Mengenal Lebih Jauh Piranti Ultralight Dalam Dunia Mancing

Senin, 07 Maret 2016

Mengenal Lebih Jauh Piranti Ultralight Dalam Dunia Mancing


Advertisement

Mancingarena.com- Dalam dua tahun terakhir ini kita melihat ada perkembangan pesat dari setingan piranti mancing. Jika seorang angler yang sudah lama melakukan aktivitas mancing tentu sudah biasa dengan piranti yang masuk dalam kategori Medium-Heavy, namun dalam dua tahun belakangan ini sudah mulai ramai dan terkenal dalam memancing dengan menggunakan piranti kecil. Piranti kecil ini dinamakan dengan UltraLight setting. Penamaan Ultralight sendiri merujuk pada penggunaan piranti mancing dengan menggunakan peralatan yang tergolong kecil dan ringan.

Keinginan untuk memiliki peralatan inipun menjadi semakin besar oleh kebanyakan angler. Berdasarkan alasan tersebutlah maka, kami akan mencoba memberikan sedikit info mengenai peralatan Ultralight itu sendiri dan kapasitas peralatannya. Hal ini dilakukan agar teman-teman angler yang ingin memulai untuk mencoba sensasi Ultralight ada sedikit pencerahan mengenai peralatan yang akan dibeli dan digunakan.

Mengenal Lebih Jauh Piranti Ultralight Dalam Dunia Mancing

Istilah Ultralight sendiri terkenal dari negara Eropa karena menggunakan piranti yang termasuk dalam kategori piranti kelas ringan. Pirantinya sendiri telah banyak diproduksi di Negara Jepang. Banyak istilah yang digunakan untuk teknik mancing dengan menggunakan setingan piranti ultralight. Misalnya saja seperti istilah Ultralight Fishing dengan menggunakan spinning reel dan Baitcasting Finesse Fishing (BFS) dengan menggunakan baticasting reel. Terlepas dari istilah-istilah tersebut secara umum penggunaan piranti ultralight diperuntukkan terhadap target ikan-ikan kecil. Namun sensasinya tentu dapat dirasakan jika kita harus fight dengan ikan yang melebihi kapasitas piranti.
Mengenal Lebih Jauh Piranti Ultralight Dalam Dunia Mancing


Piranti Ultralight sering digunakan untuk teknik memancing casting. Dengan begitu tentu saja perbedaan dengan piranti berat dapat dirasakan pada berat dan tidak cepat menguras stamina. Memancing dengan teknik casting tentu butuh stamina lebih karena kita dipaksa untuk melempar dan menggulung reel sampai ikan tertarik pada lure yang bergerak di atas dan dalam air. Namun jika digunakan untuk teknik dasaran tentu juga tidak masalah selama kita mengerti target yang ingin kita dapatkan.

Secara umum setingan piranti Ultralight idealnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Rod
: Maksimal 6 Lbs dengan panjang minimal 180 cm

Reel
: Ukuran 500-1000 untuk spinning untuk Baitcasting ukuran 50-100

Line
: Maksimal 6-8 Lbs, PE atau Mono dengan diameter 0.08 mm

Lure
: Maksimal berat 7,5 Gram

Leader
: 8-12 Lbs tergantung kebutuhan dan terget atau bisa juga 2x kapasitas line utama

Untuk spesifikasi di atas merupakan setingan ideal dari piranti Ultralight, namun jika ingin meningkatkan kapasitas, misalnya rod dengan kapasitas 6 lbs ditingkatkan menjadi 8 lbs tentu sesuai dengan feel yang didapat angler. Meningkatkan kapasitas rod tentu,  kita harus memperhatikan kelenturan dari ujung rod yang kita gunakan. Berbeda produk tentu akan berbeda juga kelenturan meskipun dengan kapasitas yang sama. Jika ingin meraskan sensasi luar biasa dari piranti Ultralight tentu kelenturan rod akan sangat mempengaruhi.

Piranti Ultralight di Indonesia saat ini mudah di dapatkan. Beberapa produk terkenal dari Jepang telah banyak dijual dan beredar di Indonesia. Harga piranti ultralight bervariasi sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Namun saat ini, juga banyak beredar piranti ultralight yang murah dan berkualitas di Indonesia. Jadi bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba mancing dengan piranti ultralight?. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar