Cara Mudah Dan Jitu Memancing Kepiting

Rabu, 12 Agustus 2015

Cara Mudah Dan Jitu Memancing Kepiting


Advertisement

Bila anda merasa bosan dengan memancing ikan terus, maka ada alternatif menarik lainnya yang dapat dilakukan untuk tetap menyalurkan hobi memancing. Salah satunya adalah dengan memancing Kepiting. Semua pemancing pasti sangat familiar dan mengenal dengan baik Kepiting. Kepiting dapat hidup di air bakau dan air asin. Kepiting merupakan hewan yang sangat mudah emosional. Jika sesuatu yang dianggap ancaman maka kepiting tak akan segan-segan untuk segera mencengkramnya dengan 2 capitnya sampai tak bergerak lagi. Maka bukanlah perkara yang sulit untuk memancing kepiting. Meskipun saat ini telah banyak tambak dan penangkaran yang membudidayakan kepeting. Namun tak salah jika kita mencoba untuk memancingnya layaknya memancing ikan. Berikut ini ada dua cara yang dapat dilakukan dalam memancing kepiting :

Cara Mudah Dan Jitu Memancing Kepiting

1. Cara pertama

Peralatan yang disiapkan :

§  Joran, bisa menggunakan joran pancing tegek bisa juga dengan membuat joran sendiri dari bambu atau kayu. Gunakanlah joran sepanjang 50-100 cm saja, pastinya sesuai dengan selera dan kebutuhan.
§  Senar, senar yang digunakan bisa berupa nylon dan pe, usahakan senar dengan ukuran diameter yang lumayan besar. Hal inu agar jepitan kepiting pada senar tidak memutusakan senar pada saat di tarik. Selain dua jenis senar tersebut bisa juga dengan tali tambang, tentunya tidak perlu menguras banyak modal.
§  Jaring serokan ikan, bisa dibeli di toko pancing bisa juga dibuat sendiri.
§  Tali Rafia, gunanya untuk mengikat kepiting setelah di dapatkan.
§  Kepis ikan atau tempat menampung ikan untuk memasukkan kepiting yang telah ditangkap dan diikat.
§  Pemberat atau timah, digunakan untuk menenggelamkan umpan.

Umpan yang dapat digunakan :

§  Kepiting menyukai daging yang berbau amis, maka dapat dipersiapkan daging Ikan dan daging ayam. Selain itu dapat juga menggunakan kepala dan insang ikan dan kepala ayam.
§  Alternatif lainnya adalah daging ular yang telah dipotong sekitar 10 cm. Daging ular sangat empuk dan baunya yang amis.

Cara memancingnya :

§  Siapkan joran dengan senar yang telah diikatkan diujungnya.
§  Ikatkanlah umpan baik itu daging ayam, ikan dan ular yang telah dipotong dengan ujung tali atau senar.
§  Pada potongan daging berilah pemberat yang  telah diikat agar daging tak mengapung diatas permukaan air,
§  Bau amis pada daging ikan, ayam dan ular akan membuat kepiting mencoba memangsa umpan tersebut. Maka usahakanlah untuk mencari spot yang tepat biasanya di sekitar tambak, hutan bakau dan pinggir laut.
§  Jika kepiting sudah mencapit umpan biasanya senar akan terasa berat dan bergerak naik-turun pelan-pelan. Maka saat seperti inilah untuk segera menarik kepiting keatas.
§  Tarik kepiting secara hati-hati dan perlahan-lahan jangan sampai saat kepiting di angkat keatas permukaan air, kepiting akan melepaskan capitnya. Agar hal ini tak terjadi maka sebelum muncul kepermukaan segera siapkan jaring serokan ikan. Serok kepiting dari bagian bawahnya akan lebih aman dari lepasnya pada saat di tarik. Jadi tangan kanan memegang serokan sementara tangan kiri tetap memegang joran, sesuai dengan kenyamanan masing-masing saja tentunya.
§  Ikat kepiting secara hati-hati dengan ditekan pada bagian tengah tubuhnya dan diikat capitnya agar tidak kabur dan masukkan kedalam kepis yang telah disiapkan.

2. Cara kedua

Peralatan yang disiapkan :

§  Untuk joran, senar, kepis dan serokan ikan dapat dipersiapkan seperti cara pertama.
§  Batu yang berbentuk persegi yang memiliki permukaan kasar bisa juga dengan ranting pahon sekitar 5 cm.

Cara memancingnya :

§  Ikatkan batu yang memiliki permukaan kasar atau ranting tadi sampai terasa kuat.
§  Berbeda dengan cara pertama, cara kedua ini lebih menonjolkan pada sisi emosional kepiting.
§  Lemparkan umpan batu atau ranting tadi tepat disekitar kepiting. Jangan sampai membuatnya lari karena takut, namun buatlah agar kepiting tersebut marah dan emosi sehingga akan mencapit batu atau ranting tadi.
§  Jika telah dicapit, maka buatlah sedikit perlawanan seakan batu dan ranting tersebut takluk dengan perlawanan kepiting.
§  Angkat secara perlahan dan siapakan serokan ikan jangan sampai lepas.
§  Kemudian lakukan seperti cara pertama.

Cara ketiga :

Siapkan badong atau bubu penangkap kepiting yang terbuat dari jaring tali tambang. Cara seperti ini sangatlah simpel badong bisa di beli di toko-toko pancing. Masukkan umpan seperti pada cara pertama dan yang paling penting berbau amis agar kepiting tertarik masuk dalam badong perangkap. Masukkan badong kedalam air biarkan sejenak sekitar beberapa menit. Hal ini dilakukan agar perangkap tidak putus di capit oleh kepiting.

Memancing kepiting memang terasa gampang-gampang sulit. Mungkin terasa mudah karena gampangnya mencapit mangsa dan tergetnya tentunya juga karena faktor spot yang memadai. Sulitnya adalah pada saat kepiting akan di ambil kepermukaan. Biasanya kepiting akan melepaskan capitnya ketika sudah kepermukaan. Maka cara terbaik adalah dengan menyeroknya dari bawah tubuh kepiting sebelum kepermukaan. Setelah didaratkan jangan lupa untuk diikatkan dengan ditekan pada permukaan tubuhnya. Ikatkanlah terlebih dahlu keda capitnya agar lebih aman. Sekian ulasan mengenai Cara Mudah Dan Jitu Memancing Kepiting, semoga bermanfaat. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancingarena.com .



0 komentar:

Posting Komentar