Tips Menghindari Mabuk Dan Mual Saat Memancing Di Laut

Rabu, 18 Januari 2017

Tips Menghindari Mabuk Dan Mual Saat Memancing Di Laut


Advertisement

Mancingarena.com - Memancing di tengah lautan tidaklah sama seperti memancing di air tawar pada umumnya. Banyak poin-poin penting yang harus diperhatikan saat memnacing di laut. Jika mancing di spot air tawar pada umumnya seperti sungai, danau hingga rawa anda cukup membawa peralatan mancing dan logistik lainnya sebagai penunjang, maka memancing di laut terutama di posisi tengah laut butuh perlengkapan ekstra. Bukan hanya peralatan dan penunjang saja yang dibutuhkan saat memancing di tengah laut, namun juga persiapan diri yang harus sangat diperhatikan. Jika kondisi anda sedang tidak dalam kondisi stabil, maka akan terlalu beresiko dengan diri anda sendiri. Selain itu kondisi yang tidak stabil juga akan memastikan anda tidak akan maksimal dalam memancing. Tentu anda bisa membayangkan jika perahu yang anda gunakan berhenti tepat pada spot yang sangat berpotensi ikannya, namun kondisi fisik anda tidak dalam keadaan stabil, bahkan anda sedang menderita mabuk laut, maka akan sangat menjengkelkan tentunya. 


25 Tips Menghindari Mabuk Dan Mual Saat Memancing Di Laut

Mabuk laut bisa dialami oleh siapa saja, namun orang-orang yang telah berpengalaman banyak dalam memancing di tengah laut, tentu memiliki tips tersendiri dan telah terbiasa dengan hal tersebut. Sebaliknya jika pertama kali memancing di tengah laut, namun tidak memperhatikan masalah ini tentu saja aktivitas memancing yang awalnya menyenangkan berubah menjadi petaka. Bisa jadi petaka tersebut akan menjadi kenangan pahit yang akan membayangi diri dan trauma untuk kembali memancing di tengah laut. Jika di daratan ketika anda merasa pusing dan mabuk tentu anda dapt beristirahat di tempat yang tenang, namun di tengah laut tidaklah seperti itu. 

Walaupun anda sedang menderita mabuk laut, untuk beristirahat tenangpun akan sangat sulit, terutama saat kondisi gelombang sedang tidak stabil. Inilah mengapa mabuk laut cukup memberikan efek negatif yang sangat panjang saat masih di peraian laut. Oleh karena itu dalam artikel ini kami akan mencoba untuk berbagi pengalaman dan tips untuk menghindari mabuk laut agar aktivitas memancing di tengah laut menjadi asik hingga akhir. Berikut beberapa tipsnya.

1. Persiapan Fisik Yang Baik

Sehari dan tepat sebelum melakukan trip pastikan kondisi fisik anda dalam keadaan sangat normal dan sehat segar-bugar. Jika kondisi tubuh anda sedang tidak dalam keadaan sehat, maka lebih baik jangan mengambil resiko untuk trip. Oleh karena itu sebelum melakukan trip, anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan seperti senam pergerakan ringan hingga lari-lari kecil. Jika anda merasa sudah yakin dengan kondisi tubuh fit dan siap tempur, maka silahkan memutuskan untuk ikut trip.

2. Persiapan Mental

Di samping keadaan fisik yang normal dan sehat, anda juga wajib mempersiapkan mental anda sebaik mungkin. Kondisi di tengah laut tentu akan sangat berbeda dengan kondisi pada saat anda berada di daratan Jikapun anda pernah melakukan trip di atas kapal, namun di air tawar seperti sungai besar atau danau yang besar, tentulahh keadaan akan sangat berbeda. Saat berada di tengah laut keadaan memang tak selalu sesuai prediksi. Bisa saja laut akan tenang hingga akhir trip, bisa juga di awal tenang di pertengahan waktu cuaca dan gelombang menjadi tidak bersahabat. Maka butuh keyakinan yang dapat mempengaruhi jiwa dan fisik anda bahwa nantinya anda tidak akan mabuk dalam kondisi apapun. Dalam beberapa kasus memang terdapat pemancing yang sangat optimis tidak akan mabuk, akan tetapi saat di tengah laut yang dalam kondisi normal dan tenang tetap saja mengalami mabuk laut. Anda bisa saja optimis, namun perlu juga memperhatikan faktor-faktor pendukung lainnya agar mental semakin baik dan stabil.

3. Istirahatlah Yang Cukup Sebelum Melakukan Trip

Istirahat yang cukup merupakan indikasi keberhasilan saat melakukan trip di tengah laut. Hal ini akan sangat berguna untuk mencegah badan dari kondisi yang tidak diinginkan seperti mudah masuk angin yang menyebabkan anda mual-mual hingga muntah. Tujuan utama dari istirahat yang cukup agar kondisi tubuh secara keseluruhan dalam keadaan segar-bugar. Sehingga anda akan mendapatkan trip yang menyenangkan.

4. Siap Sedia Perbekalan Berupa Makanan Dan Minuman

Membawa logistik berupa makanan dan minuman sangatlah penting pada saat melakukan trip ke tengah laut. Hal ini bertujuan untuk menjaga perut agar selalu dalam keadaan terisi dan menghindari perut dalam keadaan kosong. Jika keadaan kosong, resiko utamnya adalah anda akan mengalami mual-mula hingg muntah. Selain itu bawalah bekal makanan penunjang seperti permen dan buah-buahan guna mengatasi gejala mual-mual. 

5. Makan Secukupnya

Usahakan pada saat trip sedang berlangsung, perut anda telah terisi. Jangan sampai anda melakukan trip dengan perut dalam keadaan yang kosong. Perut yang kosong akan mudah terisi dengan angin, terlebih jika kondisi air laut yang tidak stabil akan menyebabkan kapal bergoncang. Goncangan ini akan sangat mempengaruhi anda, terutama dalam keadaan perut kosong. Sebaiknya juga jangan makan berlebihan, karena makan berlebihan juga akan membuat anda harus memuntahkan makanan dalam perut Oleh karena itu makan secukupnya saja.

6. Membawa Obat Anti Mabuk

Membawa obat anti mabuk juga sangat penting saat melakukan trip di tengah laut. Sebaiknya  1 Jam atau 30 Menit sebelum trip dimulai anda sudah terlebih dahulu meminum oabta anti mabuk tersebut. Hal ini dilakukan aga obat anti mabuk bekerja dengan baik saat trip sedang berlangsung. Sebaliknya jika anda meminumnya saat trip, maka obat tersebut tentu tak akan berpengaruh dengan baik terhadap anda. Obat anti mabuk lebih kepada mencegah anda agar terhindar dari mabuk. Biasanya setelah meminumnya anda akan merasa kantuk. Selain obat anti mabuk ada jenis obat lainnya yang dapat mencegah  mabuk laut, seperti Dramamine, Obat maagh guna mengurangi asam lambung, kimitepatch semacam koyo anti mabuk, dll.

7. Melihat Sejauh Mata Memandang

Jika pada saat trip berlangsung anda tidak bisa tidur karena keadaan yang tidak tenang, maka jangan sampai melihat ke air atau ke bawah kapal terus-menerus. Sebaiknya lihatlah pemandangan sekitar, misalnya jika berdekatan dengan karang-karang yang besar atau bukit di sekitarnya. Jika trip sudah menjauh dari objek tersebut, maka cobalah untuk melihat kapal-kapal lainnya atau juga melihat bulan dan bintang khusus pada malam hari. 

8. Usahakan Untuk Tidur Pada Saat Trip berlangsung

Jika anda mulai merasa ngantuk setelah meminum obat anti mabuk, maka tidurlah secepatnya Tidur saat trip sedang berlangsung adalah caa terbaik agar tidak mabuk laut. Dalam beberapa kasus pada pemancing, jika seseorang mengalami mual-mual pada saat trip berlangsung, maka kemungkinan rasa mual tersebut akan berlangsung hingga akhir trip. Oleh karena itu dengan tidur, maka anda akan fit sampai di spot yang dituju.

9. Persiapan Alat Pancing Sebaiknya Dilakukan Pada Saat Berada Di Darat

Mempersiapkan peralatan pancing sebelum trip, baik itu berupa rangkaian hingga peralatan yang digunakan sesuai teknik sangatlah penting. Misalnya saja anda membuat Knot Leader di atas kapal, tentu akan sangat mempengaruhi kondisi fisik anda. Sebaiknya gunakan waktu trip hingga sampai pada spot untuk tidur. Untuk rangkaian sesuai teknik baik itu umpan hidup, lure, swifel, mata pancing hingga snap diusahakan untuk dipersiapkan sebaik mungkin sebelum trip belangsung

10. Jauhi Bau Yang Tak Sedap

Pada saat trip berlangsung, usahakan untuk menjauhi dan menghindari diri dari bau yang tak menyenangkan, seperti bau solar dan asap. Jauhilah bagian mesin kapal dan cerobong asap kapal. Selain itu bau orang muntah juga akan menyebabkan diri anda ikut muntah. Untuk kasus ini usahakan teman yang telah berpengalaman agar membantunya. 

11. Usahakan Untuk Mendapatkan Posisi Anti Mabuk

Apabila bebeapa tips di atas masih belum mampu menanggulangi mabuk laut yang anda alami, maka cobalah dengan trik lainnya. Cobalah untuk mencari posisi yang tidak banyak dan sering mengalami goncangan akibat kapal terombang-ambing. Misalnya saja bagian dalam kapal atau bagian tengah untuk meminimalisir goncangan meski itu tak dapat dihindari sepenuhnya.

12. Mencari Angin Segar

Biasanya cara ini dapat dilakukan dengan berdiri tepat dujung kapal atau disamping kapal untuk mendapatkan langsung udara segar. Udara segar akan mempengaruhi anda agar dapat meminimalisir mabuk laut dan mual-mual. 

13 Meminum Air Laut

Sebagian orang ada yang mengatakan bahwa jikalau segala obat dan cara tidak mampu untuk menghilangkan mabuk laut, cobalah untuk meminum air laut untuk menaggulanginya. Tentu saja dengan catatan air laut yang bersih dan terhindar dari pencemaan baik limbah atau sampah di laut. Namun sebagian juga berpendapat ini hanyalah mitos. Tntu saja tak ada salahnya jika dicoba mengingat kemampuan survival itu sangat penting terlebih saat kita berada di lautan luas.

14. Muntah Guna Menghilangkan Rasa Pusing Dan Mual

Jika mabuk hingga mutah tak dapat dihindari, maka lebih baik langsung dimuntahkan saja. Biasanya setelah muntah akan mengurangi rasa mual yang tersimpan sebelumnya. Usahakan setelah muntah untuk kembali mengisi perut dengan makanan dan air minum agar perut tidak kosong dan terhindar dari masuk angin.

15. Gunakanlah Jaket Pada Saat Trip

Jaket akan sangat berguna terutama untuk menghindari kondisi dingin dan masuk angin.

16. Tips Lain Yang Dapat Dilakukan Pada Saat Mabuk berlangung

  • Berbaringlah dengan posisi kepala lebih rendah daripada kaki. 
  • Kendurkan ikat pinggang agar pernafasan perut tak terganggu.
  • Saat salah satu teman sedang mabuk laut dan seorang teman lainnya sedang fight dengan ikan, maka teman yang sedang fight tersebut agar memberikan jorannya yang sedang fight tersebut kepada temannya agar teman yang sedang mabuk mengalihkan fokus perhatiannya pada fight dengan ikan. Sehingga mabuk laut akan menghilang dengan sendirinya.

18. Makan Hati Ikan Mentah
19. Makan Rumput Laut
20. Berenang di Laut
21. Makan Permen Yang Memiliki Rasa Asam

Permen yang memiliki rasa asam untuk membantu agar tenggorokan tidak kering. 

22. Memakan Buah-buahan Yang Memiliki Rasa Asam dan Mengandung Banyak Air

Buah-buahan yang memiliki rasa asam dan air akan membuat badan tetap dalam keadaan lembap, sehingga membantu mengeluarkan keringat. 

23. Memberi Pertolongan Kepada Teman Yang Sedang Mabuk

  • Sesama pemancing khususnya yang berada dalam satu kapal, maka wajib bagi anda yang sedang dalam kondisi fit, untuk membantu teman anda yang sedang mabuk. Minimal anda memberikan pijatan kecil pada bagian pundak dan leher belakang guna membuat kondisi teman anda lebih baik.
  • Dalam kondisi teman yang sedang mabuk, bantulah teman anda untuk untuk duduk bersanda lalu memijit bagian tengkuknya secara perlahan. Lalu diberikan air putih agar dapat melegakan tenggorokannya. Akan lebih baik jika dicampur dengan air gula bercampur garam guna menggantikan cairan tubuh yang telah hilang akibat muntah. 


24. Memberikan Minyak Kayu Putih dan Sejenisnya

Usapkan minyak kayu putih, atau sejenisnya di bagian samping kepala dan kening lalu dipijat perlahan-lahan.

25. Hindari Untuk Mengkonsumsi Minuman Bersoda dan Beralkohol.

Minuman Bersoda dan beralkohol dapat mempengaruhi perut anda dan menyebabkan anda mual hingga muntah.

Beberapa tips di atas merupakan cara yang paling seing digunakan oleh pemancing di laut. Selain beberapa tips di atas, poin lain yang sangat perlu anda perhatikan adalah kesigapan kru baik itu abk atau pendamping pada kapal yang anda sewa itu sendiri. Menyertakan beberapa pemancing hingga nelayan setempat yang telah berpengalaman juga sangat penting. Mereka tentu akan mendampingi anda ke spot yang dirasa banyak target agar trip laut yang anda lakukan tidak sia-sia. mancingarena.com

0 komentar:

Posting Komentar