Meraup Untung Jutaan Rupiah Dari Gelembung Ikan

Senin, 23 Januari 2017

Meraup Untung Jutaan Rupiah Dari Gelembung Ikan


Advertisement

Mancingarena.com - Tahukah anda bahwa gelembung yang terdapat di dalam perut ikan memiliki harga tawar yang sangat tinggi ?. Bagi anda yang belum mengetahuinya, mungkin anda bisa melirik objek ini sebagai hobi yang membawa berkah. Hal ini sudah bukan rahasia lagi, terutama bagi para nelayan. Bayangkan saja harga untuk 1 Kg gelembung ikan yang memiliki kualitas terbaik bisa dihargai sebesar Rp. 80 juta rupiah. Memang tak semua jenis ikan memiliki harga gelembung yang sangat tinggi. Hanya pada beberapa spesies ikan saja seperti, ikan Tirusan, ikan Gulama, ikan Malong dan Kakap. 
Meraup Untung Jutaan Rupiah Dari Gelembung Ikan

Sebagaimana yang dikutip dari antaranews bahwa pada tahun 2015 seorang nelayan di Kabupaten Merauke dapat menjual gelembung ikan Gulma dan Kakap air tawar berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 80 juta. Namun gelembung tersebut haruslah memiliki kualitas yang sangat bagus. Para nelayan setempat biasanya menjual gelembung ikan tersebut ke para pengepul. Lalu bila sudah terkumpul dalam jumlah yang banyak, mereka akan mengekspornya ke berbagai negara seperti, Cina, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Singapura dan beberapa negara-negara Eropa. Lalu mengapa harga gelembung dari ikan-ikan tersebut memiliki harga yang sangat mahal ?. 

Gelembung ikan-ikan tersebut memiliki harga tinggi karena akan digunakan sebagai bahan dasar untuk medis dan makanan. Gelembung ikan yang memiliki kualitas tinggi akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan benang operasi, kosmetik, obat jantung, hingga makanan tertentu. Bahkan orang-orang di Cina meyakini gelembung ikan memiliki kandungan kolagen yang baik bagi ibu hamil. Selain itu mereka juga meyakini bahwa gelembung yang diadikan sup akan meningkatkan metabolisme tubuh dan mengencaangkan kulit.
Meraup Untung Jutaan Rupiah Dari Gelembung Ikan

Untuk proses pengeluaran gelembung biasanya dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Perut ikan akan dibelah secara hati-hati agar mata pisau tak menyentuh gelembung. Gelembung yang bocor akan memiliki kualitas buruk. Oleh karena itu dalam mengeluarkan gelembung tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati. Kemudia gelembung-gelembung tersebut akan dijemur hingga kering di bawah terik sinar matahari. Adapun kriteria gelembung ikan yang memiliki kualitas tinggi setelah melalui proses pengeringan adalah sebagai berikut :
  • Gelembung harus bersih
  • Sebelum diproses ikan lebih baik dibekukan dulu agar gelembung tidak mudah pecah dan bocor
  • Tidak mengandung bahan kimia, karena pemrosesan tidak boleh menggunakan bahan kimia
  • Warna bisa cerah atau agak kehitaman (tergantung kondisi cuaca)
  • Pengeringan harus menggunakan panas matahari
  • Halus
Meraup Untung Jutaan Rupiah Dari Gelembung Ikan

Biasanya gelembung ikan betina harganya lebih murah dibandingkan dengan gelembung ikan jantan. Hal ini dikarenakan gelembung ikan jantan memiliki kulit gelembung yang lebih tebal dibandingkan dengan miliki betina. Pada ikan Tirusan gelembung yang dihargai biasanya melebihi harga gelembung ikan Kakap. Pada ikan Tirusan cara mudah untuk menentukan gelembung jantan dan betina adalah pada bentuk gelembungnya Gelembung ikan Tirusan jantan memiliki pola garis di tengahnya sedangkan betina tidak ada. Dalam melakukan proses pengambilan gelembung haruslah dilakukan secara hatihati. Memang butuh orang yang berpengalaman dan tahu letak-letak dimana gelembung berada. Untuk saat ini haga gelembung diperkirakan 1 Ons saja sudah mencapai Rp. 20 juta untuk gelembung ikan yang memiliki kualitas terbaik. Bagaimana anda tertarik untuk berbisnis sambil menjalankan hobi anda?. mancingarena.com

1 komentar: