Tips Jitu Menentukan Spot Mancing Terbaik Di Air Tawar Dan Air Laut

Thursday, 18 June 2015

Tips Jitu Menentukan Spot Mancing Terbaik Di Air Tawar Dan Air Laut

Riezky Poetra

Advertisement

Salah satu indikator suksesnya kita memancing di berbagai spot adalah penentuan lokasi atau spot mancing yang jitu dan potensial. Bayangkan saja jika kita menemukan spot yang kurang potensial, namun perlengkapan mancing yang kita miliki lebih dari memadai. Seakan perlengkapan tersebut menjadi sia-sia saja, karena berapa lamapun kita mancing hanya akan membuang waktu saja. Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki hobi mancing sejati, yang namanya boncos atau zonk sudah menjadi pemandangan biasa. Namun bagi para pemula dan memancing hanya untuk mencari hiburan, maka kondisi seperti ini tentu akan sangat membosankan. Bahkan mungkin mereka tidak pernah ingin kembali mencoba memancing. Maka jangan heran saat ini banyak kolam-kolam pemancingan yang ramai di kunjungi sebagian orang hanya sebagai hiburan.


Tips Jitu Menentukan Spot Mancing Terbaik Di Air Tawar Dan Air Laut

Oleh karena itu untuk menghindari aktivitas mancing dari hasil yang gagal dan berujung kebosanan. Maka sebelum menuju kesebuah spot penting bagi kita untuk mendeteksi spot-spot potensial untuk memancing. Memancing di alam liar tidaklah sama dengan memancing pada kolam, empang dan tambak. Faktor mulai dari spot, peralatan, umpan hingga kondisi spot akan sangat menentukan keberhasilan memancing. Berikut ini merupakan ulasan bagaimana caranya untuk menentukan lokasi terbaik untuk memancing dialam liar.

1. Menentukan Spot Mancing Air Tawar

Secara umum memancing ikan di air tawar lebih dipengaruhi oleh kondisi air. Beberapa ikan air tawar memang sangat menyukai air mengalir, seperti sungai. Namun beberapa jenis ikan juga sangat menyukai spot dengan air tenang, bahkan air dalam kondisi yang tak terlalu dalam.

Jika memancing dalam kondisi air yang tenang biasanya terdapat di waduk, rawa-rawa, genangan luas disawah dll. Pada spot yang seperti ini biasanya ikan-ikan air tawar seperti Gabus, Nila, Betok dll sangat menyukainya. Biasanya juga pada kondisi spot seperti ini ikan-ikan lebih senang bermain di pinggir-pinggir yang memiliki semak-semak dan tumbuh-tumbuhan air. Bahkan ikan air tawar seperti Gabus sangat menyukai wilayah yang airnya sedikit namun, banyak tumbuh-tumbuhan liar dan terdapat ranting-ranting pohon. Jika di waduk biasanya ikan akan mencari tempat yang memiliki kadar oksigen tinggi seperti di bawah jatuhnya air dari bendungan dan sekitar bendungan. Nila dan Mujair biasanya sangat gampang dideteksi keberadaannnya. Biasanya ikan-ikan bersisik ini akan terlihat dipinggir-pinggir waduk untuk mencari makanan terutama yang masih berukuran kecil.

Pada spot air mengalir seperti sungai biasanya kondisi air akan menentukan selera ikan. Ikan seperti Hampala pada air sungai dalam kondisi yang jernih akan terlihat langsung dengan mata. 

Dalam buku " Search and Rescue Survival Training " dituliskan bahwa terdapat 6 titik potensial di sungai yang dijadikan tempat favorit bagi ikan-ikan air tawar :

Tips Jitu Menentukan Spot Mancing Terbaik Di Air Tawar Dan Air Laut

1. Dibawah dan disekitar semak tumbuh-tumbuhan liar yang terdapat didekat permukaan air. Biasanya ikan sangat senang pada titik yang seperti ini. Tak jarang tempat-tempat seperti ini biasanya diduduki ikan yang sedang bertelur dan berkembang biak.

2. Jika pernah melihat rumput-rumput liar disekitar bibir sungai dibawahnya biasa terdapat ikan-ikan yang sedang mencari makanan.

3. Bagian sudut sungai yang membentuk pusaran kecil. Jika pernah melihat suatu sudut yang terbentuk akibat dari longsornya suatu bagian dekat pinggir sungai. Biasanya ketika air mengalir pada bagian ini akan terbentuk pusaran kecil. Kadang ikan-ikan juga senang pada spot yang seperti ini.

4. Pertemuan dua arus sungai yang berbeda. Di Jawa Tengah kondisi seperti ini sering disebut dengan istilah ''Tempuran''. Biasanya pada titik yang seperti ini terdapat ikan-ikan besar dan ikan-ikan kecil yang bermain dipinggirnya. Tempuran ini tidak selalu antara pertemuan sungai besar dengan sungai besar, kadang juga pertemuan sungai besar dengan sungai kecil juga bisa terjadi.

5. Titik sungai yang terdapat bebatuan. Biasanya ikan-ikan akan bersembunyi di balik batu-batu besar yang terdapat di sungai. Pada titik yang seperti ini ada yang bertelur ada juga yang mencari mangsa.

6. Titik dimana ada pohon atau ranting yang menumpuk di sungai. Terkadang di sungai-sungai yang jauh dari pemukiman penduduk, pohon-pohon dan ranting-ranting yang jatuh kedalamnya tidak di ambil. Sehingga lama-lama tempat ini sering dijadikan titik untuk berkumpulnya ikan-ikan.

2. Spot Mancing Air Asin (Laut)

Spot mancing di air asin lebih dititik beratkan pada memancing di laut. Di laut terdapat beragam spesies ikan yang dapat kita jadikan target memancing. Dimulai dari spot di dermaga, pemecah ombak, rumpon dll biasanya terdapat banyak ikan Baronang pada titik tersebut. Selanjutnya jika ingin memburu target untuk teknik popping biasanya spotnya di sekitar karang yang menyembul kepermukaan dan di sekeliling lingkaran pulau dimana ombak terbentuk.

Titik potensial lainnya di laut adalah pada daerah yang memiliki karang didasarnya. Pada titik seperti ini bisa kita gunakan teknik jigging dan teknik dasaran. Rombongan pemancing laut biasanya akan menggunakan alat yang dinamakan dengan '' Fish Finder '' untuk menemukan titik berkumpulnya ikan pada lokasi seperti ini.

Bagi pemancing yang senang memancing Cumi atau Sotong, bisa mencari spot yang didasar lautnya terdapat banyak rumput laut dan gugusan karang. Pada kedalaman 3- 6 meter dengan kondisi air laut bening dan sedikit angin biasanya Cumi atau Sotong sedang mencari makan. Sedangkan jika ingin mencobanya di sekitar dermaga, maka keberadaannya dapat dideteksi dengan bekas tinta yang dicipratkan oleh Cumi atau Sotong.

Terdapat beberapa tambahan yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan spot terbaik mancing dilaut diantaranya adalah :

§  Bangkai Kayu, biasanya batang-batang kayu yang hanyut terbawa ombak sering dijadikan tempat berlindung bagi palnkton dan ikan-ikan kecil. Inilah alasan mengapa kondisi seperti ini dapat dijadikan acuan untuk mendapatkan ikan-ikan besar.

§  Burung Laut, jika anda pernah melihat banyak brung beterbangan seperti Camar dan Pelikan. Maka biasanya tempat tersebut dibawahnya terdapat banyak ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil ini adalah mangsa burung camar dan mangsa bagi para predator laut tentunya.

§  Bukit-Bukit di laut, biasanya terdapat di tepi pantai yang memiliki ombak-ombak yang sangat kuat. Pada tempat yang seperti ini banyak ikan yang berlindung dari arus yang sangat besar. Jenis spesies Palagis banyak ditemukan pada spot yang seperti ini.

§  Karang Laut, sebagai mana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa, ditengah laut yang memiliki karang didasarnya biasanya sering digunakan sebagai tempat mencari makanan bagi ikan dan sebagai tempat berkembang biak ikan-ikan air laut.

§  Jurang Laut (Tubiran), dalam bahasa inggrisnya sering disebut dengan nama drop-off. Biasanya ombak laut akan membawa arus naik kepermukaan yang diikuti oleh terbawanya plankton dan hewan-hewan laut lainnya. Sehingga di jadikan mangsa bagi ikan-ikan laut.

Penentuan spot mancing bukan saja di lihat dari beberapa indikator diatas. Namun banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti peralatan dan teknik mancing yang akan kita gunakan. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada pemancing atau nelayan yang sudah mengerti titik potensial pada suatu spot. Lokasi mancing di air tawar dengan air laut tentu ada perbedaanya. Jika penentuan spot mancing diair tawar sangat ditentukan oleh kondisi air dan tempat. Maka di laut jangan lupakan kondisi angin,ombak dan arus. Jika ingin menentukan titik potensial mancing dilaut dengan cara paling mudah adalah dengan menggunakan alat yang dinamakan dengan ''Fish Finder''. Biasanya telah terpasang pada kapal yang dijadikan transportasi untuk memancing ditengah laut. Sekian ulasan mengenai Tips Jitu Menentukan Spot Mancing Terbaik Di Air Tawar Dan Air Laut, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

2 comments:

  1. ternyata ada juga tipsnya tow untuk mancing di air tawar dan air laut

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya https://bit.ly/2PA5uA7

    ReplyDelete