Tips Jitu Memancing Ikan Baronang Dengan Menggunakan Joran Tegek

Senin, 15 Juni 2015

Tips Jitu Memancing Ikan Baronang Dengan Menggunakan Joran Tegek


Advertisement

Ikan Baronang merupakan ikan yang tak asing lagi bagi para pemancing laut, khususnya yang sering mancing dengan teknik surf casting (mancing pasiran). Ikan yang dapat dikonsumsi ini memang memiliki tekstur daging yang empuk dan lezat. Bukan hanya itu saja ikan ini memiliki sensasi strike yang hampir sama dengan ikan-ikan bersisik air tawar seperti nila, kepek, wader dll. Persamaannya tentu karena ikan ini berkumpul dalam satu komunitas pada saat di pancing. Namun tarikannya jelas lebih kuat ikan ini dibandingkan dengan ikan bersisik tadi. Ikan Baronang bisa dibilang merupakan ikan pemakan segalanya (omnivora), karena terbukti lumut dan potongan udang pun bisa dimakan olehnya.

Tips Jitu Memancing Ikan Baronang Dengan Menggunakan Tegek

Bagi yang belum pernah mencoba memancing ikan ini tentu akan terasa penasaran bagaimana sensasinya. Namun jangan khawatir pada ulasan berikut akan di berikan sedikit pengalaman memancing ikan Baronang dengan menggunakan tegek. Selain menggunakan tegek tentunya juga bisa menggunakan joran teleskopik maupun joran sambung. Langsung saja disimak beberapa tips berikut ini.

A. Peralatan

1. Tegek

Untuk yang satu ini lebih baik sediakan tegek dengan panjang 4,5- 5,4 meter. Karena memancing dengan tegek di laut, maka pilihlah tegek yang memiliki kategori kualitas tinggi dan cocok untuk air asin. Tegek yang seperti ini bisa menahan beban babon baronang apabila dapat.

2. Senar

Untuk senar bisa memakai 20-30 Lbs tentunya juga dengan menyesuaikan spot atau keinginan sendiri. Namun perlu diingat makin besar diameter senar juga makin kecil tingkat sensivitas, sebaliknya makin kecil makin besar sensivitasnya. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan spot yang dituju. Usahkan juga mencari senar cukup yang berwarna bening saja tidak perlu yang berwarna-warni. Jika memiliki cukup modal bisa juga menggunakan senar yang bertipe Fluorocarbon. Panjang senar disesuaikan dengan panjang dari tegek itu sendiri.

3. Mata Kail

Ikan Baronang senang berkumpul dalam jumlah yang banyak jadi lebih baik gunakan mata kail garong yang memiliki 5-6 mata kail. Jika sulit untuk didapatkan ditoko-toko pancing bisa juga dibuat sendiri.

4. Pelampung
Tips Jitu Memancing Ikan Baronang Dengan Menggunakan Joran Tegek
Pelampung Garong

Pelampung yang digunakan untuk pancingan garong biasanya menggunakan jenis pelampung gantung. Tentu para garongers sudah tak asing lagi dengan pelampung ini, jika tidak ada ditoko pancing dapat di temukan ditoko online.

5. Stopper

Dikarenakan menggunakan pelampung pada rangkaian ini, maka penggunaan stopper juga mesti digunakan untuk mengukur seberapa dalam umpan yang akan tenggelam didalam air.

B. Knot

Knot yang digunakan untuk memancing baronang bisa dengan 2 knot. Bisa menggunakan Palomar Knot dan Bimini Twist. Penggunaan knot yang baik biasanya akan mempengaruhi sensivitas terhadap tarikan ikan.

C. Umpan

Umpan untuk Baronang bisa berupa umpan hewan maupun tumbuhan. Namun pengalaman dengan menggunkan lumut laut dan bisa juga lumut sawah sudah lumayan. Selain itu juga bisa dengan menggunakan nasi yang sudah di bejek (dihaluskan). Biasanya jika menggunakan nasi spotnya lebih baik tepat di dermaga saja mancingnya.

D. Bom Umpan

Untuk umpan bom sediakan nasi pulen dan gampang terpisah. Tujuannya adalah agar nasi bisa tercecer saat di taburkan agar ikan Baronang berkumpul. Setiap 15 menit umpan bom di lemparkan pada 1 titik yang sama. Baru kemudian di celupkan umpan yang telah dikaitkan pada kail.

E. Pemilihan Spot Dan Kondisi Air

§  Beberapa tempat yang disenangi oleh ikan Baronang adalah
§  Dermaga, ditempat seperti ini biasanya Baronang banyak bermain diantara tiang dermaga.
§  Rumpon yang ada kerangnya, biasanya ikan Baronagn sangat menyukai Kerang.
§  Di tempat pemecah ombak dan tempat yang terdapat karang.
§  Ditempat yang banyak terdapat tumbuh-tumbuhan seperti lumut laut yang terdapat pada kapal karam.

Untuk kondisi airnya sendiri, Ikan Baronang senang bermain pada area air yang agak gelap, namun harus diingat gelap disini bukan artinya kotor. Namun karena tempat tersebut lebih kepencahayaan yang sedikit sehingga digunakan untuk bersembunyi. Dengan menyetel kedalaman sekitar 5,5 meter cocok untuk spot yang diatas.

F. Mendeteksi Gerakan Umpan

Pada saat ikan Baronang memakan umpan tentu pelampung akan ikut bergoyang tak menentu, namun belum tentu juga ikan sudah hook. Biasanya kriteria gerakan yang bergetar naik turun, stabil dan halus biasanya itu merupakan Baronang dengan ukuran 5 jarian. Oleh karena itu langsung saja untuk disentak namun tetap dengan pasti. Sebaliknya jika tarikannya berupa getaran kasar, tidak stabil dan putus-putus kadang bergerak kadang tidak. Bisa dipastikan itu merupakan ikan-ikan dengan ukuran sejempol tangan yang memborbardir umpan dalam jumlah yang banyak. Jika sudah seperti ini lebih baik cari spot baru yang lebih potensial Baronangnya.

G. Teknik Sentakan Tegek

§  Kondisikan tangan saat memegang tegek dalam kondisi yang rileks dan tak tegang.
§  Posisi yang ideal antara posisi badan dan tegekadalah sekitar 90 derajat. Ujungnya merupakan indikator penting jika ikan sudah memakan umpan. Jadi posisinya tidak terlalu keatas tidak juga kebawah.
§  Saat pelampung mulai bergerak-gerak jangan terlebih dahulu disentak dan tidak geregetan.
§  Usahakan pergelangan tanganlah yang bergerak pada saat menyentak tegek. Sentakan harus keatas agar tepat sasaran pada ikan.
§  Saat menyentak butuh insting yang kuat agar mendapatkan hasil. Jika sudah terbiasa dengan mancing garong maka dengan sendirinya insting akan main.

Tambahan lain yang harus dibawa pada saat memancing Baronang bisa sun block  agar kulit tidak terbakar oleh panas. Serta membawa perlengkapa logistik seperti makanan dan minuman. Memancing Baronang dengan menggunakan tegek tentu rasanya juga akan berbeda jika dibandingkan dengan joran biasa yang menggunakan reel. Menggunakan tegek butuh insting yang pas saat tegek akan disentak. Sekian ulasan mengenai Tips Jitu Memancing Ikan Baronang Dengan Menggunakan Tegek, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.


0 komentar:

Posting Komentar