3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger

Selasa, 27 Oktober 2015

3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger


Advertisement

MancingArena.Com-Pada pembahasan sebelumnya telah kita bahas tentang dasar memancing dengan teknik casting. Dengan 3 teknik dasar yang sering di praktekkan yaitu, teknik underhand,overhead, dan side arm. Namun taukah anda, ternyata ada 3 teknik lainnya yang mungkin jarang kita praktekkan saat mempraktekkan teknik casting. Teknik-teknik tersebut adalah teknik skipping, pitching dan flipping. Bagi sebagian pemancing dengan teknik casting terutama bagi pemula tentu saja 3 istilah tersebut merupakan istilah yang sangat jarang terdengar. Namun bagi pemancing yang sering mempraktekkan teknik casting atau istilah yang sering digunakan adalah "castinger" tentu istilah ini sudah sering didengar bahkan di praktekkan.
3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger

Pada pembahasan kali ini tim mancing arena berusaha untuk memberikan sedikit ulasan mengenai 3 teknik tersebut. Agar teman-teman anglers juga bisa merasakan dan mempraktekkan langsung teknik tersebut. Mari kita ulas satu persatu.

1. Skipping

Skipping merupakan merupakan teknik melempar umpan buatan (lure) dengan cara memantulkan umpan tersebut diatas permukaan air. Basanya teknik ini sering digunakan ditempat-tempat yang sangat sulit di jangkau dan terdapat banyak rintangan seperti dibawah terowongan, ranting pohon, dan rimbunan-rimbunan pohon.

Berikut tips dan langkah-langkah menerapkan teknik skipping :

§  Tackle Balance, dalam teknik skipping yang sangat perlu diperhatikan adalah set up piranti pancing yang ideal. Rod (joran), reel , senar, leader dan lure harus seimbang karena hal tersebut akan berpengaruh pada akurasi lemparan. Skipping sangat di rekomendasikan untuk menggunakan lure yang berupa soft plastik (sejenis lure dari karet yang lentur).
§  Power dan Timing harus seirama, usahakan lemparan lure seperti saat melakukan olahraga tenis. Maka jangan terlalu dipaksakan antara power dan timing lemparan lure.
§  Latihan akurasi dapat dipraktekkan di tempat terbuka dahulu untuk mengasah skill. Hiraukan terlebih dahulu jarak lemparan yang jauh, karena intinya adalah akurasi. Sebaiknya latihan dilakukan di atas daratan dengan menyediakan objek lemparan.
§  Bagi pemula yang menggunakan reel bait casting cukup gunakan senar setengah dari spool agar tidak terjadi backlash saat melempar lure.

2. Pitching

Pitching merupakan teknik casting lainnya yang dilakukan dengan cara memegang lure. Kemudian lure diayunkan dari posisi depan dan tidak dari samping bahkan dari atas. Pitcing digunakan pada spot yang sangat sempit terutama untuk si pemancing.

Berikut tips dan langkah-langkah menerapkan teknik pitching :

§  Tackle Balance seperti diatas
§  Pegang Joran dengan selera anda (kiri atau kanan), lalu pegan juga lure yang akan digunakan.
3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger

§  tekan thumb bar dan letakkan ibu jari diatas spool agar tidak backlash (reel bc). Buka bail arm dan tekanlah senar dengan menggunakan telunjuk.
§  Siapkan diri anda dengan posisi seperti gambar di bawah yaitu rod dan lure tepat berada sejajar dengan pinggang.
3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger

§  Lalu lepaskan lure dan ayunkan lure ke arah depan dengan mengangkat joran sekitar satu meter keatas.
3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger

§  Lakukan latihan didarat dan temapt terbuka terlebih dahulu sampai anda yakin dengan akurasi dan jarak lemparan.

3. Flipping

Flipping merupakan teknik casting yang hampir sama seperti pitching. Biasanya di terapakan ketika pemancing sedang berada dalam posisi yang sulit dan sempit. Teknik ini sering digunakan pada kondisi air yang bening dan jernih, sehingga ikan terlihat dengan mata. Tujuannya adalah agar lure yang dilempar tidak membuat ikan takut dan lari karena terkejut dengan lure yang tiba-tiba jatuh. Perbedaannya dengan pitching bisa dilihat dari teknik lemparan, dimana flipping harus mengeluarkan terlebih dahulu senar lalu stelahnya lure dilemparkan. Sedangkan teknik pitching tidak harus mengeluarkan senar terlebih dahulu.

Berikut tips dan langkah-langkah menerapkan teknik flipping :
3 Teknik Mancing Casting Yang Wajib Di Coba Para Castinger

§  Tackle Balance, seperti yang telah di jelaskan diatas.
§  Usahakan agar joran dan lure berada sepinggang dan tepat di hadapan anda.
§  Pegang senar yang telah dikeluarkan sedikit dari spool tepat dibagian antara reel dan ring guide pertama.
§  Tarik senar kebelakang lalu gerakkan ujung tip dari joran kearah depan.
§  Ayunkan lure kearah depan dan angkat joran keatas setinggi 1 meter lalu lepaskan senar yang telah di pegang dan ditarik kebelakang.
§  Usahakan antara melepaskan senar dengan lemparan lure seirama, agar lemparan yang ditimbulkan baik.
§  Latihan di darat dengan menempatkan objek didaerah yang sempit.

Untuk diketahui bahwa teknik di atas biasanya lebih cenderung digunakan untuk reel baitcasting, namun tidak ada patokan teknik tersebut hanya untuk bait casting saja. Bisa saja anda praktekkan dengan reel spinning asalkan teknik dan akurasi sudah didapat dengan baik. Tentunya akan lebih baik jika kita bisa menguasai 3 teknik tersebut baik dengan menggunakan reel bait casting maupun reel spinning.

Selain itu teknik diatas juga sangat direkomendasikan untuk menggunakan tackle balance agar teknik tersebut maksimal. Latihan didarat dengan objek yang tertuju juga sangat di rekomendasikan sebelum dipraktekkan langsung diatas air. usahakan lemparan dengan akurasi yang tinggi terlebih dahulu dan jangan terlalu obsesi dengan jarak lempar yang jauh. Demikianlah ulasan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan tetap nantikan ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.

0 komentar:

Posting Komentar