Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

Rabu, 17 Juni 2015

Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong


Advertisement

Bagi pemancing yang sering disebut dengan garongers tentu tak asing lagi yang namanya kail garong. Kail ini sering digunakan untuk memancing ikan Baronang dengan menggunakan joran tegek atau joran biasa lainnya. Mata kail garong ini sebenarnya bisa juga didapatkan ditoko-toko pancing baik online maupun offline. Namun mungkin tak semua toko-toko pancing menjual kail garong sesuai yang diinginkan. Meskipun tidak tersedia dibeberapa toko pancing, bukan berarti memancing dengan menggunakan kail garong batal dilaksanakan. Ada alternatif lainnya yang bisa kita lakukan, bahkan mungkin lebih bagus dan lebih murah ketimbang di beli. Alternatif yang dapat di lakukan adalah dengan membuat sendiri mata kail garong tersebut. Karena kita membuatnya sendiri maka ada bahan dan cara-cara yang di tempuh untuk menghasilkan mata kail garong yang bagus.

Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

Bahan Dan Alat yang Harus Dipersiapkan :

§  Solder dengan daya 30-40 Watt.
§  Timah Solder, usahakan membeli timah solder dengan kualitas yang baik dengan angka 60/40 dan terdapat songka didalamnya (Harganya sekitar 60.000).
§  Mata Kail, tergantung selera namun yang bagus tentu dari bahan stainless steel. Usahakan nomor kail yang akan dibuat sama semua ukurannya.
§  Bagian bolongan mata kail yang akan digunakan sebagai tangkai utama kail garong. Bagian bolongan yang dipotong sekitar 1 cm dari bagian bawah bolongan.
§  Pentil sepeda sepanjang kurang lebih 20 cm.
§  Tang yang digunakan sebagai penjepit dan pemotong bolongan kail yang biasanya digunakan oleh tukang listrik bentuknya lancip.
§  Air keras, bisa didapatkan di toko-toko material bangunan
§  Benang jahit
§  Cetakan, bisa menggunakan pipa alumunium yang telah dibuat tempat untuk untuk meletakkan mata kail sessuai dengan jumlah yang diinginkan.

Cara Membuatnya :

1. Mata pancing yang akan digunakan bisa berjumlah 5-6 dan nomor kail tergantung selera. Kemudian jika terdapat bolongan maka potong dulu bolongan tersebut. Usahakan agar ukurannya sama antar 1 dengan lainnya.
Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

2. Lalu siapkan bagian tangkai yang memiliki bolongan dan telah dipotong beserta dengan 5-6 mata kail yang telah dipotong bagian bolongannya.
Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

3. Setelah dipersiapkan semuanya olesi sedikit saja air keras kepermukaan yang akan disolder. Usahakan dilapisi tepat pada permukaan tersebut saja dengan menggunakan lidi, jangan sampai mengenai permukaan lainnya.

4. Kemudian solder bagian yang telah dilapisi air keras tersebut dengan tambahan timah solder satu persatu pada mata pancing yang akan disusun.

5. Jika semua mata kail telah dilapisi timah solder, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pentil yang telah dipotong sekitar 5-6 mm.
Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

6. Kemudian masukkan bagian bolongan sebagai tangkai beserta dengan 5-6 mata kail yang telah disolder tadi kedalam selongsongan. Masukkan bagian bolongan kedalam selongsong karet sekitar 1 cm, sedangkan mata kail disusun dengan rapi, sejajar dan tidak bertumpuk. Karet pentil ini tujuannya sebagai dudukan agar mata kail dan tangkai tidak tercecer. Kemudian di ikat dengan benang agar kuat dan rapi tidak melenceng kesana-kemari.
Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

7. Letakkan mata kail yang telah disusun tadi pada cetakan yang telah di buat posisi untuk mata kail. Letakkan kail dalam posisi terbalik agar dapat disolder bagian tengahnya.
Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

8. Kemudian solder pada bagian tengah yang telah dibalik posisinya tadi. Solder dengan perlahan dulu untuk memastikan posisinya berubah atau tidak. Jika pas maka bisa langsung disolder pada bagian bolongan yang digunakan sebagai pengikat senar. Jika memang belum pas, maka sebelum disolder bisa di paskan lagi bagian yang tidak sama ukurannya.

9. Jika sudah menyatu dengan baik rapikan kembali bagian solder yang kurang bagus. Jika dirasa tidak terlalu kuat dan cenderung tipis bisa ditambahkan lagi timah soldernya. Kemudian solder kembali sampai rapi dan kuat.

10. Selesai di solder dengan rapi buang karet yang digunakan sebagai dudukan kail dan tangkai untuk senar. Kail garong siap digunakan untuk memancing.
Cara Mudah Membuat Mata Kail Garong

11. Jika belum terbiasa dan masih pemula dalam membuat kail garong ini, maka lebih baik beli 1 dulu kail garong lalu bisa dijadikan contoh dan referensi untuk membuat kail garong sendiri.

12. Bagi pemula juga sangat disarankan untuk menggunakan mata kail murah dan berbahan Carbon saja. Jika suudah mahir dan terbiasa maka bisa menggunakan mata kail yang lebih bagus, seperti Owner, Daichi, Gamakatsu dll.

13. Mata kail garong yang telah siap dibuat lebih baik diberikan semprotan WD 40 agar kail tetap terjaga dan terhindar dari karatan.

Jika memang anda baru pertama kali membuat mata kail garong ini, maka tak salah jika anda meminta bimbingan dari teman-teman mancing yang sudah berpengalaman. Namun jika tidak ada cukup  membeli 1 contoh mata kail garong apa saja, kemudian bisa dicontohkan dari mata kail tersebut. Sekian ulasan mengenai cara mudah membuat mata kail garong, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.


1 komentar: