13 Spot Mancing Terbaik Diperairan Indonesia Yang Wajib Dicoba

Kamis, 20 Agustus 2015

13 Spot Mancing Terbaik Diperairan Indonesia Yang Wajib Dicoba


Advertisement

Rasanya tidak sah jika kita sebagai pemancing asli Indonesia belum mengetahui berbagai spot potensial untuk memancing di Indonesia. Tak salah jika hobi mancing dan petualang bisa kita gabungkan jika spot mancing di luar daerah kita ketahui dimanan tempatnya. Dengan begitu selain menikmati asiknya strike ikan, juga dapat menikmati petualangan di luar daerah. Berikut ini bisa di jadikan sedikit referensi spot mancing di luar daerah di Indonesia yang wajib dicoba para anglers, khususnya anglers asli Indonesia.

13 Spot Mancing Terbaik Diperairan Indonesia Yang Wajib Dicoba

1. Pulau Weh, Sabang, Aceh

Bagian paling barat Indonesia ini selain menyimpan wisata bahari yang begitu luar biasa indahnya, juga menyimpan spesies ikan yang masih bisa dibilang beragam. Mulai dari GT, Kerapu, Tuna Dll, bisa di temui dengan gampang di daerah tersebut. Tempat favorit para pemancing bisanya tepat di spot yang banyak terdapat gugusan karangnya.

2. Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Meskipun untuk menuju spot di pulau ini agak jauh dari dermaga Muaro, Padang, namun sensasi predatornya bisa dibilang dapat menghilangkan rasa jauhnya perjalanan ke spot tersebut. Lokasi ini terkenal dengan ikan-ikan predatornya seperti Barrakuda dan GT. Bahkan acara mancing yang ditayangkan disalah satu stasiun televisi di Indonesia pernah mencoba spot ini.

3. Kepulauan Riau

Di Kepulauan Riau terdapat 2 spot terkenal bagi para pemancing dan biasanya juga di juluki surganya pemancing. Pertama adalah pulau Mapur, pulau ini merupakan pulau dimana perairannya sangat dekat dengan perairan Singapura. Selain sensasi mancing yang luar bisa, kita juga dapat menikmati wisata bahari yang sangat mengasyikkan. Kedua adalah pulau Tunjuk, pulau ini memiliki pasir putih di pantainya. Beragam spesies laut terdapat di pulau ini. Selain itu juga terdapat penginapan sehingga para pemancing dapat menikmati langsung hasil tangkapan di pulau tersebut.

4. Pulau Prajurit dan Pulau Kandang, Lampung

Kedua pulau ini terletak tak jauh dari dari dermaga pelabuhan Bakahuni, Lampung. Pemancing tentunya bisa langsung menyewa perahu atau kapal kecil yang digunakan untuk mnyusuri spot mancing di sekitaran pulau tersebut.  Ikan Tenggiri dan GT merupakan favorit di spot ini.

5. Sepanjang Pelabuhan Ratu sampai laut sekitar Krakatau.

Di seputaran daerah ini terdapat pantai Malimping dan Binuangeun yang sering digunakan untuk acara lomba mancing dan pemecah rekor mancing. Di spot ini bisa di bilang merupakan spot yang sangat baik, karena dari segi bangunannya sangat potensial untuk memancing. Biasanya pemancing dari Lampung, Banten dan Jabodetabek sering mencoba mancing di spot ini.

6. Sepanjang Pantai di Wilayah Gunungkidul, Yogyakarta

Sepanjang perairan yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta banyak menyimpan spesies ikan yang bervariasi. Pantai diwilayah ini memiliki ciri khas dengan gugusan bukit dan karang disekitar pantai. Sehingga bagi pecinta rock fishing sangat cocok untuk mencoba memancing di spot ini.

7. Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

Selain keindahan pantai dengan pasir putihnya, ternyata pulau Karimunjawa juga menyimpan target ikan yang sangat potensial. Ikan-ikan kecil yang bermain disekitar pulau dapat terlihat dengan mudah didalam air karena kondisi airnya yang sangat jernih.

8. Bali

Bali selain merupakan surganya bagi para wisatawan ternyata juga memiliki banyak spot mancing yang luar biasa berpotensi. Selain anglers dari Indonesia ternyata juga ada anglers yang berasal dari luar Indonesia yang telah mencoba spot mancing di Bali. Mulai dari laut di Timur hingga ke Selatan pulau Bali myimpan banyak spesies ikan. Mulai dari Giant Trevally, Dogtooth Tuna, Tuna sirip kuning, Spanish Mackerel, Wahoo, Mahi-Mahi, Sailfish, Barracuda, Ruby Snapper, dah Amberjack menjadi daya tarik bagi para pemancing.

9. Teluk Awang, Lombok Tengah, NTB

Teluk Awang terletak di dalam satu kawasan dengan teluk Ekas dan merupakan teluk terbesar di perairan Lombok. Dilokasi ini juga telah dibangun pelabuhan perikanan sejak tahun 2005. Wilayah perairan ini sangat terkenal dengan hasil lautnya. Sehingga penduduk sekitar banyak yang menjadi nelayan. Maka tak salah jika spot ini masuk dalam salah satu spot potensial di perairan Indonesia.

10. Laut Banda dan Halmahera, Maluku

Perairan di wilayah Timur Indonesia dikenal dengan beragam kekayaan laut yang terdapat di bawahnya. Kedalaman laut sekitar 5000 m kebawah ditambah dengan zona drop-off menjadi favorit bagi raksasa air laut.

11. Laut Flores dan Sawu, NTT

Laut flores yang melingkupi pulau Alor, Sumba, Komodo hingga Rote menyimpan banyak ragam ikan predator. Mulai dari Tuna, Tenggiri, Wahoo, GT, Dll banyak terdapat di perairan ini. Selain itu pemandangan bawah lautnya yang cukup indah membuat perjalanan menjadi tak terasa ke spot ini.

12. Pulau Biaro, Sulawesi Utara

Hampir sama dengan perairan yang terdapat di Maluku, namun cuaca dan ombak yang terdapat di spot ini sering lbil dan berubah-ubah dengan sendirinya. Meskipun sarana memancing di spot ini belum terlalu memadai, namun target ikan disini dapat dikatakan cukup potensial untuk di pancingi.

13. Laut Fak-Fak, sampai Kaimana, Papua Barat

Di spot ini terdapat sarana memancing yang bisa dibilang sudah memadai. Dengan adanya persewaan kapal dan di tambah ABK yang sudah berpengalaman, maka memancing menjadi lebih nyaman dan mengasikkan. Biasanya di spot ini target utamanya adalah GT dan Tuna. Di wilayah ini juga terdapat penginapan yang telah disediakan oleh pengelola, sehingga kita dapat menikmati suasana sekaligus memancing.

Beberapa spot mancing di atas hanyalah beberapa dari sekian spot mancing yang ada diperairan Indonesia. Masih banyak juga tentunya spot mancing di perairan Indonesia yang belum terjamah oleh pemancing. Maka tak salah jika kita ingin merasakan sensasi mancing dengan suasana yang berbeda diluar daerah. Dengan demikian bukan sensasi mancing saja yang kita dapatkan, namun juga pengalaman dan petualangan selama perjalanan ke spot yang kita tuju. Demikianlah ulasan mengenai 13 Spot Mancing Terbaik Diperairan Indonesia Yang Wajib Dicoba, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancingarena.com .

0 komentar:

Posting Komentar