10 Tips Jitu Memancing Ikan Dengan Teknik Umpan Daun Kangkung

Setiap pemancing tentu memiliki tips dan ide-ide unik dalam upayanya agar mendapatkan ikan pada saat memancing. Pada dasarnya ilmu memancing akan datang dengan sendirinya pada saat praktek di lapangan. 

Sewaktu-waktu bisa saja seorang pemancing menemukan ide baru dalam teknik memancing untuk mendapatkan taget buuannya. 

Kali ini tim mancing arena akan membeberkan tips yang mungkin bagi sebagian pemancing belum pernah mempraktekkannya, namun bagi sebagian juga tak menutup kemungkinan bila cara ini meupakan teknik andalan mereka. 

10 Tips Jitu Memancing Ikan dengan Teknik Umpan Daun Kangkung

Teknik yang dimaksud di sini adalah teknik memancing ikan dengan menggunakan umpan dari daun kangkung. Mendengar daun kangkung tentu saja tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena memang kangkung merupakan sayuran konsumsi bagi sebagian atau bahkan hampir keseluruhan masyarakat Indonesia. 

Kangkung tak hanya dapat dikonsumsi oleh manusia saja namun juga dikonsumsi oleh sebagian hewan herbivora dan salah satunya adalah ikan. Jenis ikan yang senang memakan tumbuh-tumbuhan baik kangkung atau tumbuh-tumbuhan lainnya dalam air tawar biasanya seperti Nila, Tawes, Wader, Mujair dll. 

Maka dari itu kita akan mengupas tips memancing dengan teknik umpan kangkung baik itu target Nila, Tawes, Wader dan ikan pemakan tumbuh-tumbuhan lainnya. 

Berikut Tips memancing dengan menggunakan teknik umpan kangkung :

1. Carilah wilayah dimana yang terdapat tumbuhan kangkung bisa diitemukan di wilayah rawa atau sekitaan danau. Biasanya kangung yang paling bagus adalah yang dibudidayakan oleh petani. Kangkung yang dibudidayakan biasanya lebih baik karena memang sangat dijaga kualitasnya.

2. Pilihlah daun kangkung yang masih sangat muda dibagian pucuknya. Kangkung yang baik juga tumbuh di tempat yang airnya mengalir, karena dengan air yang mengalir kangkung akan menghasilkan daun yang lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan kangkung yang berada dalam air yang tenang. Kualitas daun kangkung akan mempenagruhi selera ikan. 

Jadi pilihlah daun kangkung yang paling baik kualitasnya.Pada saat panen kangkung biasanya ada beberapa daun kangkung muda yang terjatuh. Daun kangkung seperti ini dapat dijadikan umpan, namun pilihlah yang paling muda.

3. Carilah spot yang menurut anda potensial untuk ikan-ikan pemakan tumbuhan seperti Nila, Tawes, Mujair dan lainnya. Bila belum mendapatkannya mungkin anda bisa meminta petunjuk spot kepada teman atau pemancing lainnya yang telah berpengalaman mancing di sekitar spot tujuan anda.

4. Tentukanlah waktu terbaik untuk memancing. Siklus makan ikan biasanya dimulai ketika matahari terbit pada pagi hari dan stelah ashar hingga magrib pada sore hari. Biasanya anda bisa menentukan waktu antara jam 06.00-10.00 pagi atau jam 16.00 - magrib pada sore hari.

5. Jika anda telah menemukan spot dan waktu yang sangat pas maka mulailah untuk mencoba mendeteksi keberadaan ikan. Gunakanlah 3-5 helai daun kangkuang muda lalu cobalah lempar ke titik dimana anda akan memancing. Ikan akan bereaksi untuk memakan kangkung yang telah dilempar tadi kira-kira 5-10 menit. 

Jika memang tidak ada respon mungkin anda bisa berpindah spot sekitar spot awal. Jika tidak anda bisa langsung melempar kangkung yang telah dikaitkan dengan mata kail. Tips ini tentu saja bukan sebuah keharusan, namun untuk memastikan keberadaan ikan.

6. Pasangkanlah sehelai daun kangkung dengan mata kail. Gunakanlah mata kail kecil ukuran 2-3 bisa merek Carbon atau lainnya. Pasangkan kail dengan melipat daun kangkung pada bagian pangkalnya atau anda bisa menggunakan 3 mata kail yang telah dirangkai untuk meningkatkan rasio tangkapan anda. Saat memasang daun kangkung buatlah agar daun terlihat alami.

7. Gunakanlah pelampung kecil untuk mendekteksi kapan umpan akan dimakan dan anda untuk menentukan kesempatan anda dalam menyentak umpan. 

8. Sebagai saran anda bisa menggunakan tegek ringan dengan panjang sesuai dengan titik yang anda ingin jangkau. Bisa juga dengan menggunakan reel dengan joran yang telah disesuaikan.

9. Jangan tegesa-gesa untuk menyentak umpan saat pelampung mulai bergerak. Jika pelampung dirasa sudah bergerak cepat hingga masuk ke dalam air, itulah saat yang tepat untuk menyentak.

10. Gunakanlah insting anda saat dirasa strike ikan dan selamat mencoba. 

Demikianlah 10 tips memancing ikan dengan teknik umpan kangkung. Tim mancing arena telah melakukan praktek ini pada ikan Mujair dab terbukti berhasil. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Nantikan tips unik dan keren lainnya hanya di mancingarena.com

Posting Komentar untuk "10 Tips Jitu Memancing Ikan Dengan Teknik Umpan Daun Kangkung"