Mengenal Lebih Jauh IGFA Sebagai Organisasi Mancing Internasional

Jumat, 12 Juni 2015

Mengenal Lebih Jauh IGFA Sebagai Organisasi Mancing Internasional


Advertisement

IGFA ( International Game Fish Association ) merupakan organisasi internasional non-profit yang berkecimpung langsung dalam segala bentuk peraturan berskala internasional untuk standarisasi yang berhubungan dengan mancing dan segala klaim rekor mancing dunia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1939 dan sampai saat ini bermarkas di Florida, AS. Sampai saat ini total sudah 125 negara yang masuk menjadi anggota IGFA ini. Biasanya IGFA akan menyelenggarakan Fishing Hall of Fame dimana pada acara tersebut akan dipamerkan seluruhnya tentang standarisasi mancing dunia beserta dengan rekor-rekor mancing dunnia yang pernah tercipta.

Mengenal Lebih Jauh IGFA Sebagai Organisasi Mancing Internasional

Setiap negara yang telah menjadi anggota dari IGFA ini biasanya juga memiliki standarisasi yang dianut dari IGFA. Meskipun setiap negara anggota memiliki standarisasi dan penilaian yang berbeda-beda dalam hal turamen mancing, namun peraturan yang diadopsi tetap dari organisasi induknya yaitu IGFA. Indonesia sendiri telah memiliki organisasi lokal tentang standarisasi dan rekor mancing yaitu FORMASI.

Standarisasi IGFA telah dibuat dalam beberapa peralatan mancing misalnya seperti beberapa senar dari merek-merek ternama dunia. Peralatan tersebut tentu sudah masuk dalam kualifikasi IGFA jika ingin membuat rekor mancing dunia.

IGFA juga memiliki aturan-aturan yang harus ditaati jika ingin memecahkan rekor mancing dunia. Klaim rekor sendiri biasanya akan mempertimbangkan segala aspek, bukan hanya dari segi ikannya saja yang berhasil di angkat, namun juga bagaimana peralatan hingga proses pengangkatan ikan tersebut. Hal penting yang harus diikuti dari klaim rekor IGFA adalah bagaimana ikan tersebut benar-benar menyambar umpan yang digunakan baik umpan alami atau buatan langsung pada mulutnya, bukan pada bagian lainnya.Tujuannya agar ikan bisa di rilis kembali tanpa harus menciderai ikan yang dijadikan rekor tersebut.

Ikan yang telah didata akan kembali di rilis kedalam air agar habitatnya tetap terjaga. Inilah alasan mengapa IGFA menekankan agar ikan yang masuk kategori penilaian tidak terkena di bagian selain mulutnya. Karena memang tujuannya adalah tetap melestarikan spesies tersebut agar tetap terjaga dari kepunahan. Tentu kita tahu bagaimana saat ini peruruan ikan-ikan besar sangat massiv sekali. Sedikitnya otomatis akan berpengaruh terhadap populasinya.

Klaim rekor mancing dunia oleh IGFA tentu harus mengikuti prosedur sebelumnya. Prosedur tersebut biasanya informasi data diri hingga teknik dan peralatan yang digunakan. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang organisasi mancing internasional ini, silahkan akses langsung ke website dari IGFA.


0 komentar:

Posting Komentar