Melihat Lebih Dekat Tata Cara Pengajuan Klaim Rekor Melalui IGFA

Kamis, 02 Februari 2017

Melihat Lebih Dekat Tata Cara Pengajuan Klaim Rekor Melalui IGFA


Advertisement

Mancingarena.com - International Game Fish Association atau IGFA merupakan organisasi internasional nonprofit yang berkecimpung langsung dengan segala aktivitas olahraga mancing. Selengkapnya tentang IGFA dapat dibaca melalui link ini. IGFA sendiri memiliki komunitas dan organisasi olahraga mancing dari berbagai negara termasuk FORMASI yang langsung mengadopsi peraturan dari IGFA. Sama halnya dengan FORMASI, IGFA juga memiliki standarisasi dalam penilaian klaim rekor. IGFA memiliki tingkat standarisasi yang cukup tinggi, mengingat baik peralatan sampai proses memancing hingga penimbangan diatur sedemikian rupa. Hal ini bertujuan agar ikan tangkapan yang diklaim rekornya, pada saat di release/dilepaskan kembali dalam keadaan baik dan sehat tanpa harus mengalami luka dan cacat. Regulasi yang dibuat oleh IGFA tentu lebih tinggi, namun rekor yang diklaim akan menajdi kebanggaan tersendiri, karena masuk dalam kategori rekor internasional melalui IGFA.
Melihat Lebih Dekat Tata Cara Pengajuan Klaim Rekor Melalui IGFA

IGFA memiliki formulir resmi yang harus diisikan sebelum diproses lebih jauh. Formulir tersebut di dalamnya terdapat semua poin-poin penting yang harus diisikan agar klaim rekor sah. Selain itu ada poin-poin dimana pemancing yang ingin mengklaim rekor harus dapat menunjukkan contoh senar, reel, joran, peralatan fly fishing jika menggunakan teknik fly fishing hingga lure. Sampel tersebut dapat dilampirkan dengan foto digital. Jika anda berminat untuk melakukan klai rekor melalui IGFA, anda dapat men-download formulirnya disini.
Melihat Lebih Dekat Tata Cara Pengajuan Klaim Rekor Melalui IGFA
Contoh Formulir Resmi dari IGFA
Khusus untuk penggunaan senar sendiri, IGFA mengharuskan pemancing untuk menyebutkan secara detail kekuatan dan tippet dari senar yang digunakan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memasukkannya ke dalam kategori yang ditetapkan oleh IGFA sesuai dengan kelas senar dan tippet-nya. Selanjutnya IGFA akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi terhadap kekuatan senar. Dengan begitu akan mempermmudah IGFA untuk memasukkan klaim sesuai dengan kelas senar dan tippet. Kategoi kelas senar maksimal yang diizinkan untuk rekor ikan perairan tawar dan asin adalah hkelas senar 60 Kg/130 Lbs. Sementara kategori kelas tippet maksimal yang diizinkan adalah kelas 10 Kg/20 Lbs. Sama halnya dengan FORMASI dimana kategori kelas di atas maksimal, maka klaim tidak akan diterima.
Melihat Lebih Dekat Tata Cara Pengajuan Klaim Rekor Melalui IGFA
Gambaran Pengukuran Dalam Formulir IGFA
Begitu juga dengan pengukuran ikan tangkapan yang akan diklaim. Pengukuran ikan haus dilakukan dengan detail, teliti, dan cermat, karena untuk memverifikasi bobot dan untuk kepentingan studi ilmiah. Setiap pemancing memiliki tanggung jawab untuk pengisian formulir klaim rekor secara jujur juga termasuk pada saksi, kapten dan kru kapal dan juru ukur. Jika terdapat salah satu staf atau perwakilan dari IGFA di tempat pemancing berada, maka salah satu dari mereka harus diminta untuk menyaksikan klaim.

Untuk melakukan pengesahan klaim rekor, maka pemancing harus langsung datang ke notaris. Jika tidak ada notariS di wilyah klaim, maka minimal harus ada tanda tangan, bisa berasal dari pihak pemerintahan, perwakilan dari kedutaan atau perwakilan langsung dari IGFA baik dari pejabat maupun anggota komite IGFA. Jika terdapat pemalsuan data dari pemancing dengan sengaja saat mengajukan klaim, maka pemohon akan didiskualifikasi dari pencatatan klaim rekor melalui IGFA. Adapun jika rekor sudah tercatat sebelumnya, maka catatan rekor tersebut akan dihapuskan dan dibatalkan. mancingarena.com

Sumber : IGFA.ORG

1 komentar: