyandarkannya pada sesuatu bisa perahu atau sesuatu yang ada disekitar peserta.

16. Bila ikan lepas sendirinya pada saat akan diseser dengan korang atau jaring, maka biarkan saja. Karena peraturannya jika sudah lepas tidak dapat di tangkap lagi kecuali dengan di pancing.

17. Hindari joran patah pada saat fight dengan ikan. Joran yang patah akan tidak sama lagi dengan ketentuan awal yang telah dibuat.

18. Hindari ikan yang akan diangkat dari luka atau kecelakaan lain seperti digigit oleh Hiu atau predator laiinya dalam air. Termasuk juga luka karena terkena baling-baling kapal atau perahu.

19. Jika memang terluka dikarenakan senar, bekas dipancingi orang lain atau karena memang ada unsur biologis seperti regenerasi, maka luka tersebut harus bisa dijelaskan dengan masuk akal dengan disertai foto.

20. Usahakan agar ikan tidak terlilit lebih dari 1 pancing yang telah di tetapkan.

Demikianlah 20 point tips yang bisa diaplikasikan oleh peserta pemecah rekor mancing baik di level nasional maupun internasional. Peraturan tersebut tentu telah tercantum dalam organisasi IGFA maupun anggota-anggotanya. Sekian ulasan mengenai 20 Tips Untuk Memecahkan Rekor Mancing , semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

0 komentar:

Posting Komentar