Rahasia Di Balik Model Jap Style Pada Joran Pancing

Rabu, 11 November 2015

Rahasia Di Balik Model Jap Style Pada Joran Pancing


Advertisement

mancingarena.com-Pernahkah anda mendengar kata-kata joran dengan modifikasi Jap Style atau joran pabrikan dengan model Jap Style? Secara harfiah Japstyle dianggap sebagai salah satu aliran gaya KeJepang-Jepangan. Jap Style ini sendiri didopsi dari aliran modifikasi motor pada tahun 1990 di Hasibuya, Tokyo, Jepang dengan sebutan Braddty Style. Lalu apa hubungannya dengan model Jap Style pada joran pancing? Tentu secara logika sangat jauh perbandingan antara dunia motor dengan dunia mancing.

Rahasia Di Balik Model Jap Style Pada Joran Pancing

Sampai saat ini tak ada yang tahu betul sejarah adanya sebutan Jap Style pada joran pancing. Apakah sebutan tersebut terhadap model joran berasal dari Indonesia atau memang berasal langsung dari Japang. Namun, yang jelas sebutan sebuah nama tentu ada kesamaan. Modifikasi motor Jap Style memiliki ciri-ciri khusus seperti dimensi rangka yang pendek, tangki kecil, jok pendek, serta jarak antara ban depan dan belakang lebih panjang dari rangka.

Bila dilihat dari ciri-ciri tersebut memang hampir ada kesamaan dengan joran model Jap Style namun, pengaplikasiannya yang berbeda. Ciri-ciri joran Jap Style secara keseluruhan hampir sama dengan joran-joran pancing pada umumnya. Namun, bagian yang sangat berbeda adalah terletak pada bagian grip (gagangnya). Bisa dibandingkan dengan joran pada umumnya grip joran Jap style tidak sepenuhnya dibalut dengan Eva foam (busa Eva). Joran dengan model Jap Style Eva foam hanya terdapat beberapa cm saja sebelum rod butt (penahan joran) dan beberapa cm setelah reel seat. Coba anda perhatikan dengan detail pada bagian tengahnya yang hanya blank baik itu terbuat dari bahan carbon atau fiber.

Rahasia Di Balik Model Jap Style Pada Joran Pancing

Jap Style pada joran pancing bukan hanya sebagai nama dan model. Namun, memiliki fungsi lain yang mungkin jarang diketahui. Joran ini biasanya digunakan untuk teknik mancing casting dan juga teknik mancing jigging . Dengan asumsi tersebut maka fungsinya adalah agar joran tidak terlalu berat. Dengan begitu aktivitas tangan tidak terlalu capek dan lebih efisien. Bukan hanya itu Eva foam yang hanya terdapat beberapa cm sebelum road butt berguna sebagai penahan pada tubuh atau pada fishing belt baik saat fight dengan ikan atau sedang menerapkan teknik mancing jigging.

Model Jap Style pada joran pancing bukan hanya sebagai aksesoris saja namun, juga memiliki fungsi lain yang jarang di ketahui. Semoga dengan penjelasan singkat ini bermanfaat bagi rekan-rekan anglers di Indonesia. Bila masih ada kekurangan tentang penjelasan kita menerima tambahan saran didalam komentar. Nantikan kembali ulasan menarik lainnya hanya di mancingarena.com .

0 komentar:

Posting Komentar