Beberapa Faktor Backlash Yang Sering Terjadi Pada Pengguna Reel Baitcasting Pemula

Kamis, 12 Januari 2017

Beberapa Faktor Backlash Yang Sering Terjadi Pada Pengguna Reel Baitcasting Pemula


Advertisement

Mancingarena.com - Menggunakan set piranti Baticasting tentu memiliki kepuasan tersendiri bagi penggunanya pada saat casting. Bukan tanpa alasan, menggunakan Baitcasting Reel tak semudah menggunakan spinning reel. Penggunaan Baitcasting perlu banyak latihan agar pengguna mendapatkan kenyamanan pada saat casting. Bagi pemula dan pengguna Baitcasting, kejadian yang paling merepotkan adalah saat dimana terjadinya bakclash. Bagi pengguna yang sudah berpengalaman ataupun pemula, tentu pernah merasakan backlash, entah itu backlash ringan, sedang hingga terberat. Hal semacam ini tak ayal membuat pengguna BC putus asa bahkan karena backlash yang tergolong berat harus memotong senar dalam ukuran yang cukup panjang. 

Beberapa Faktor Backlash Yang Sering Terjadi Pada Pengguna Reel Baitcasing Pemula

Backlash atau yang sering disebut dengan istilah Birdnest (sarang burung) memang bagaikan ujian pertama bagi pennggunanya. Tentu saja wajar jika sebagai pengguna mengalami hal tersebut. Namun jika hal tersebut terus-terusan dialami tentu akan membuat frustasi pengguna. Oleh karena itu sebagai pengguna BC khususnya bagi pemula, kita perlu mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan seringnya terjadi backlash. Tujuannya adalah agar kita dapat menghindarinya dan meminimalisir Backlash sesering mungkin. 

Secara umum backlash terjadi karena perputaran spool lebih cepat dibandingkan lajunya senar dari spool. Sehingga dapat dibayangkan saat lure telah jatuh pada target, namun spool masih berputar kencang. Hal membuat senar tertahan dan menggumpal pada bibir reel, sehingga menjadi kusut bisa dalam jarak pendek atau panjang. Bebrapa faktor dibawah ini merupakan penyebab umum dan paling sering dialami oleh pengguna Baitcasting, terutama bagi pemula.

Kondisi Tempat Casting
Saat berada di spot yang sangat banyak tumbuhan liar baik batang pohon, dedaunan hingga rumput liar yang tinggi dapat menyebabkan anda backlash. Tentu anda dapat membayangkan saat akan melakukan casting dengan posisi overhead dan tiba-tiba lure anda tersangkut di daun pisang, ranting pohon dll, tentu saja ini akan menyebabkan backlash yang sangat parah. 

Piranti BC Yang Tidak Balance
Piranti yang tidak balance (seimbang) memiliki pengaruh terhadap backlash, meskipun tidak pada semua pengguna. Namun bagi anda pemula Piranti yang seimbang adalah hal penting. Mulai dari kapasitas joran hingga lure yang kurang atau  melebihi kapasitas akan membuat anda kerepotan. Misalnya Joran yang berkapasitas 12 Lbs namun anda menggunakan Senar dengan ukuran 30 Lbs dengan berat lure hanya 7 Gram, tentu akan merepotkan anda sendiri. Beberapa pengguna yang telah mahir dan terbiasa dengan perangkat BC tentu tak masalah dengan hal ini, namun bagi anda pemula ini adalah salah satu faktor yang harus anda perhatikan sebelum membeli perangkat BC. 

Pengaturan Brake Dan Tension
Beberapa pengguna berpengalaman memang tidaj ada masalah dengan hal ini, bahkan beberapa diantara mereka ada yang tidak menggunakan brake sama sekali, yang berarti hanya menggunakan brake berupa jempol dengan feeling yang sangat baik. Namun bagi pemula bagian ini tentu harus menjadi perhatian anda jika ingin meminimalisir masalah backlash.

Kurangnya Feeling memainkan Ibu Jari Sebagai Pengereman Manual
Dalam beberapa kasus pengguna pemula tidak puas dengan penggunaan brake, karena mengurangi jarak casting dan ingin merasakan longcasting. Oleh karena itu sebagaimana poin diatas jika belum terbiasa dengan brake manula menggunakan Ibu jari, kemungkinan backlash akan sangat besar.

Kondisi Angin Di Sekitar Tempat Casting 
Pada saat-saat tertentu angin menjadi perhatian anda terutama pada saat angin kencang. Jika anda melawan arah angin kemungkinan backlash sagat besar. Selain itu pada saat kondisi berangin lontaran lure tidak cukup panjang karena terhalang angin.

Beberapa faktor diatas secara umum tentu pernah dialami oelh pengguna piranti Baitcasting. Bagi pengguna yang sudah berpengalaman mungkin faktor diatas tentu dapat diantisipasi. Sebagai pemula beberapa faktor diatas harus diperhatikan agar anda tidak menjadi repot saat menerapkan casting dengan perangkat BC. mancingarena.com

1 komentar: