8 Cara Merawat Joran Tegek Agar Tetap Awet

Selasa, 16 Juni 2015

8 Cara Merawat Joran Tegek Agar Tetap Awet


Advertisement

Mancingarena.com - Joran tegek atau yang sering disebut tegek ini merupakan joran yang sangat simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Pemancing yang menggunakan tegek biasanya tempat memancingnya mendekati bagian pinggiran seperti dermaga dan tepi danau. Biasanya tegek kurang diperhatikan perawatannya oleh para pemancing dibandingkan dengan peralatan pancing lainnya. Namun sebenarnya kebiasaan ini sudah harus ditinggalkan, karena tegek juga merupakan alat pancing seperti yang lainnya. Terlebih jika harganya yang lumayan mahal. Tegek yang kurang dirawat biasanya akan sering cepat aus hingga pecah. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tegek juga menjadi primadona bagi pemancing yang ingin merasakan sensasi tarikan ikan yang langsung terasa melalui ujung tegek. Bahkan beberapa pemancing rela mengeluarkan budget yang tiggi hanya untuk membeli tegek yang memiliki kualitas tinggi. Tentu sangat disayangkan jika tegek yang harganya cukup menguras kantong anda harus mengalami kerusakan. Oleh karena itu agar hal tersebut tak terjadi, maka ulasan berikut bisa jadi gambaran untuk merawat tegek.
8 Cara Merawat Joran Tegek Agar Tetap Awet


1. Jagalah Kebersihan Tegek Setelah Memancing

Mungkin sebagian orang sangat malas untuk membersihkan kotoran-kotoran yang masuk ke ruas-ruas dari tegek. Terlebih jika digunakan pada air asin otomatis butiran pasir dari alus sampai yang berbentuk seperti butiran kaca pecah akan masuk dan lengket setelah digunakan. Jika tidak di bersihkan meskipun hanya terdapat beberapa butir, maka tegek akan dengan sendirinya tergores hingga pecah. Ini sering terjadi jika pemancing memendekkan tegek setelah di pakai bahkan saat ingin mengganti umpan pada tegek yang memiliki panjang 5 m keatas. Selain butiran pasir bisa juga bermasalah ketika kita menggunakan lumut. Lumut yang tidak sengaja kena bagian dari tegek jika tidak dibersihkan maka akan menjadi tebal pada ruas-ruas tegek. Maka agar itu tak terjadi usahakan untuk membersihkan tegek kemudian dikeringkan cukup didalam ruangan saja.

2. Menjaga Posisi Ujung Ruas Agar Tak Lepas

Setiap tegek yang kita beli semuanya sudah memiliki bagian ujung ruas yang dirancang agar tak lepas dari bagian lainnya. Namun bisa saja seiring penggunaanny elemen yang digunakan sebagai penyangga ruas akan aus dan ruas secara otomatis akan terpisah satu sama lain. Jika memang bagian tersebut sudah aus dan los maka bisa diatasi dengan menggunakan benang jahit yang dilitkan hingga dirasa sudah cukup sebagai penyangga. Kemudian di berikan lem Alteco di atas lilitan tersebut sampai kering. Terakhir tinggal di amplas bagian yang telah di beri lem tad hingga halus. Usahakan untuk dites agar tidak macet saat tegek di buka dan ditutup.

3. Mengecek Bagian Tali Dari Ujung Tegek

Sesuai pengalaman bahwa ujung tali dari beberapa merek tegek tidaklah terpasang dengan baik. Sehingga pada saat mengangkat babon tiba-tiba tali bagian ujung terlepas. Agar hal ini tak terjadi maka sangat disarankan untuk di berikan lem, lebih baik jika menggunakan lem G. Caranya hampir sama dengan cara di atas yaitu lilitkan benang kemudian berikan lem dan biarkan sampai kering. Terakhir tinggal di amplas agar rapi. Bagi yang tegeknya belum memberikan lem pada bagian tali ujung tegek ini secepatnya diberikan. Jangan lupa juga untuk diikat bagian ujungnya agar senar yang diikat tidak los dan terlepas pada saat mancing.

4. Jangan Sering Mencoba Untuk Buka-Tutup Ruas Tegek

Hal ini terjadi biasanya pada tegek yang memiliki panjang 5 meter keatas. Diakibatkan panjangnya maka kadang membuat pemancing harus tutup-buka ruas saat mengganti umpan maupun mengambil ikan. Maka lebih baik setingan tegek di usahakan agar full setting pada saat sebelum memancing dimulai. Jika memang ingin menggonta-ganti dan mengambil ikan lebih baik tegek dimundurkan kebelakang lalu dekatkan senar dan tarik. Jika seing tutup buka ruas tegek, maka siap-siap bagian ujung ruas tegek akan aus dan pecah.

5. Membersihkan Bagian-Bagian Ruas

Jika anda memancing di air asin maka sangat disarankan untuk membuka ruas-ruas tegek satu persatu kemudian membersihkannya. Dengan membuka ruas satu persatu biasanya akan lebih efektif dibandingkan membersihkan keseluruhannya secara bersama-sama. Bersihkan dengan sabun colek agar semua kotoran yang berupa lumut dan jamur bersih. Setelah dilakukan semua, tinggal di keringkan sampai benar-benar kering lalu bisa dipasangkan lagi.

6. Menjaga Tegek Dari Air Yang Masuk Ke dalam Ruas Tegek

Air yang masuk kedalam tegek seringkali akan menimbulkan jamur. Terlebih air asin otomatis tegek akan cepat rusak diakibatkan air asin. Maka cara gampangnya agar tetap terjaga dari air yang masuk pada saat memancing adalah dengan membuat penutup dari karet yang di letakkan pada bagian pangkal. Bisa dengan menggunakan potongan karet yang agak tebal seperti pada sandal jepit Swallow dan dipotong sesuai dengan diameter pangkal tegek. Lalu tinggal dimasukkan ke dalam tegek dari bagian pangkalnya.

7. Selalu Menjaga Tutup Bagian Atas Dan Bawah Tegek

Biasanya hal yang sering terjadi pada tegek adalah bagian atasnya sering hilang. Jika di bagian bawahnya tutupnya bisa saja pecah, bahkan tidak bisa lagi berputar dengan baik karena aus. Maka alternatifnya jika bagian atas yang hilang tentu bisa di beli lagi di toko. Namun jika tutup bagian bawah hilang ini sulit dicari karena perbedaan besar diameter yang berbeda-beda dari tegek. Agar tak terjadi demikian buatlah cover pelindung dari karet agar tak hilang maupun pecah.

8. Usahakan Tegek Selalu Dalam Keadaan Kering

Meskipun sedikit merepotkan, namun ini perlu dilakukan jika tidak ingin tegek anda cepat aus dan patah. Mungkin tidak masalah jika tegek yang hanya berharga murah, namun sayang jika tegek kesayangan anda harganya mahal. Usahakan agar tegek tidak basah meskipun pada saat digunakan. Jika memang terpaksa kejebur air, maka setelah digunakan harus dibersihkan dan langsung dikeringkan dalam keadaan ruas-ruas yang telah dibuka.

Meski beberapa tips di atas sedikit merepotkan, namun hal tersebut perlu dilakukan agar tegek tetap terawat dengan baik. Terlebih tegek dengan harga yang bisa dibilang mahal dan telah dianggap hoki. Tegek yang dirawat dengan baik tentu akan bertahan lama dan tak perlu sering menggonati-ganti dengan tegek yang baru. Sekian ulasan mengenai 8 Cara Merawat Joran Tegek Agar Tetap Awet, semoga bermanfaat. mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar